Wiraswasta : Pengertian, Ciri-Ciri, Unsur dan Contohnya Lengkap

5 (100%) 1 vote

Pengertian Wiraswasta, Ciri-Ciri, Unsur Dan Contohnya

Pengertian Wiraswasta– Wiraswasta adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam melihat atau menilai, sebuah peluang usaha dan kemampuan dalam mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan untuk mendapatkan keuntungan dari peluang usaha itu sendiri.

Arti wiraswasta adalah orang yang memiliki kepribadian yang kuat, produktif, kreatif dan bisa bekerja dengan maksimal secara mandiri. Pada umumnya seorang wiraswasta memiliki banyak ide dan bisa merealisasikan serta mengembangkan ide, melalui perencanaan yang baik dengan cara memanfaatkan tenaga dari orang lain.

Istilah wiraswasta terdiri dari dua suku kata yaitu wira yang artinya berani, dan swasta yang artinya berdiri sendiri. Maka pengertian dari wiraswasta adalah setiap orang yang berani dalam mendirikan usaha sendiri. Banyak juga yang menyebutkan pelaku wiraswasta adalah seorang enterpreuneur atau pengusaha.

Pengertian Wiraswasta Menurut Para Ahli

  1. Pengertian wiraswasta menurut Suhadi (1985) adalah seseorang yang memiliki sejumlah karakteristik seperti misalnya rasa percaya diri yang tinggi, dan memiliki pandangan yang luas ke depan, ulet dalam segi mental, dan lincah dalam berusaha.
  2. Pengertian wiraswasta menurut Suryo (1986) adalah orang yang memiliki sifat mandiri, berpandangan jauh ke depan, kreatif, inovatif, tangguh dan berani menanggung resiko, yang bisa saja timbul dalam setiap upaya pengelolaan usaha dan berbagai jenis kegiatan yang bisa mendatangkan keberhasilan.
  3. Pengertian wiraswasta menurut Sumahawijaya (1980) adalah orang yang memiliki sifat pemberani, keutamaan, teladan, dan semangat yang asalnya dari kekuatan diri sendiri.
Baca Juga :  Seni Tari : Pengertian, Sejarah, Unsur dan Fungsinya Lengkap

Ciri Seorang Wiraswasta

Pada setiap orang yang memiliki jiwa wiraswasta memiliki beberapa karakteristik yang tidak ada pada orang lain. Berikut ciri-ciri dari seorang wiraswasta :

1. Memiliki dan memahami passion dirinya sendiri

Setiap wiraswasta memiliki passion yang ada di dalam dirinya sendiri. Mereka juga memahami passion tersebut dan memanfaatkannya sebagai ladang bisnis. Bisnis yang dibangun berdasarkan passion umumnya lebih mudah berkembang dan dapat bertahan lebih lama.

2. Bersikap positif dan percaya diri

Seorang wiraswasta tak mau mengandalkan orang lain, hingga mereka sering melakukan banyak pekerjaan sendiri. Sehingga membuat mereka memiliki sikap percaya diri dan sikap positif ketika bekerja.

3. Memiliki dedikasi dan disiplin

Wiraswasta identik dengan dedikasi dan disiplin saat bekerja, dalam kenyataannya semua wiraswasta yang sukses selalu memiliki dedikasi yang tinggi dan disiplin kerja yang baik.

4. Memiliki tanggung jawab dan berani mengambil resiko

Menjadi seorang wiraswasta tentu harus memiliki tanggung jawab dan berani mengambil resiko apapun. Karena jika kedua hal itu tidak dimiliki oleh seorang wiraswasta tak mungkin dapat mengembangkan usaha yang dijalankan.

5. Mudah beradaptasi dan fleksibel

Seorang wiraswasta sering berhadapan dengan resiko dan selalu memiliki ide saat menyelesaikan setiap masalah. Hal itu bisa membuat mereka menjadi lebih mudah beradaptasi dengan setiap situasi dan lebih fleksibel.

6. Mempunyai rencana

Seorang wiraswasta juga selalu dituntut untuk bertindak dengan cepat dan tepat. Tentu tindakan seperti itu harus disertai dengan sebuah rencana yang efektif. Itulah sebabnya mereka memiliki rencana dalam menjalankan usaha baik rencana jangka panjang ataupun rencana jangka pendek.

Unsur-Unsur Wiraswasta

Unsur Pengetahuan

Pengetahuan seseorang akan memengaruhi tingkat penalaran seseorang dalam mengambil keputusan. Walaupun pengetahuan bisa didapatkan dari mana saja, tapi secara umum unsur ini akan ditentukan oleh tingkat pendidikan seseorang.

Baca Juga :  10 Cara Mengembangkan Kreativitas dan Inovasi Menurut Julius Chandra

Unsur Keterampilan

Keterampilan bisa diperoleh dari berbagai pelatihan atau pengalaman kerja. Secara umum keterampilan seseorang bisa berpengaruh pada upaya dalam mencapai keberhasilan, saat memutuskan menjadi seorang wiraswasta.

Unsur Kewaspadaan

Kewaspadaan adalah perpaduan dari sikap mentak dan juga pengetahuan seseorang, ketika menghadapi sesuatu yang mungkin bisa terjadi. Kewaspadaan ini sangat diperlukan saat dihadapkan oleh suatu keadaan atau resiko, yang mungkin terjadi di masa depan.

Contoh Usaha Dalam Wiraswasta

Menjual Jasa

Ada banyak jenis usaha yang berbentuk jasa baik dengan cara online maupun offline. Contohnya seperti :

  • Jasa laundry
  • Jasa mencuci mobil/ motor
  • Jasa menulis artikel
  • Jasa membuat video
  • Jasa edit gambar

Menjual Barang

Pada umumnya pelaku wiraswasta melakukan kegiatan dalam berniaga atau menjual suatu barang kepada konsumen. Contohnya yaitu :

  • Menjual produk makanan
  • Menjual produk suplemen
  • Menjual produk meubel
  • Menjual produk kebutuhan rumah tangga

Demikian pembahasan mengenai pengertian wiraswasta, yang dilengkapi dengan ciri, unsur, dan contohnya. Semoga menambah wawasan dan bisa bermanfaat.

Baca Juga :