Wifi : Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerjanya Lengkap

5 (100%) 1 vote

Pengertian Wifi, Fungsi Dan Cara Kerjanya

Pengertian Wifi – Pada umumnya pengertian wifi adalah suatu teknologi yang fungsinya untuk saling bertukar data, dengan menggunakan gelombang radion dengan cara nirkabel. Dan dengan memanfaatkan beragam jenis peralatan elektronik. Dibutuhkan beberapa peralatan elektronik seperti komputer, smartphone, tablet atau bahkan video game untuk dapat tersambung ke dalam jaringan komputer, termasuk pada internet melalui wifi tersebut.

Perangkat elektronik ini harus berada dalam sebuah titik akses atau hospot jaringan nirkabel, yang bisa tersambung dengan wifi. Pada suatu jaringan wifi, biasanya titik aksesnya mempunyai jangkauan sampai 20 Meter ke dalam ruangan. Wifi adalah singkatan dari  Wireless Fidelity. Yang pada umumnya, untuk dapat tersambung pada sebuah perangkat elektronik ini wifi harus menggunakan frekuensi gelombang radio dengan rentang 2,4GHz s/d 5GHz.

Semakin berkembangnya zaman yang mengubah internet dari yang sebelumnya adalah kebutuhan tersier, sampai sekarang seolah-seolah sudah menjadi kebutuhan primer. Maka dari itu ada banyak pebisnis yang memanfaatnya wifi, supaya setiap pelanggannya bisa menikmati waktu lebih lama di restoran atau kafe miliknya. Wifi tidak muncul begitu saja, ada sejarah munculnya wifi di dunia komputer. berikut penjelasannya :

  1. Tahun 1997. Dibentuknya jaringan wireless yang bernama 802.11 oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers).
  2. Tahun 1999. Mulai muncul wireless B dengan kecepatan transfer data sekitar 11 Mbps. Tetapi masih banyak kelemahannya, yaitu frekuensi operasi yang ada pada angka 2,4 Ghz. Yang juga banyak digunakan oleh frekuensi pada peralatan rumah tangga misalnya oven microwave, sehingga mudah terganggu bagian sinyalnya.
  3. Tahun 2003. Muncul wireless G yang dimana kecepatan transfer data maksimalnya yaitu 54 Mbps. Dan masih beroperasi dalam frekuensi 2,4 Ghz.
  4. Tahun 2009. Muncul wireless N yang mendukung kecepatan transfer data sampai 300 Mbps dengan dua antena, atau 450 Mbps dengan 3 antena. Jangkauannya pun lebih luas dibanding sinyal wireless G.
  5. Tahun 2014. Muncul wireless AC yang memiliki kecepatan 500 Mbps-1 Gb/s. dan beroperasi pada frekuensi 5 Ghz.
Baca Juga :  Teknologi Informasi : Pengertian, Komponen, Jenis dan Manfaatnya Lengkap

Fungsi Wifi

Salah satu fungsi wifi adalah untuk menghubungkan perangkat ke dalam jaringan lokal, atau pada jaringan internet. Masih ada lagi fungsi lainnya pada wifi, yaitu sebagai berikut :

1. Menghubungkan perangkat ke dalam suatu jaringan

Beda halnya dengan jaringan kabel LAN yang penggunanya terbatas, wifi dapat digunakan pada banyak komputer tanpa harus menambah jumlah kabel yang ada. Sehingga wifi akan lebih memudahkan banyak penggunanya untuk terhubung sekaligus pada suatu jaringan.

2. Berbagi data antar perangkat

Misalnya jika anda memiliki dua buah perangkat elektronik, kemudian ingin memindahkan data yang satu ke data yang lainnya. Maka wifi bisa dimanfaatkan untuk hal tersebut, dan tidak dibutuhkan lagi kabel data sehingga pekerjaan lebih praktis dan efisien.

3. Menjadi modem dari smartphone

Dengan adanya wifi sebuah smartphone pun bisa terhubung dengan internet, sehingga penggunanya tidak perlu lagi menggunakan paket data berbayar. Tetapi tidak hanya itu, bila smartphone anda terhubung dengan perangkat wireless maka anda bisa menjadikan smartphone tersebut sebagai modem. Hal ini akan sangat berguna, khususnya saat anda bepergian ke tempat yang tidak ada wifinya. Bila paket data anda cukup banyak, maka saat anda ingin mengakses internet melalui laptop anda juga bisa memfungsikan smartphone sebagai modem yang menggunakan sinyal wifi untuk kemudian terhubung pada laptop.

4. Kecepatan internetnya menjadi lebih cepat 

Hal ini juga telah dipahami oleh para pengguna smartphone. Beda hanya ketika mengakses internet melalui jaringan seluler, yang terkadang cepat terkadang juga lambat. Tergantung pada keberadaan sinyalnya. biasanya kecepatan akses internet dengan menggunakan wifi akan lebih terjamin. Indikasinya adalah anda dapat melakukan streaming video tanpa putus-putus, mengunduh dokumen dengan lebih cepat, dan akses yang tidak loading.

Baca Juga :  Osi Layer : Pengertian, Kegunaan Dan Cara Kerjanya Lengkap

Cara Kerja Wifi

Wifi bekerja dengan memanfaatkan  gelombang radio. Beragam data yang diminta atau dikirimkan pengguna melesat di udara dengan menggunakan gelombang radio. Supaya dapat menerjemahkan data ataupun dokumen, yang dikirim melalui gelombang radio tersebut maka sebuah komputer harus mempunyai adaptor wireless agar terhubung dengan wifi.

Gelombang radion ini berupa sinyal yang kemudian dikirim menuju router yang fungsinya adalah sebagai decoder atau penerjemah kode. Setelah diterjemahkan data itu akan dikirim ke jaringan internet, dengan memanfaatkan koneksi internet. Jaringan wifi ini bekerja secara dua arah, yang dimana setiap data yang diterima melalui internet dalam waktu yang bersamaan akan melewati router untuk dijadikan kode olehnya di setiap paket data, lalu dikirimkan kembali pada bentuk sinyal radio yang diterima oleh adaptor pada komputer nirkabel.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian wifi lengkap, semoga dapat bermanfaat.

Baca Juga :