Pengelolaan Badan Usaha : Pengertian, Tujuan dan Fungsinya Lengkap

5 (100%) 1 vote

Tujuan dan Fungsi Pengelolaan Badan Usaha

Pengelolaan Badan Usaha – Badan usaha yang didirikan bertujuan mencari laba dan melayani masyarakat. Usaha untuk mencapai laba yang diinginkan dijalankan dalam wadah yang disebut perusahaan. Tujuan perusahaan adalah menghasilkan barang atau jasa. Barang dan jasa yang akan dihasilkan memerlukan bahan baku atau faktor produksi.

Tujuan dan Fungsi Pengelolaan Badan Usaha

Semakin banyak faktor produksi yang digabung untuk menghasilkan barang atau jasa, maka semakin besar kemungkinan diperoleh hasil yang lebih besar (banyak). Misalnya, menghasilkan padi dengan menggabung tiga faktor produksi (tanah, tenaga kerja, dan modal) yang dikelola oleh petani yang handal dan berpengalaman, akan berpeluang memperoleh hasil yang lebth banyak.

Kegiatan usaha yang dilakukan untuk menghasilkan barang dan jasa dengan menggabung faktor-faktor produksi yang tersedia dipengaruhi oleh faktor ekonomi dan non ekonomi. Faktor ekonomi berupa perhitungan biaya yang harus dibayar terhadap balas jasa pemakaian faktor produksi.

Faktor ekonomi disebut juga faktor internal yang merupakan faktor-faktor yang berada dalam kegiatan badan usaha dan berpengaruh langsung kepada hasil produksi, seperti tenaga kerja, modal, bahan mentah, peralatan, dan sumber-sumber ekonomi lain yang dipakai dalam kegiatan badan usaha.

Sedangkan faktor non ekonomi berupa kejadian yang tidak dapat diperhitungkan sebelumnya (di luar kemampuan manusia), seperti keadaan alam, keamanan kemajuan pendidikan dan teknologi, budaya, dan struktur perekonomian. Semua kegiatan dalam pengelolaan badan usaha pada dasarnya ditujukan untuk kemajuan perusahaan dan kemakmuran karyawannya.

Untuk tujuan tersebut, badan usaha harus dikelola secara profesional, yaitu dengan melakukan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia.

Pengelolaan badan usaha juga harus dipegang oleh orang-orang yang berjiwa pengusaha, dengan selalu menerapkan norma-norma yang berlaku dan selalu bertindak manusiawi dalam menjalankan usahanya.

Baca Juga :  Badan Usaha Menurut Para Ahli : Pengertian, Jenis dan Fungsinya Lengkap

Baca Juga :