Manajer : Pengertian, Tugas, Fungsi Dan Tanggung Jawabnya Lengkap

5 (100%) 1 vote

Tugas, Fungsi Dan Tanggung Jawab Manajer

Fungsi Manajemen– Tugas manajer adalah beberapa hal yang harus dipahami di dalam sebuah organisasi khususnya di sebuah perusahaan. Tugas dari seorang manajer memiliki tempat yang khusus di dalam dunia manajemen, yang harus dipahami oleh seluruh pihak. Khususnya orang-orang yang terlibat di dalam proses manajemen. Sederhananya manajer adalah orang yang memanaj atau mengatur proses manajemen. Definisi lainnya dari manajer adalah seseorang yang memiliki pengalaman, wawasan, dan kemampuan yang baik sehingga disadari oleh organisasi sebagai seseorang yang capable dalam mengarahkan, memimpin, memanage, dan melakukan pengembangan pada organisasi dalam mencapai tujuannya.

Dengan demikian perlu dipelajari tugas dan tanggung jawab manajer di dalam proses manajemen untuk lebih memahami, dan melaksanakan proses manajemen dengan baik.

Tugas Manajer

Tugas manajer secara umum baik di kantor maupun perusahaan, pada intinya sama saja. Karena pada prinsipnya perusahaan merupakan organisasi yang memiliki tujuan laba. Tugas pokok seorang manajer diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Memimpin organisasi atau perusahaan

Tugas manajer dalam memimpin suatu perusahaan adalah tugas utama seorang manajer. Terutama di suatu perusahaan, seorang manajer memiliki tugas yang berbeda-beda tergantung di mana posisi manajer itu bekerja. Tugas seorang manajer dalam suatu perusahaan dibagi menjadi tiga lini, yaitu lini pertama, menengah dan puncak. Masing-masingnya memiliki tupoksi yang berbeda-beda. Contohnya manajer perusahaan memiliki tugas dalam mengatur strategi pemasaran dan melalui pencapaiannya semakin dekat dengan tujuan dari perusahaan itu sendiri. Manajer produksi juga memiliki kewajiban dalam mengatur departemen produksi supaya selaras dengan tujuan dari perusahaan. Sama halnya dengan tugas dari manajer secara umum yang memimpin jalannya proses, dalam manajemen organisasi atau perusahaan yang sesuai dengan posisi dimana mereka berada. Oleh sebab itu memimpin proses manajemen di dalam suatu organisasi atau perusahaan, adalah tugas pokok dari seorang manajer.

Baca Juga :  Puisi Kontemporer : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contohnya Lengkap

2. Mengendalikan dan mengatur organisasi atau perusahaan

Tugas seorang manajer selain memimpin adalah memastikan bahwa setiap langkah yang dilaksanakan oleh organisasi atau perusahaan sudah sesuai dengan rencana atau tujuan awal dari organisasi. Sehingga tugas manajer adalah untuk mengatur dan mengendalikan sumberdaya serta proses manajemen di dalam organisasi atau perusahaan supaya efektif dan efisien.

3. Membangun kepercayaan diantara karyawan

Manajer merupakan orang yang memimpin sekelompok orang di bawah komandonya. Sebagai pemimpin dan pelaksana manajemen yang paling tinggi, manajer harus memahami bahwa berjalannya manajemen harus dilaksanakan dengan seni. Misalnya seni dalam berkomunikasi dan membangun kepercayaan antar karyawan khususnya di dalam tim yang sama. Tugas manajer suatu perusahaan harus membangun komunikasi yang baik, dengan bawahannya. Bukan hanya untuk membangun kepercayaan diantara manajer dan karyawannya saja, tapi juga harus mampu menciptakan sikap saling percaya antar karyawan yang satu dengan yang lainnya. Hal itu sudah menjadi tugas manajer yang penting karena tidak ada soliditas di dalam tim, di suatu organisasi atau perusahaan sehingga tercapainya tujuan adalah hal yang mustahil.

4. Mengembangkan kualitas organisasi atau perusahaan

Tugas lainnya dari seorang manajer adalah memikirkan bagaimana sebuah organisasi atau perusahaan bisa berkembang. Jika memimpin suatu organisasi laba, maka manajer harus berpikir bagaimana profit dan aset perusahaan bisa meningkat. Dalam organisasi pemerintahan, manajer atau pemimpin harus memikirkan bagaimana peningkatan kesejahteraan rakyat dan contoh lainnya. Tugas manajer juga menjadi tanggung jawab yang besar pada apa yang ia pimpin. Tugas dan tanggung jawab manajer ini juga untuk mengembangkan kualitas organisasi atau perusahaan. Bukan hanya dilaksanakan dalam pandangan makro atau luas. Tapi juga harus dilaksanakan dengan mengembangkan per individu atau per kelompok. Contohnya tugas seorang manajer perusahaan di departemen pemasaran untuk meningkatkan kinerja timnya, adalah dengan cara melatih tim strategi pemasaran. Sehingga dengan tim yang mempunyai kemampuan yang khusus, pencapaian tujuan dari suatu perusahaan menjadi lebih mudah tercapai.

Baca Juga :  Contoh Teks Berita Singkat (Contoh, Naskah dan Penjelasan) Lengkap

5. Mengevaluasi aktivitas organisasi atau perusahaan

Melakukan sebuah evaluasi pada sumber daya organisasi atau perusahaan, yang menjadi tugas pokok dari seorang manajer. Di dalam hal ini manajer harus memahami perencanaan organisasi, hingga bisa melihat penyimpangan yang terjadi. Dari hal tersebut manajer akan mengevaluasi aktivitas organisasi yang dianggap tak sesuai, dengan perencanaan dan tujuan organisasi dan mengarahkan kembali ke langkah yang tepat.

6. Menjadi problem solver bagi setiap permasalahan di perusahaan atau organisasi

Diantara seluruh tugas manajer, tugas pokok dari seorang manajer yang tidak kalah pentingnya adalah harus mampu menjadi problen solver dari setiap permasalahan yang dialami oleh organisasi. Bukan hanya bertugas dan berkewajiban dalam mengarahkan dan mengevaluasi tapi juga mampu memberi ide, gagasan, dan solusi terkait dari beberapa isu yang terjadi di dalam proses organisasi.

Tanggung Jawab Manajer

Bukan hanya memiliki tugas utama, tetapi seorang manajer juga memiliki tanggung jawab khusus dalam menjalankan manajemen di sebuah organisasi atau perusahaan. Tanggung jawab manajer secara khusus diantaranya yaitu :

1. Mencapai tujuan organisasi dan perusahaan bersama dengan karyawan yang dipimpin

Tugas dan tanggung jawab manajer secara khusus adalah berusaha bekerja sama dengan setiap karyawan atau staff yang dipimpinnya, untuk mencapai tujuan perusahaan bersama-sama. Tercapainya tujuan dari suatu perusahaan atau departemen adalah tanggung jawab yang besar, dari seorang manajer karena melalui manajerlah perencanaan dan langkah dari suatu tujuan akan diambil.

2. Bertanggung jawab pada setiap proses manajemen secara keseluruhan

Manajer memiliki tugas dan fungsi yang sama dalam sebuah manajemen. Tugas dan fungsi manajer lebih kepada pelaksana fungsi manajemen tersebut. mulai dari perencanaannya sampai evaluasi. Manajer juga harus memastikan fungsi tersebut dengan baik.

Baca Juga :  Stress Kerja : Pengertian, Definisi, Kategori dan Faktor Penyebabnya Lengkap

Fungsi Manajer

Fungsi manajer di dalam suatu organisasi atau perusahaan menitikberatkan pada tugas pokok manajer untuk menjalankan fungsi manajemen pada suatu organisasi. Berikut penjelasan mengenai fungsi manajer :

Fungsi Perencanaan

Manajer dengan jajarannya mempunyai tugas untuk merencanakan langkah dalam mencapai tujuan organisasi, yang sesuai dengan kebijakan atau aturan organisasi. Manajer harus mempertimbangkan sumberdaya yang diperlukan, langkah atau cara yang diambil dan memprediksi hasil dari langkah-langkah tersebut.

Fungsi Pengaturan

Tugas manajer di dalam fungsinya adalah untuk mengatur karyawan atau tim melalui wewenang dan kekuasaan, yang dimiliki dan mengkoordinir dalam mencapai tujuan organisasi.

Fungsi Pengawasan

Tugas manajer adalah untuk menyediakan standar kualitas kerja baik kinerja karyawan ataupun barang dan jasa yang diproduksi, sehingga bisa menjadi acuan dalam sebuah aktivitas manajemen. Standar itu juga bisa digunakan untuk proses pengawasan yang waktunya ditentukan oleh pihak manajemen.

Fungsi Kepemimpinan

Manajer juga harus mampu membuat orang lain, khususnya yang ada di dalam tim untuk bekerja sesuai dengan arahan. Karena kemampuan dari kepemimpinannya menjadi keahlian yang dimiliki oleh seorang manajer. atau kepemimpinan menjadi tugas pokok seorang manajer yang harus dikuasai.

Fungsi Evaluasi

Tugas seorang manajer dalam fungsi manajemen yang terakhir adalah evaluasi berdasarkan perencanaan dan standar kualitas yang telah dibuat. Tugas manajer adalah untuk melakukan evaluasi dengan beragam cara, seperti SWOT,  Balanced Scorcard dan lain sebagainya. Melalui langkah ini sebuah organisasi diharapkan dapat lebih berkembang.

Demikian penjelasan lengkap mengenai fungsi manajer, dengan tugas dan tanggung jawabnya. Semoga memberi manfaat.

Baca Juga :