Thesis (Tesis) : Pengertian, Jenis Dan Karakteristiknya Lengkap

5 (100%) 1 vote

Pengertian, Jenis Dan Karakteristik Thesis/Tesis

Pengertian Tesis– Sering kali kita mendengar kata thesis, khususnya bagi para mahasiswa tingkat akhir. Bagi orang-orang yang mengenyam dunia pendidikan terutama di perguruan tinggi, tentu sudah tidak asing lagi dengan thesis. Namun untuk sebagian besar orang yang masih awam, istilah thesis mungkin masih terdengar asing.

Definisi Dan Pengertian Thesis

Thesis adalah sebuah pernyataan atau teori yang dilandasi dengan beragam argumen yang dinyatakan atau ditulis dalam bentuk karangan. Yang memang dibuat untuk dapat menyelesaikan program pendidikan, di tingkat perguruan tinggi sehingga penulisnya layak dan berhak untuk mendapatkan gelar yang sesuai dengan disiplin ilmu yang ditekuninya.

Pengertian thesis secara singkat adalah sebuah karya tulis ilmiah, yang dibuat untuk mendapat suatu gelar tertentu di tingkat perguruan tinggi. Tesis juga menjadi salah satu bukti yang menggambarkan tingkat kemampuan seseorang, pada sebuah disiplin ilmu tertentu. Semakin baik kualitas dari thesis yang dibuat, maka akan semakin baik juga kemampuan penulis thesis tersebut dalam menguasai disiplin ilmu yang ditekuninya.

Jenis-Jenis Thesis

Ada dua jenis thesis yang harus anda ketahui, yaitu thesis kuantitatif dan thesis kualitatif. Berikut penjelasannya :

1. Thesis Kuantitatif

Adalah jenis thesis yang dibuat untuk membangun atau mendirikan berbagai macam pernyataan, atau kerangka hipotekal. Thesis kuantitatif ini sering disebut dengan nalar deduktif – hipotetikal.

2. Thesis kualitatif

Merupakan jenis thesis yang dibuat bukan untuk membangun beragam pernyataan, atau kerangka hipotekal. Tetapi lebih ditujukan kepada penelitian yang sifatnya non kuantitatif. Thesis kualitatif sering juga disebut dengan nalar induktif – non hipotekal.

Baca Juga :  Pengertian Humas : Tujuan, Jenis, Dan Tugas Pokok Humas

Karakteristik Thesis

Bila diteliti dengan lebih mendalam, thesis yang dibuat memiliki beberapa karakteristik dasar yang diantaranya yaitu sebagai berikut :

  1. Thesis biasanya hanya fokus di salah satu isu central yang terdapat dalam sebuah disiplin ilmu pendidikan saja. Thesis juga cenderung dibuat dengan mengikuti jenis program studi, yang tengah diambil atau ditempuh oleh mahasiswa yang membuatnya.
  2. Biasanya thesis dibangun dengan berlandaskan pada pengujian empirik pada suatu posisi teoritis tertentu.
  3. Thesis juga selalu menggunakan data primer sebagai data utama dan ditambahkan dengan beberapa jenis data sekunder, sebagai data penunjang atau data pembanding.
  4. Thesis harus ditulis dengan menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bila program studi yang diambil adalah sebuah program studi yang berbahasa asing, maka thesis tersebut juga harus ditulis dengan menggunakan tata bahasa asing yang baik dan benar.

Itulah penjelasan lengkap mengenai thesis, termasuk pada jenis dan karakteristiknya. Semoga dapat menambah wawasan anda.

Baca Juga :