Teks Tanggapan Kritis : Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur dan Contohnya Lengkap

5 (100%) 1 vote

Pengertian Teks Tanggapan Kritis, Ciri-Ciri, Struktur dan Contohnya

Teks Tanggapan Kritis– Adalah suatu jenis teks dari berbagai tanggapan yang datang dari berbagai pihak. Teks tersebut mudah dibedakan karena hanya memiliki tiga struktur dengan ciri-ciri yang amat jelas.

Pengertian Teks Tanggapan Kritis

Teks tanggapan kritis merupakan jenis teks yang berisi kritikan pedas pada setiap hal mengenai sebuah kesalahan yang dilakukan. Misalnya ketika terjadi debat antara si A dan si B, si A menyampaikan kritik pada si B karena apa yang disampaikan si B kurang tepat.

Hal itu bisa disebut juga dengan menganalisa suatu pendapat. Segala tanggapan yang diberikan haruslah memiliki alasan, dan manfaatnya membuat orang yang ditanggap menjadi lebih baik lagi.

Tujuan dari teks tanggapan kritis adalah, untuk memilih suatu jenis pernyataan, karena di dalamnya terdapat alasan yang mendukung dan juga yang menolak.

Ciri-Ciri Teks Tanggapan Kritis

Ciri-ciri teks tanggapan kritis ini memiliki sifat yang khusus. Karena di dalamnya terdapat beberapa tanggapan yang berbeda. Berikut ciri-cirinya :

  1. Teks ini biasanya memuat tanggapan pada setiap fenomena yang terjadi di sekitarnya. Yang disertai dengan fakta dan alasan.
  2. Strukturnya terdiri dari Evaluasi, Deskripsi Teks, dan Penegasan Ulang.
  3. Kaidah kebahasaannya dengan cirinya memiliki kata rujukan.

Struktur Teks Tanggapan Kritis

Teks ini disusun dengan beberapa elemen, diantaranya yaitu :

  1. Evaluasi. Yang di dalamnya terdapat pernyataan umum tentang suatu hal, yang akan disampaikan.
  2. Deskripsi teks. Bagian dari isi yang memuat informasi mengenai beberapa data dan beberapa pendapat, yang mendukung pernyataan atau yang melemahkan pernyataan itu sendiri.
  3. Penegasan ulang. Bagian akhir dari teks, yang isinya berupa penegasan ulang tentang suatu masalah yang telah dilakukan atau diputuskan.
Baca Juga :  Kebahasaan Teks Narasi : Pengertian, Ciri, Struktur, Jenis Dan Contohnya Lengkap

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis

  1. Kalimat kompleks. Adalah suatu kalimat yang memiliki dua struktur atau lebih dan dua verba atau lebih.
  2. Konjungsi. Sebuah kata penghubung yang menghubungkan setiap kata dan juga struktur.
  3. Kata rujukan. Sesuatu yang digunakan oleh penulis dalam memperkuat pernyataan dengan cara yang tegas. Hal itu disebut juga dengan referensi.
  4. Pilihan kata. Pemilihan kata yang sesuai di dalam penggunaannya sekaligus pembuatan teks tanggapan kritis.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Dan Strukturnya

Judul teks : Smartphone

Orientasi

Smartphone merupakan sebuah alat komunikasi yang canggih, yang tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja. Tetapi juga digunakan untuk menjalankan beberapa aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan, aktivitas, dan lain sebagainya.

Evaluasi

Kecanggihan smartphone ini membuat para anak remaja ikut andil dalam menggunakannya. Menurut mereka smartphone adalah bagian dari kehidupan mereka. Alat yang canggih tersebut seakan tak bisa hilang dari hidup mereka.

Tafsiran

Banyak juga orang tua yang tidak setuju anaknya menggunakan smartphone. Alasannya karena smartphone belum terlalu penting untuk mereka. Smartphone juga dianggap sebagai hal yang membawa dampak negatif bagi para remaja. Apalagi smartphone juga dapat digunakan untuk membuka beberapa situs orang dewasa.

Adapun orang tua yang setuju jika anaknya menggunakan smartphone, jika smartphone dapat digunakan untuk hal-hal yang positif. Atau bisa digunakan untuk mencari teman dan komunikasi jarak jauh.

Itulah pembahasan lengkap mengenai teks tanggapan kritis, yang dilengkapi dengan pengertian, ciri, struktur, dan contohnya. Semoga artikel ini mudah dipahami dan memberi manfaat.

Baca Juga :