Teks Eksemplum : Pengertian, Ciri-Ciri Dan Contohnya Lengkap

5 (100%) 1 vote

Pengertian Teks Eksemplum, Ciri-Ciri dan Contohnya

Teks Eksemplum – Apakah anda mengetahui apa yang dimaksud dengan teks eksemplum? Teks ini merupakan jenis teks yang berkaitan dengan pengalaman hidup seseorang. Simak pemabahasan mengenai teks eksemplum di bawah ini.

Pengertian Teks Eksemplum

Teks eksemplum merupakan suatu cerita yang isinya adalah perilaku atau seorang tokoh yang ada di dalam sebuah cerita. Di awal cerita teks ini terdapat pengenalan tokoh, peristiwa yang terjadi yang diceritakan di dalamnya, kemudian diakhiri dengan interprestasi dari dalam diri tokoh yang sedang dibahas tersebut.

Teks eksemplum ini juga termasuk ke dalam kategori karya sastra yang isinya adalah tentang pengalaman hidup seseorang. Yaitu di awal sebuah cerita terdapat peristiwa yang sedang terjadi, lalu dilanjutkan dengan hikmah yang terdapat di dalam cerita tersebut. hal itu dilakukan agar tidak akan terjadi kesalahan berulang di masa yang akan datang.

Ciri-Ciri Teks Eksemplum

  1. Berisi suatu kejadian atau peristiwa yang tidak diharapkan oleh seorang tokoh tertentu.
  2. Berisi nuansa naratif.
  3. Menjelaskan tentang pengalaman pribadi tokoh tersebut.
  4. Terdapat perubahan sikap pada tokoh agar tidak melakukan kesalahan berulang.
  5. Urutan peristiwa dan kejadian harus secara rinci dan jelas.

Struktur Teks Eksemplum

  1. Di bagian awal ada abstrak, abstrak adalah suatu peristiwa atau kejadian yang posisinya sebagai pengantar dari kejadian yang akan diuraikan tersebut.
  2. Orientasi. Adalah bagian pertama yang ada di teks eksemplum yang pada umumnya berisi pengenalan tokoh, yang akan diceritakan di sana.
  3. Terdapat insiden. Yaitu bagian yang menjelaskan tentang sebuah kejadian yang dialami oleh tokoh. Secara umum tokoh yang diceritakan ini mengalami suatu masalah tertentu.
  4. Adanya interpretasi. Yaitu bagian yang menjelaskan tentang seputar peran moral, evaluasi dan akibat yang ditimbulkan oleh sikap dari tokoh tersebut. interpretasi ini mirip dengan koda, yang ada di dalam struktur teks anekdot.
  5. Koda. Yaitu bagian penutup pada teks eksemplum.

Karakteristik Teks Eksemplum

  1. Isinya adalah tentang kejadian mengenai suatu hal yang tidak sering terjadi.
  2. Membuat si tokoh merasa menyesal atas kejadian yang terjadi.
  3. Penulis berada di dalam cerita tersebut yang muncul di bagian interpretasi dan koda.
  4. Adanya nilai yang dapat dijadikan pelajaran bagi siapapun yang membacanya.

Unsur Kebahasaan Pada Teks Eksemplum

  • Terdapat kalimat kompleks
  • Terdapat kata rujukan
  • Terdapat konjungsi atau penghubung
  • Terdapat kata kerja

Contoh Teks Eksemplum Dengan Strukturnya

Orientasi :

Di suatu hutan belantara diceritakan tentang sekelompok burung pipit yang hidup di dalamnya. Salah satu nama burung pipit itu bernama Dira. Ia tinggal dengan sekawanan hewan lainnya yang ada di sana. Dira dikenal sebagai seekor burung pipit yang senang sekali hidup menyendiri dan juga sombong, karena ia merasa bahwa dialah orang yang paling mampu dan benar diantara seluruh hewan yang hidup di sana.

Insiden :

Pada suatu hari sekawanan burung sedang membuat sarang yang terbuat dari tumpukan jerami. Mereka juga membuat sarang dengan sabar, sehingga sarangnya tampak rapi, kokoh, dan juga bagus. Tetapi berbeda dengan Dira, sarangnya terbuat dari potongan kertas yang berwarna warni.

Ia juga beranggapan bahwa sarangnya lah yang paling bagus dan terlihat cantik dibanding teman-temannya. Padahal saat ia membuat sarang itu, ia tidak memerhatikan bagaimana ketahanan dari sarang tersebut. di sebelah Dira ada seekor burung pipit yang juga sedang membuat sarang dari tumpukan jerami. Nama burung itu adalah Beti. Beti adalah seekor burung pipit yang memiliki sifat yang rendah hati dan dermawan. Sifat Beti ini sangat berbanding terbalik dengan sifat Dira.

Dira sering mengejek sarang milik Beti, ia bilang sarang Beti membosankan karena hanya terbuat dari tumpukan jerami. Dira juga membandingkan sarangnya dengan sarang Beti. Tetapi Beti hanya diam dan tidak memedulikannya.

Baca Juga :  Surat Pembaca : Pengertian, Tujuan, Pokok, Kerangka Dan Contohnya Lengkap

Dira sangat bangga dengan sarang yang ia buat. Ia terus saja membuat sarang dari tumpukan kertas yang berwarna warni. Beti sempat memberi saran pada Dira agar ia membuat sarang yang memiliki ketahanan yang lebih kuat. Tetapi Dira tak mendengarkannya, ia terus saja membuat sarang dari potongan kertas berwarna warni. Setelah beberapa jam kemudian seluruh burung pipit sudah selesai membuat sarang.

Tak disangka hujan turun dengan sangat lebat, sehingga semua burung pun masuk ke sarangnya masing-masing. Tetapi sarang milik Dira rusak terkena air hujan, ia juga tak bisa melindunginya karena sarangnya hanya terbuat dari kertas warna warni.

Tubuh Dira pun basah kuyup, karena hujan deras dan ia merasa sangat panik. Dengan senang hati Beti memberikan tumpangannya pada Dira untuk berlindung. Akhirnya Dira pun menyesal dengan apa yang telah ia perbuat. Ia menyesal tidak menghiraukan teman-temannya, dan dengan bangganya malah membuat sarang dari kertas warna warni. Setelah hujan reda, ia pun kembali membuat sarang baru dari tumpukan jerami.

Setelah peristiwa itu terjadi, Dira pun tidak sombong lagi dan tidak bersikap buruk pada teman-temannya. Ia berjanji pada dirinya sendiri tidak akan bersikap sombong lagi. Ia sadar bahwa kesederhanaan lebih baik daripada kemewahan. Ia juga sadar bahwa ia adalah makhluk sosial yang tetap butuh teman untuk menjalani kesehariannya.

Contoh Teks Eksemplun Dalam Bidang Pendidikan

Larangan Membawa HP Ke Sekolah

Handphone atau HP merupakan benda yang sangat booming di zaman sekarang. Hampir setiap orang memiliki HP. Bukan hanya orang dewasa tapi juga anak-anak. Bahkan banyak anak-anak yang membawa HP ke sekolah. Padahal sudah jelas bahwa di sekolah tidak boleh membawa HP. Sekolah mengeluarkan larangan itu bukan tanpa tujuan. Karena sering kali guru memergoki muridnya sedang asyik menggunakan HP saat pelajaran sedang berlangsung.

Menurut sebagian besar orang, adanya larangan tidak boleh membawa HP adalah kebijakan yang tidak sesuai dengan kurikulum pendidikan di Indonesia yang sedang dipakai saat ini. Yaitu kurikulum tahun 2013, yang dimana setiap murid dituntut untuk lebih mandiri dan lebih aktif. Dalam mencari referensi bahan pelajaran yang diajarkan di kelas. Murid-murid membutuhkan HP sebagai media pembelajaran. Bahkan banyak orang tua yang mengizinkan anaknya membawa HP untuk memudahkan komunikasi.

Namun para murid yang membawa HP ini memiliki alasan yaitu untuk berjaga-jaga jika ada hal yang darurat yang menimpanya. Apakah pihak sekolah melarang murid pada antisipasi tersebut? jika sekolah mengizinkan para murid untuk menggunakan HP milik wali kelas, tentu akan membuang banyak waktu. Apalagi wali kelas juga belum tentu selalu siap setiap saat untuk meminjamkan HP nya. Sehingga alasan tersebut cukup kuat dan akurat.

Untuk solusi yang paling baik, pihak sekolah pun diminta oleh para wali murid agar menimbang ulang kebijakan itu. Yaitu larangan dalam membawa HP ke sekolah. Pihak sekolah juga diminta untuk mempertimbangkan kembali, apa saja dampak positif dan negatif dari membawa HP ke sekolah. Karena HP juga berperan penting dalam menunjang pendidikan di sekolah.

Contoh Teks Eksemplum Tentang Persabatan

Tomi adalah seorang anak yang masih duduk di sekolah SD. Setiap hari ia menjual kue ke sekolah, untuk biaya pembayaran sekolahnya. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kondisi ekonomi orang tuanya yang serba kekurangan. Dan tidak mampu membiayai sekolahnya. Suatu hari di tanggal 1 bulan Mei Tomi tidak masuk sekolah.

Bahkan sudah hampir seminggu Tomi tidak masuk sekolah. Semua temannya mendatangi rumah Tomi, karena ingin tahu apa yang terjadi pada Tomi. Teman-temannya mendapat informasi bahwa ternyata kini Tomi berjualan kue di terminal. Ia berjualan untuk membayar SPP di bulan April yang belum dibayarnya. Uang Tomi belum cukup untuk membayar SPP tersebut. mengetahui hal itu teman-teman Tomi mendatangi terminal tempat ia berjualan kue. Lalu mereka membeli semua kue milik Tomi. Teman-temannya pun melakukan hal itu selama 3 hari berturut-turut.

Dilihat dari cerita tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa persahabatan adalah hal yang indah, dengan persahabatan maka munculah sikap saling membantu dan tolong menolong.

Contoh Teks Eksemplum Tentang Pengalaman

Kebahagiaan Yang Terhapus Oleh Kesedihan

Baca Juga :  Pengertian Teks Laporan Percobaan : Ciri, Struktur, Cara Membuat Dan Contohnya Lengkap

Di sebuah kota hidupnya sebuah keluarga. Di dalam keluarga itu terdapat seorang anak bernama Ayu. Keluarga itu hidup dengan terlilit hutang yang banyak. namun keluarga Ayu tak pernah berhenti bersyukur, walaupun banyak cobaan yang harus mereka hadapi.

Suatu hari Ayah Ayu dipecat dari kantornya karena tidak sengaja merusakkan mesin yang ada di kantornya. Ayahnya pulang dengan wajah yang begitu kelu dan sedih, ia pun menceritakannya pada istrinya. Ia menjelaskan bahwa telah dipecat dari pekerjaannya. Ia juga merasa gusar dan bingung mencari nafkah kemana lagi, karena mendapatkan pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Sang istri menenangkannya dengan sabar. Lalu mengajak ayahnya makan terlebih dahulu.

Tiba-tiba saja Ayu pulang dan menhampiri kedua orang tuanya dengan wajah yang sedih. Karena ia sedih memikirkan nilai-nilainya yang berada di bawah rata-rata. Ia bingung dan juga takut dimarahai oleh kedua orang tuanya.

Bukannya dimarahi ia malah mendapati wajah kedua orang tuanya yang juga bersedih. Sejak itulah ia berjanji untuk belajar dengan rajin dan tekun. Agar ia dapat mewujudkan cita-citanya dan membantu untuk memberi solusi untuk orang tuanya.

Sejak itu ayah Ayu sakit karena terbebani pikiran yang kini menjadi pengangguran, yang tak kunjung mendapatkan pekerjaan.

Suatu hari Ayu sedang menjalani ujian tengah semester, agar nilainya bagus ia pun belajar sejak jauh-jauh hari. Akhirnya hasil rapotnya mendapat nilai yang memuaskan. Bahkan ia mendapat nilai terbaik di kelasnya.

Saat bel berbunyi nyaring menandakan waktu pulang, Ayu pulang dengan hati yang riang gembira. Karena ia ingin cepat-cepat memberi tahu ayah dan ibunya.

Tetapi sayangnya hal itu tidak berlangsung lama, rasa bahagia Ayu pun hilang begitu saja. Ketika sampai di rumah ia mendapati banyak orang yang berkumpul di rumahnya, dan mendapati jasa sang ayah. Ia juga melihat ibunya menangis tersedu-sedu meratapi jasad ayahnya.

Ayu tak kuasa membendung air matanya, betapa sedihnya ia ketika ingin membawa kabar gembira mengenai prestasi sekolahnya, ia malah mendapat berita kematian ayahnya.

Ayu sadar bahwa kematian adalah hal yang tak dapat dicegah dan bisa datang kapan saja. Tapi ia menyadari bahwa tidak selalu nilai bagus di sekolah yang akan membahagiakan orang tuanya. Ada banyak cara lain untuk membuat orang tuanya bangga.

Contoh Teks Eksemplum Abstrak

Berlibur di Pulau Bali

Ini adalah cerita yang terjadi sekitar 7 tahun yang lalu. Saat itu aku dan ke7 temanku berlibur ke Bali. Kurang lebih selama seminggu kami menghabiskan waktu untuk berkeliling Pulau Bali, dengan menggunakan motor dan menginap di tempat yang sederhana. Kami juga melewati perjalanan yang sangat menyenangkan. Di hari ke-6 kami mengalami kejadian yang cukup mengerikan dan tak akan pernah terlupakan.

Gara-Gara Ceroboh

Saat aku kuliah di Jogja, aku tinggal di sebuah rumah kos. Rumah-rumah kos di Jogja saat itu sangat rawan maling. Sehingga semua penghuni kos termasuk aku selalu berhati-hati. Sama halnya dengan rumah kos tempat tinggalku, yang juga rawan dengan maling yang mengincar. Dompet, HP dan laptop adalah beberapa barang yang sering kali hilang.

Akibat Rantai Motor

Ini adalah sebuah cerita tentang kenangan yang menyebalkan. Hal itu berawal dari kecerobohanku sendiri. Pada mulanya aku merasa malas mengerjakan sesuatu hal, hingga pekerjaan tersebut sering tertunda. Dan akhirnya berujung pada kelupaan. Dan kemudian aku pun menuai akibatnya di kemudian hari.

Jaka Tarub

Di zaman dahulu kala tepatnya di Desa yang terletak di Pegunungan Wilis, hidup seorang pemuda yang tinggal dengan Ibunya. Pemuda itu bernama Jaka Tarub, yang sejak kecil sudah ditinggal mati oleh ayahnya. Sejak itulah ia hanya tinggal dengan ibunya saja.

Liburan

Berlibur adalah hal yang sangat menyenangkan, dan menjadi hari yang ditunggu oleh banyak orang. Karena berlibur adalah waktunya bersenang-senang, melepas segala penat dengan bepergian. Tetapi ada kalanya liburan menjadi hal yang tak menyenangkan. Karena waktu bepergiannya kurang tepat misalnya.

Contoh Teks Eksemplum Singkat Saat Jatuh Dari Sepeda Motor

Operasi Zebra

Ada suatu peristiwa yang membuatku sadar bahwa aku harus menaati peraturan. Menaati peraturan memang wajib hukumnya. Hampir setiap bulan aku selalu pulang ke Demak, Kota Demak adalah tempat kelahiranku. Tetapi kini aku tinggal di Kota Semarang. Lebih tepatnya di rumah kos.

Baca Juga :  Contoh Teks Tantangan Beserta Strukturnya Lengkap

Aku adalah seorang mahasiswa UNDIP, yang memutuskan untuk kos di sekitar kampus karena jarak dari rumah ke kampus cukup jauh. Aku tinggal di rumah kos dengan adikku yang masih SMA. Suatu hari aku berangkat dari rumah kos pukul 09.00 pagi, dan akan pulang ke Demak lalu menginap di sana selama 1 minggu. Aku berangkat dengan menggunakan motor.

Di tengah perjalanan aku tiba-tiba mengantuk, kantuk yang sangat berat. Hal itu dikarenakan oleh tugas kampus yang kukerjakan sampai hampir Subuh. Sehingga aku mengendarai motor dengan tidak fokus.

Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, aku meminta adikku untuk mengendarai motor. Padahal adikku belum bisa mengendarai motor, dan belum memiliki SIM karena masih berusia 16 tahun.

Aku bilang padanya bahwa hari itu lalu lintas sedang padat jadi tak perlu mengebut. Jika ada operasi zebra berhenti saja dan tidak usah panik. Lima belas menit kemudian aku melihat ada operasi zebra, adikku masih terlihat menikmati perjalanannya. Aku memutuskan untuk memejamkan mata sejenak, karena sangat mengantuk. Tapi tak lama kemudian, bruuukkk …. Motor kami terjatuh. Aku bertanya pada adikku mengapa bisa terjatuh. Ia bilang ia baru sadar ada operasi zebra sehingga memutuskan untuk berbalik. Dalam keadaan panik ia tidak melihat ke kanan dan ke kiri sehingga kami jatuh ke selokan.

Akhirnya motor kami masuk ke selokan. Untungnya banyak warga sekitar yang menolong. Dari situlah aku sadar bahwa penting sekali menaati lalu lintas. Alhamdulilah Tuhan masih menyelamatkan kami.

Tak Ada Makan Siang

Waktu Ba’da duhur adalah waktu yang tepat untuk makan siang. Sehingga aku memutuskan untuk membeli makanan. Karena malas berjalan jauh maka aku memutuskan untuk tidak ke kantin, dan hanya memilih bakso mini saja. Bukan hanya aku, tapi teman-temanku pun yang lain membeli bakso mini. Teman-temanku makan bakso mini dengan lahapnya, walaupun masih dalam keadaan panas. Sedangkan aku memutuskan untuk tidak memakan baksoku karena, aku menunggu sampai perutku benar-benar lapar.

Baksoku dibungkus dengan plastik bening, sudah tak sabar rasanya ingin kumakan bakso itu. Aku pun memutuskan untuk membuka plastik baksonya.

Saat aku membuka plastik dengan tergesa-gesa, aku malah menggigit ujung plastiknya dengan terlalu besar. Sehingga isi baksonya tumpah semua keluar. Jilbab, baju, dan rokku pun basah terkena air bakso tersebut. bukan hanya kaget tapi aku juga sangat malu. Seorang teman menghampiriku dan mengatakan aku harus bersabar. Akhirnya bakso tersebut tidak menjadi makan siangku.

Dari cerita di atas dapat disimpulkan bahwa kita tidak boleh tergesa-gesa dalam bertindak. Malah kita harus melakukan segala sesuatu dengan hati-hati.

Contoh Teks Eksemplum Tentang Pengalaman Pribadi Singkat

Suatu hari ada seseorang yang bernama Anton, yang senang menghabiskan uang jajannya. Ia sering menghabiskan uang jajannya untuk membeli hal-hal yang tidak ada manfaatnya.

Sikapnya pun seperti anak orang kaya yang serba berkecukupan. Di usianya yang menginjak remaja, sikap borosnya malah menjadi-jadi. Khususnya saat ia memiliki pacar. Padahal orang tuanya selalu mengingatkan bahwa ia tak boleh boros. Karena mendapatkan uang itu tidak gampang. Ia selalu menghamburkan uang tanpa melihat susah payah kedua orang tuanya.

Sampai suatu ketika bisnis orang tua Anton mengalami gulung tikar. Bisnisnya pun hancur dan kondisi perekonomiannya menurun. Hidupnya yang pada awalnya cukup menjadi serba kekurangan. Ditambah dengan hutang orang tuanya ke Bank, yang membuat kondisi keuangan semakin memburuk. Anton pun mengalami frustasi yang sangat parah. Ia tidak tahan dengan himpitan ekonomi yang dialami orang tuanya. Bahkan ia sempat berpikir untuk bunuh diri.

Kesimpulannya adalah penting sekali sikap hemat dan tidak boros dalam kehidupan. Jika uang kita berlebih, maka sebaiknya jadikan tabungan untuk masa depan. Karena tabungan akan sangat berguna di kemudian hari.

Itulah pembahasan lengkap mengenai teks eksemplum yang dilengkapi juga dengan ciri dan strukturnya. Contoh teks ini hampir serupa dengan contoh teks lainnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :