Sejarah lahirnya agama Islam di Jazirah Arab Secara Singkat

5 (100%) 1 vote

Sejarah lahirnya agama Islam di Jazirah Arab Secara Singkat

Awal pertumbuhan agama Islam di Saudi Arabia dalam suasana kegelapan, kekacauan, ketidakteraturan, dan ketidakpastian, yang lazim disebut dengan zaman jahiliyah.

Sejarah lahirnya agama Islam di Jazirah Arab Secara Singkat

Tidak ada kepastian hukum yang dapat dipakai sebagai pedoman sehingga masyarakat kehilangan arah, hidup dalam ketakutan, karena diiana-mana hanya akan ditemui kekerasan dan -kekejaman. Di tengah-tengah kegelapan itu, Islam muncul, yang disebarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Meski mengalami banyak rintangan dan hambatan serta penderitaan lahir batin, Nabi Muhammad SAW menyebarkan agama Islam, mulai usia 40 tahun sampai dengan wafatnya tahun 632 M, dalam usia 63 tahun. Saat beliau wafat, pengaruh Islam sudah meliputi hampir seluruh suku bangsa di wilayah Arab.

Sepeninggal Nabi Muhammad SAW, kedudukan beliau sebagai kepala pemerintahan digantikan oleh orang-orang yang diberi gelar khalifah, yang artinya pengganti.

Khulafa’ur Rasyidin adalah empat khalifah pertama sebagai pengganti Muhammad, yang dipandang sebagai pemimpin yang mendapat petunjuk dan patut dicontoh. Mereka semua adalah sahabat dekat Nabi Muhammad SAW.

Penerus kepemimpinan mereka bukan berdasarkan keturunan, suatu hal yang kemudian menjadi ciri-ciri kekhalifahan selanjutnya Khulafa’ur Rasyidin, yaitu Khalifah Abubakar, Khalifah Umar, Khalifah Usman, dan Khalifah Ali.

Di bawah kepemimpinan keempat khalifah tersebut, masyarakat muslim kemudian memperluas pengaruhnya ke seluruh dunia.

Baca Juga :

Baca Juga :  Sejarah : Proses Terbentuknya (NKRI) Negara Kesatuan Republik Indonesia