Pengertian, Ciri dan Contoh Workshop Menurut Para Ahli

5 (100%) 1 vote

Pengertian Workshop Menurut Para Ahli

Workshop Adalah– Workshop adalah kegiatan atau acara yang dilakukan oleh beberapa orang, yang mempunyai keahlian di suatu bidang tertentu. Yang tujuannya adalah untuk membahas suatu masalah dan mengajari beberapa peserta workshop tersebut. pendek kata workshop adalah gabungan antara teori dan juga praktek, dalam suatu kegiatan.

Workshop merupakan training yang dimana para peserta bekerja dengan cara individu atau kelompok, dalam menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan tugas yang sebenarnya adalah untuk memperoleh pengalaman.

Pengertian workshop adalah sebuah program pendidikan tunggal, untuk mengajarkan atau memperkenalkan pada setiap peserta dengan keterampilan praktis, teknis, atau ide-ide yang bisa digunakan pada pekerjaan mereka di kehidupan sehari-hari mereka. Pada umumnya workshop yang baik memiliki kapasitas yang kecil, yang terdiri dari 6-15 orang agar lebih fokus. Workshop biasanya dibuat untuk orang-orang yang mempunyai minat yang sama, atau bekerja di dalam bidang yang sama. Kegiatan ini biasanya diisi oleh para pakar atau orang yang telah mempunyai banyak pengalaman, di dunia nyata.

Yang dimaksud dengan workshop pendidikan adalah proses kegiatan belajar dan mengajar, secara kelompok atau individu, yang dimana para petugas pendidikan akan mensharing suatu masalah yang dihadapi dengan cara melakuakn percakapan atau sesi tanya jawab. Di dalam kegiatan tersebut, para peserta dihadapkan pada prakteknya secara langsung agar lebih mengenai suatu masalah tertentu.

Di dalam workshop akan terkumpul sekelompok orang yang mempunyai minat atau perhatian, pada suatu bidang tertentu. Yang dimana mereka juga akan berkumpul di bawah kepemimpinan beberapa orang, yang memang sudah ahli dalam menggali satu atau beberap aspek yang khusus di dalam membahas suatu masalah.

Baca Juga :  Shalat : Pengertian, Syarat dan Rukun Shalat "Lengkap"

Di dalam pelaksanaannya workshop dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, yang dibentuk dengan beberapa tujuan. Misalnya seperti melihat suatu demonstrasi, mendengarkan ceramah, mendiskusikan berbagai aspek dengan topik, mempelajari, mengerjakan, mempraktekan, dan mengevaluasi topik tersebut. secara umum workshop terdiri dari seorang pemimpin workshop, anggota, dan para nara sumber informasi.

Ciri-Ciri Workshop

  1. Masalah yang akan dibahas pada sebuah workshop biasanya bersifat life centered, yang artinya masalah itu akan muncul dan berasal dari para peserta workshop tersebut.
  2. Metode yang diterapkan di dalam pelaksanaan workshop merupakan metode yang sifatnya musyawarah, dan juga penyelidikan yang dilakukan bersama-sama. Hal ini tentu akan menuntut keaktifan dari para anggota workshop, sehingga acara berlangsung dengan seru dan tidak membosankan.
  3. Workshop juga menggunakan suatu metode resouce person, dan juga resource materials yang dimana setiap peserta dituntut untuk selalu aktif dalam memberi dan berpartisipasi. Juga memberikan bantuan yang besar di dalam kegiatan itu. Maka workshop pun akan mencapai hasil yang optimal, dan sesuai dengan keinginan bersama.

Di dalam pelaksanaannya, workshop membutuhkan beberapa prosedur yang mencakup beberapa hal seperti berikut ini :

  1. Perumusan tujuan dari workshop itu sendiri. Output yang akan dicapai di dalam workshop, harus jelas dan dapat dicapai dengan hasil yang maksimal.
  2. Merumuskan pokok masalah. Yang akan dibahas di dalam workshop dengan cara yang jelas dan terperinci.
  3. Menetukan prosedur yang akan diterapkan dalam memecahkan suatu masalah.

Itulah contoh pengertian workshop menurut para ahli. Semoga artikel ini dapat membantu dan dapat dipahami dengan baik.

Baca Juga :