Pengertian Warna : Jenis, Istilah dan Hal – Hal Yang Perlu Diketahui Lengkap

5 (100%) 1 vote

Pengertian Warna : Jenis, Istilah, Dan Hal-Hal Yang Perlu Diketahui

Pengertian Warna– Pengertian dari warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya yang sempurna yang berwarna putih. Identitas yang terdapat pada warna ditentukan dari panjang suatu gelombang cahaya. Misalnya warna biru yang memiliki panjang gelombang sekitar 460 nanometer. Namun panjang gelombang yang ditangkap oleh mata manusia, hanya sekitar 380-780 nanometer.

Jenis-Jenis Warna

Warna dikelompokan menjadi beberapa kategori seperti :

  1. Warna netral. Adalah warna-warna yang tidak memiliki kemurnian warna, atau yang tidak memiliki kemurnian warna. Tepatnya bukan warna primer dan bukan warna sekunder.
  2. Warna kontras/komplementer. Adalah jenis warna yang berkesan berlawanan antara satu dengan lainnya. Warna ini diperoleh dari warna yang bersebrangan, yang terdiri atas warna primer dan juga sekunder.
  3. Warna panas. Adalah kelompok warna pada rentang setengah lingkaran, di dalam lingkaran dari warna itu sendiri. Dimulai dari warna merah sampai warna kuning.
  4. Warna dingin. Adalah kelompok warna yang terdapat di dalam kelompok rentang setengah lingkaran, di dalam suatu lingkaran warna yang dimulai dari warna hijau sampai warna ungu.

Istilah Warna

Istilah lainnya yang dikenal pada warna adalah nilai warna. Nilai warna ini bisa ditentukan dari tingkat kecerahan, dan tingkat kesuraman dari sebuah warna. Nilai ini akan dipengaruhi oleh penambahan putih atau warna hitam. Di dalam suatu sistem RGB, nilai akan ditentukan oleh penambahan komponen pada warna merah, biru, dan juga hijau. Yang ada di dalam sebuah komposisi yang tepat dan juga sama. Walaupun jumlahnya tidak harus 100%.

Baca Juga :  Puisi Baru dan Lama : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis Serta Unsurnya Lengkap

Hal Lainnya Tentang Warna

Di dalam sebuah peralatan optik, warna bisa berarti interprestasi otak pada tiga campuran warna primer. Yaitu warna merah, hijau, dan biru yang digabung ke dalam suatu komposisi tertentu. Misalnya pencampuran pada 100% warna merah, 0% warna hijau, dan 100% warna biru, akan menghasilkan interpertasi warna magenta. Pada seni rupa, warna bisa berarti adanya pantulan tertentu yang berasal dari cahaya yang dipengaruhi oleh suatu pigmen yang terdapat pada permukaan suatu benda.

Setiap warna dapat memberi kesan dan identitas yang berbeda yang sesuai dengan kondisi sosial yang diamati. Contohnya warna putih yang memberi kesan suci dan juga dingin, di wilayah Barat karena disamakan dengan salju. Lain halnya dengan di wilayah timur, warna putih akan memberi kesan kematian yang menakutkan karena disamakan dengan kain kafan.

Itulah penjelasan mengenai pengertian warna, jenis, istilah dan hal-hal lainnya secara lengkap. Semoga pembahasan kali ini dapat memberi manfaat.

Baca Juga :