Teks Prosedur Kompleks : Pengertian, Tujuan, Ciri, Contoh, Strukturnya Lengkap

5 (100%) 1 vote

Pengertian Teks Prosedur Kompleks, Tujuan, Ciri, Contoh dan Strukturnya

Pengertian teks prosedur kompleks – Teks prosedur adalah salah satu jenis teks yang biasanya digunakan, untuk menjelaskan tahapan atau langkah-langkah mengenai apa yang harus dilakukan atau cara membuat sesuatu. Teks prosedur ini dibagi lagi menjadi beberapa bagian. Salah satunya yaitu teks prosedur kompleks, yang juga memiliki tujuan, ciri, contoh dan strukturnya yang lengkap.

Sama halnya dengan teks prosedur pada umumnya, teks prosedur kompleks ini juga memiliki beberapa konsep dalam hal pembuatannya. Itulah yang akan kita bahas di artikel ini, mengenai apa saja yang harus dilakukan dalam membuat teks prosedur kompleks. Dengan lebih lengkap dan terperinci.

Teks Prosedur Kompleks

Di dalam teks prosedur kompleks, terdapat beberapa cara dan langkah yang harus ditempuh dalam mencapai tujuannya. Selain itu dalam pembuatan teks prosedur kompleks ini juga biasanya ditambah dengan beberapa penjelasan dan keterangannya masing-masing. Sehingga isinya lebih lengkap dibanding teks prosedur yang biasa.

Tujuan Teks Prosedur Kompleks

Tujuan dari teks prosedur kompleks ini antara lain yaitu, untuk menunjukkan atau menjelaskan bagaimana membuat sesuatu dengan tahapan yang mengurut dan rapi dari atas hingga ke bawah.

Ciri Teks Prosedur Kompleks

Sama halnya dengan teks prosedur pada umumnya, teks prosedur kompleks ini juga memiliki ciri atau pembeda di dalamnya. Antara lain sebagai berikut :

  • Berisi tahapan atau langkah-langkah
  • Pembuatannya disusun dengan cara yang informatif
  • Memiliki penjelasan yang lengkap dan detail
  • Memiliki sifat lebih objektif
  • Langkah-langkah yang dibuat di dalamnya berkelanjutan dengan tambahan penjelasan
  • Dapat menggunakan syarat tertentu atau pilihan
  • Sifatnya lebih universal
  • Aktual dan akurat
  • Logis

Ciri Kebahasaan Pada Teks Prosedur Kompleks 

  • Ada kalimat imperatif di dalamnya. Yaitu sejenis kalimat yang mengandung perintah.
  • Ada kalimat deklaratif, yaitu kalimat yang mengandung suatu pernyataan tertentu.
  • Ada kalimat interogatif yaitu kalimat berisi sebuah pertanyaan.
  • Ada bilangan yang berurutan atau angka yang memperlihatkan urutan tertentu.
  • Adanya partisipan manusia pada umumnya, atau semua manusia yang ada di dalam teks tersebut.
  • Verba material adalah suatu verba atau kata kerja yang menuju ke suatu tindakan fisik.
  • Verba tingkah laku adalah jenis verba yang menuju pada suatu sikap, yang diwujudkan dalam sebuah ungkapan. Di sini bukan sikap mental yang terlihat.
  • Konjungsi temporal merupakan konjungsi yang mengacu pada suatu urutan waktu, dan menjadi sarana kohesi teks.
  • Menggunakan kata atau kalimat yang baku.
  • Memakai konjungsi syarat.
Baca Juga :  Teks Resensi : Pengertian, Unsur, Jenis, Tujuan, Dan Manfaatnya Lengkap

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Struktur teks adalah bagian atau cara dari suatu teks yang dibangun. Struktur teks prosedur kompleks biasanya disusun oleh beberapa bagian tujuan, bagian material, kemudian diikuti dengan beberapa langkah. Penjelasan lengkapnya yaitu seperti di bawah ini :

  1. Bagian tujuan yang di dalamnya berisi tujuan dalam hal pembuatan teks prosedur kompleks. Atau bisa juga berupa hasil akhir yang dicapai seperti judul.
  2. Bagian material yang dimana berisi suatu informasi mengenai suatu alat ataupun bahan-bahan yang dibutuhkan. Tetapi tidak semua teks prosedur kompleks memiliki bagian ini. Biasanya hanya beberapa teks tertentu saja, contohnya resep olahan makanan.
  3. Bagian langkah yang di dalamnya terdapat cara-cara yang dilakukan untuk mencapai tujuannya. Bagian langkah ini biasanya harus mengurut dan urutannya tak dapat diubah.

Contoh Teks Prosedur Kompleks (1)

Cara Mencuci Pakaian Yang Benar

Mencuci pakaian tentu sudah menjadi rutinitas setiap orang sehari-hari. Kelihatannya mencuci pakaian adalah pekerjaan yang sepele, dan mudah dilakukan. Namun ternyata ada banyak hal yang harus anda perhatikan dalam mencuci pakaian. Agar baju yang dicuci benar-benar bersih, tetapi tidak mudah rusak. Inilah beberapa cara tepat dalam mencuci pakaian dengan menggunakan mesin cuci :

Simpan pakaian yang akan dicuci ke dalam mesin cuci

Pada umumnya mesin cuci ini memiliki 2 sisi, sisi sebelah kiri biasanya lebih besar dan digunakan untuk mencuci pakaian. Sedangkan sisi sebelah kanan ukurannya lebih kecil, dan digunakan untuk mengeringkan pakaian. Langkah pertama adalah, masukan baju ke sisi sebelah kiri. Pastikan bahwa baju yang akan anda cuci warnanya tidak luntur, sehingga tidak akan tercampur dengan warna baju lainnya. Pisahkan juga jenis baju melar seperti misalnya sweater.

Mengisi air secukupnya saja

Setelah pakaian dimasukkan ke dalam mesin cuci, sekarang anda bisa mengisinya dengan air. Isi air secukupnya saja, asalkan seluruh pakaian sudah tenggelam ke dalamnya. Lalu beri deterjen secukupnya juga, lalu putar tombol ke arah kanan menuju ke arah waktu kira-kira 10 menit saja. Lalu turbin pada mesin cuci pun akan mulai bergerak dan memutar.

Baca Juga :  Pengertian Teks Laporan Percobaan : Ciri, Struktur, Cara Membuat Dan Contohnya Lengkap

Setelah mesin berhenti sekitar 10 menit kemudian, buang air cucian tersebut dengan memutar kembali tombol drain. Jika air sudah terbuang semua, masukkan kembali pakaian anda lalu isi kembali dengan air seperti langkah pertama tadi.

Mengeringkan pakaian

Setelah baju atau pakaian anda dibilas sampai bersih dengan mesin cuci, kini waktunya untuk mengeringkan pakaian. Pindahkan pakaian ke sisi sebelah kanan mesin cuci lalu tutup dengan rapat. Kemudian putar tombol ke arah kanan sampai berhenti di angka 5. Yang berarti proses pengeringan akan dilakukan dalam waktu 5 menit. Jika mesin pengering sudah berhenti, maka anda tinggal menjemur semua pakaian tersebut.

Contoh Teks Prosedur Kompleks (2)

Cara Mematikan Komputer Dengan Tepat

Dewasa ini sudah banyak orang yang menggunakan komputer, baik untuk keperluan sehari-hari atau untuk bekerja. Dengan menggunakan komputer maka pekerjaan pun akan lebih mudah dilakukan. Selain itu menulis pada komputer juga akan membuat tulisan menjadi lebih rapi. Namun dengan segala kemudahannya, tentu kita harus merawat komputer dengan cara yang benar. Dengan dirawat dengan baik, maka waktu penggunaannya pun akan menjadi lebih lama. Tetapi jika tidak dirawat dengan baik, maka komputer bisa mudah rusak.

Salah satu cara merawat komputer yang mudah tapi terlihat sepele adalah, mematikan komputer dengan cara yang benar dan tepat. Mematikan komputer tidak boleh menekan tombol powernya saja. Jika hal itu dilakukan berulang kali, maka komputer anda akan menjadi mudah rusak. Laluu, bagaimana cara mematikan komputer dengan tepat. Lakukan beberapa langkah mudah berikut ini :

Pastikan bahwa seluruh aplikasi yang digunakan telah ditutup

Kesalahan yang sering dilakukan oleh para pengguna komputer adalah, membiarkan beberapa program atau dokumen pada komputer yang masih berjalan. Sehingga dokumen tersebut bisa hilang begitu saja atau lupa disimpan terlebih dahulu. Maka sebelum mulai mematikan komputer, matikan dahulu seluruh aplikasi yang anda gunakan. Misalnya microsoft word, excel, dan lain sebagainya.

Mengarahkan kursor ke bagian kanan lalu cari tombol setting

Khusus untuk windows 8, anda harus mengarahkan kursor ke bagian kanan saat akan mematikan komputer. Lalu akan keluar banyak tombol di sana, anda bisa memilih tombol setting. Setelah diklik maka akan muncul tombol power. Setelah tombol tersebut diklik, akan muncul kembali beberapa pilihan. Pilihan tersebut adalah sleep, yang dimana kegunaannya adalah membuat komputer seperti manusia yang sedang tidur. Dan dapat dibangunkan kapan saja. Pilihan yang kedua adalah tombol restart, yang fungsinya adalah untuk mematikan komputer anda tapi lalu akan hidup lagi dengan otomatis. Untuk pilihan yang ketiga adalah tombol shut down, yang berfungsi untuk mematikan komputer anda dengan total.

Baca Juga :  Musikalisasi Puisi: Pengertian, Manfaat, Cara, Metode dan Contohnya Lengkap

Jika anda ingin mematikan komputer anda secara total dan tidak akan digunakan kembali, maka anda bisa memilih tombol shut down. Beberapa detik kemudian komputer anda pun akan mati, artinya anda sudah mematikan komputer dengan cara yang tepat.

Contoh Teks Prosedur Kompleks (3)

Cara menyambungkan komputer dengan internet dengan menggunakan modem eksternal

Internet sudah menjadi suatu jenis media yang cukup revolusioner. Ada banyak pengembangan dalam penggunaan internet tersebut. salah satunya adalah dengan menggunakan modem eksternal. Namun bagaimana cara menyambungkan internet dengan menggunakan modem eksternal pada komputer? Berikut penjelasan dan langkahnya :

Pertama-tama anda harus menyiapkan komputer dan modem eksternal, pastikan modem tersebut masih dalam keadaan baik dan sudah terisi pulsa. Komputer harus dalam keadaan menyala. Setelah modem dan komputer siap, kini saanya untuk mencolokkan modem pada port yang ada. Komputer pun dengan cara otomatis akan mendeteksi keberadaan modem tersebut.

Jika modem sudah terdeteksi oleh komputer, maka anda bisa langsung menyambungkan komputer pada koneksi internet. Tetapi jika ternyata program pada modem belum terinstall, maka anda harus menginstallnya terlebih dahulu. Caranya dengan membuka setup installer modem lalu tunggu sampai proses pemasangan program selesai. Jika sudah selesai, maka modem sudah siap digunakan.

Setelah itu buka kembali program modem yang telah terinstall, kemudian klik connect untuk memulai proses penyambungan koneksi. Setelah itu internet pun sudah siap digunakan.

Demikianlah artikel lengkap mengenai teks prosedur kompleks yang juga dilengkapi dengan tujuan, ciri, macam dan beberapa contohnya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :