Pengertian Teks Laporan Percobaan : Ciri, Struktur, Cara Membuat Dan Contohnya Lengkap

5 (100%) 2 votes

Pengertian, Ciri, Struktur, Cara Membuat Dan Contoh Teks Laporan Percobaan

Pengertian Teks Laporan Percobaan – Tujuan dari dilakukannya sebuah percobaan adalah untuk memahami suatu materi, dengan melakukan eksperimen. Eksperimen ini dilakukan dengan cara mengamati, guna mengenali hubungan antara sebab dan akibat diantara gejala yang ada. Setelah selesai melakukan percobaan tersebut, maka percobaan harus dilaporkan dalam bentuk teks. Itulah yang dinamakan teks laporan percobaan.

Pengertian Teks Laporan Percobaan

Teks laporan percobaan adalah jenis teks yang isinya yaitu paparan mengenai tujuan, proses, dan hasil dari percobaan tersebut. teks laporan percobaan adalah teks yang menceritakan percobaan yang dilakukan oleh seorang peneliti.

Pada umumnya teks laporan percobaan digunakan untuk melaporkan hasil percobaan, karya ilmiah, ataupun suatu laporan praktikum. Tujuan dibuatnya teks laporan percobaan ini adalah untuk memberikan informasi, pada setiap pembaca mengenai hasil percobaan yang sudah dibuat. Teks laporan percobaan ini bersifat universal atau bersifat umum.

Ciri-Ciri Teks Laporan Percobaan

  1. Melaporkan hasil dari suatu percobaan.
  2. Melakukan percobaan ilmiah dengan dengan menguji suatu hal.
  3. Diawali dengan memaparkan tujuan dari percobaan tersebut.
  4. Memaparkan bahan dan alat apa saja yang dibutuhkan dalam pelaksanaan percobaan.
  5. Memaparkan prosedur dalam pelaksanaan percobaan dalam melakukan suatu pengamatan.
  6. Memaparkan setiap pencatatan dari hasil percobaan tersebut.
  7. Diakhiri dengan melaporkan kesimpulan dari hasil percobaan, berdasarkan dari hasil penelitian pada setiap data hasil pengamatan.
Baca Juga :  Slogan : Pengertian, Ciri, Tujuan Dan Jenisnya Lengkap

Struktur Isi Teks Laporan Percobaan

  • Judul.
  • Tujuan.
  • Bahan dan alat.
  • Langkah-langkah kegiatan.
  • Hasil percobaan.
  • Simpulan.

Cara Membuat Teks Laporan Percobaan

1. Menulis struktur teks laporan percobaan

Hal pertama yang harus dilakukan dalam membuat teks laporan percobaan adalah, dengan menulis judulnya terlebih dahulu. Kemudian tulis tujuan dari percobaan tersebut, apa saja alat dan bahan yang digunakan, serta langkah awal sampai langkah akhir dari percobaan tersebut.

Setelah itu tulis hasil percobaan dalam bentuk tabel, grafik, atau bagan dan gambar. Hal itu untuk memudahkan pembaca agar bisa memahami hasil percobaan tersebut. bila semuanya sudah selesai, lalu tulislah kesimpulan dari percobaan yang telah dilakukan.

2. Mengembangkan sebuah kerangka menjadi sebuah teks laporan

Bila anda sudah menyelesaikan kerangka yang tadi, maka anda harus mengembangkannya menjadi sebuah teks. Perhatikan bagaimana kaidah kebahasaannya, agar teks percobaan tersebut lebih mudah dipahami.

3. Menggunakan sinonim dan juga antonim

Pada umumnya terdapat kata-kata sinonim dan kata antonim pada sebuah teks laporan percobaan. Sinonim adalah sebuah persamaan kata sedangkan antonim adalah lawan kata. Di dalam teks laporan percobaan ini, antonim dan sinonim biasanya berada di bagian langkah percobaan.

4. Menggunakan kata bilangan

Selain itu teks laporan percobaan juga biasanya menggunakan kata bilangan, yang menunjukkan jumlah bahan yang digunakan pada sebuah bilangan percobaan.

5. Menggunakan kalimat yang bernada perintah

Beberapa contoh yang ada pada kalimat perintah di dalam teks laporan percobaan adalah siapkan, aduklah, hindari, tambahkan, tuangkan, sebaiknya, cmpurkan, dan lain sebagainya.

6. Menggunakan kata penghubung

Teks laporan percobaan juga biasanya menggunakan kata hubung, seperti misalnya dan, tetapi, apabila, saat, jika, sehingga, meskipun, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Contoh Teks Negosiasi : Pengertian, Ciri, Tujuan, Tahap dan Strukturnya Lengkap

Contoh Teks Laporan Percobaan

Membuat Slime Tanpa Menggunakan Boraks

Tujuan pembuatan slime :

Tujuannya adalah agar anak-anak menjadi lebih kreatif dan mampu berinovasi dalam berkreativitas. Cara membuat slime ini sangat mudah dan juga tidak menghabiskan banyak biaya.

Alat dan bahan :

  • Lem povinal secukupnya.
  • Deterjen bubuk secukupnya.
  • Deterjen cair secukupnya.
  • Pembersih lantai secukupnya.
  • Air secukupnya.
  • Alat pengaduk (mixer, sendok, atau tangan).
  • Wadah tempat slime (baskom atau yang lainnya)

Langkah pembuatan :

  • Pertama-tama campurkan dahulu lem povinal, pembersih lantai, deterjen cair, deterjen bubuk, dan air secukupnya saja ke dalam wadah slime. Bahan campuran tersebut dinamakan activator.
  • Kemudian aduk bahan tersebut sampai merata.
  • Lalu tambahkan lem povinal ke dalam campuran activator tadi.
  • Aduk kembali sampai struktur dan bentuknya sudah menggumpal.
  • Setelah itu masukkan ke dalam freezer dan diamkan selama 5-10 menit.
  • Lalu keluarkan lagi dari freezer.
  • Aduk kembali sampai bisa dimainkan.
  • Slime tanpa bahan boraks siap dimainkan.

Hasilnya :

Setelah melakukan percobaan tersebut anda bisa memiliki slime yang aman digunakan, karena tidak menggunakan boraks. Slime tanpa boraks ini sangat populer di kalangan remaja atau anak-anak.

Kesimpulan :

Dengan membuat slime sendiri yang dibuat dengan bahan yang aman, maka kreativitas dan pengetahuan pun akan semakin bertambah. Apalagi harganya murah dan terjangkau. Selain itu mainan ini juga aman bila terkena kulit, karena tidak mengandung boraks.

Demikianlah pengertian teks laporan percobaan, yang dilengkapi dengan ciri, struktur, cara membuat dan contohnya lengkap.

Baca Juga :