Pengertian Produk : Klasifikasi, Ciri dan Contohnya Untuk Perusahaan Lengkap

5 (100%) 1 vote

Pengertian, Ciri, Klasifikasi Produk dan Contohnya

Pengertian Produk – Setiap manusia akan mengkonsumsi barang yang dibutuhkannya dalam kehidupan. Barang dari hasil proses produksi di suatu perusahaan disebut dengan produk. Yang dimana produk tersebut selalu melekat dengan kehidupan manusia, sehingga tak heran jika manusia selalu membutuhkan produk apapun untuk keperluannya sehari-hari.

Pengertian Produk

Yang dimaksud dengan produk adalah hasil dari sebuah proses produksi yang dilakukan oleh produsen dari perusahaan, yang nantinya akan dijual pada setiap konsumen yang membutuhkan. Sebagian besar pendapatan perusahaan biasanya berasal dari produk yang dijual pada masyarakat, yang dimana konsumen akan membeli produk itu untuk keperluannya sehari-hari. Atau bisa juga untuk memenuhi kepuasannya. Ada banyak perusahaan yang berpendapat bahwa konsumen biasanya lebih senang dengan produk yang harganya murah, tapi dengan kualitas yang baik.

Klasifikasi Jenis Produk

Berikut ini klasifikasi dari produk yang dikonsumsi atau digunakan, diantaranya yaitu sebagai berikut :

Produk Konsumsi

Merupakan produk yang dikonsumsi oleh konsumen tingkat akhir, yang dimana konsumen membeli lalu langsung menggunakannya dan tidak menjualnya kembali. Pada umumnya produk konsumsi ini dibagi menjadi tiga bagian, diantaranya yaitu :

  • Produk untuk kebutuhan sehari-hari

Adalah jenis produk yang sering dibeli oleh konsumen karena produk ini selalu digunakan dan cepat habis. Produk sehari-hari ini biasanya digunakan dengan merk yang berbeda-beda oleh konsumen, dengan berbagai alasan. Misalnya karena kurang puas dengan merk yang sebelumnya, karena harganya lebih murah, karena terpengaruh oleh iklan, dan lain sebagainya. Produk harian tersebut diantaranya adalah sabun, pasta gigi, makanan, minuman dan lain-lain.

  • Produk belanjaan

Konsumen akan membeli produk belanjaan yang secara umum membandingkan produk yang satu dengan produk lainnya yang sejenis. Baik membandingkan dari segi harganya, spesifikasi maupun dari kualitasnya. Bukan hanya membandingkan ketiga hal itu, tetapi konsumen juga melihat bagaimana fisik produknya. Atau dengan melihat penjual dan tempat dijualnya produk tersebut. biasanya produk ini merupakan jenis produk elektronik dan fashion misalnya handphone, televisi, sepatu, jaket dan lain sebagainya.

  • Produk khusus

Produk khusus adalah produk yang terbilang mewah dan istimewa. Karena konsumen akan rela membayar dengan harga yang tinggi untuk mendapat produk tersebut. produk khusus ini contohnya motor, mobil, handphone mewah, atau produk-produk yang limited edition.

Baca Juga :  Perusahaan Dagang : Pengertian, Ciri-Ciri dan Contohnya Lengkap

Produk Industri

Adalah jenis produk yang dibeli oleh produsen di suatu perusahaan, yang kemudian akan dijual kembali dan digunakan sebagai bahan baku untuk proses produksi. Yang menghasilkan barang yang lainnya. Intinya barang atau produk industri ini akan digunakan untuk proses produksi.

  • Materials And Parts (Bahan Baku Dan Suku Cadang)

Bahan mentah atau bahan baku, biasanya digunakan oleh perusahaan untuk proses produksi. Yang menghasilkan produk lainnya yang lebih bermanfaat. Bahan mentah ini dibagi menjadi dua, yaitu produk dari hasil pertanian seperti misalnya kapas, gandum, beras, kayu dan lain sebagainya. Misalnya saja gandum yang diubah menjadi roti. Serta produk dari hasil kekayaan alam, misalnya minyak, kayu, besi dan lain sebagainya. Contohnya kayu yang diubah menjadi kursi, meja dan lemari.

Berikutnya yaitu suku cadang, komponen atau material yang sudah jadi misalnya benang. Komponen parts seperti ban dan velg pada roda kendaraan. Komponen material tersebut bisa diolah kembali menjadi benang, yang lalu diolah menjadi kain. Komponen parts adalah komponen yang termasuk ke dalam produk jadi yang tak bisa diolah kembali. Komponen ini misalnya ban atau velg, pada roda kendaraan yang digunakan di kendaraan.

  • Capital Items (Barang Modal)

Produk atau barang yang mempunyai daya tahan yang lama, barang tersebut bisa memberi kemudahan untuk perusahaan dalam mengembangkan dan mengelola suatu produk jadi. Capital item ini contohnya bangunan pada instalasi pabrik misalnya kantor, tempat bangunan produksi, mesin produksi dan lain sebagainya. Peralatan tambahannya seperti peralatan yang bersifat praktis, misalnya laptop, alat angkut barang, dan alat-alat portable lainnya.

  • Supplies And Services (Perlengkapan Dan Layanan Bisnis)

Merupakan barang yang mempunyai daya tahan yang lama yang berguna dan memberi kemudahan, dalam mengelola semua barang jadi. Misalnya supplies, yaitu suatu perlengkapan dalam operasi produksi. Contohnya pelumas mesin, bahan bakar mesin, alat tulis dan sebagainya. Business service adalah pemeliharaan yang sekaligus dengan perbaikan pada alat-alat yang mengalami gangguan, serta konsultasi dalam berbisnis contohnya konsultasi pada hukum bisnis, periklanan produk dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Apa Tugas Utama Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Ini Jawabannya

Ciri Produk Yang Disukai Oleh Konsumen

1. Awet dan tahan lama

Konsumen tentu akan menyukai produk yang awet dan tahan lama, sehingga barang tersebut tidak akan mudah rusak. Contohnya handphone yang pada umumnya rata-rata orang di Indonesia menyukai handphone yang harganya murah, tetapi dengan daya tahan yang baik. Dengan daya tahan yang baik maka banyak produk handphone yang laku dan disukai oleh masyarakat Indonesia.

2. Memiliki perawatan yang mudah

Produk yang disukai oleh konsumen biasanya yang memiliki perawatan yang mudah. Contohnya pada pakaian, bukan hanya nyaman dikenakan tapi juga harus mudah dirawat dan dibersihkan. Atau pada sepatu, yang simpel, nyaman dipakai tapi juga mudah dibersihkan.

3. Harganya murah

Sebagian besar konsumen suka dengan produk yang harganya relatif murah. Bukan hanya harganya yang terjangkau, tetapi produk itu juga harus berkualitas yang baik. Misalnya handphone, konsumen tentu akan memilih jenis handphone yang harganya murah tetapi kualitasnya baik.

Contoh Produk Yang Dihasilkan Oleh Perusahaan

Ada beberapa contoh produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaa. Diantaranya yaitu :

  1. Contoh pada makanan: Mie Instan, Sosis, Pizza, Kue, Cemilan, dll. Pada bumbu dan bahan untuk memasak misalnya seperti Minyak Goreng, Tepung Terigu, Kaldu Ayam, Mentega, Margarin, dll.
  2. Contoh pada minuman: Air mineral / air minum kemasan, minuman kaleng / botol, Susu Kemasan, dll.
  3. Contoh pada elektronik: Handphone/ telepon genggam, konsol game, televisi, komputer, laptop, dll.

Itulah penjelasan mengenai pengertian produk lengkap. Semoga menambah wawasan dan bisa bermanfaat.

Baca Juga :