Dasar Digital Marketing : Pengertian, Peran Dan Konsepnya Lengkap

5 (100%) 1 vote

Pengertian Dan Konsep Dasar Digital Marketing Lengkap

Pengertian Digital Marketing – Apa yang dimaksud dengan digital marketing? Misalnya saat anda pernah melihat brand dari suatu produk, atau yang melakukan campaign digital di dunia online. Atau anda melihat perusahaan yang memiliki alamat website atau sosial media. Maka hal itu disebut dengan digital marketing. Lalu apa saja yang mereka lakukan?

Apa Yang Dimaksud Dengan Digital Marketing?

Digital marketing adalah suatu jenis usaha yang melakukan pemasaran pada sebuah brand, atau suatu produk tertentu melalui dunia digital atau internet. Tujuan dibuatnya digital marketing adalah untuk menjangkau konsumen, atau calon konsumen dengan cepat dan tepat waktu.

Sederhananya digital marketing adalah suatu cara untuk mempromosikan produk, atau suatu brand tertentu melalui media internet. Bisa melalui iklan yang terdapat pada internet, facebook, youtube, ataupun media sosial lainnya.

Peran Digital Marketing Agency

Yang dimaksud dengan digital agency adalah sebuah jenis usaha yang bergerak di bidang jasa, yang membantu mempromosikan suatu brand atau atau produk tertentu. Sedangkan digital marketing adalah sebuah object, dan digital agency sebagai toolnya. Dengan semakin berkembangnya IT hingga saat ini, tak luput juga hal pertumbuhan digital agency. Yang dimana tujuannya adalah untuk membantu promo suatu brand atau produk.

Digital agency atau digital marketing agency akan melakukan suatu analisa, pada setiap permasalahan yang dimiliki oleh klien. Hal itu bisa berupa banyak hal seperti pengembangan, penjualan atau pembuatan suatu produk yang baru. Pada tahap ini seharusnya dilakukan dengan lebih teliti, karena jika terjadi kesalahan sedikit maka akan berakibat fatal untuk langkah selanjutnya.

Tahapan berikutnya pada digital marketing adalah untuk memberikan solusi dan rekomendasi strategi, yang berasal dari analisa permasalahan yang sebelumnya. Dalam hal ini pihak dari digital marketing dan digital agency akan melakukan brief berulang kali. Untuk memastikan strategi yang diajukan sudah sejalan dengan strategi yang dimiliki klien. Sehingga strategi yang dibuat bisa berjalan dengan lancar.

Baca Juga :  SOP : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Dan Manfaat Lengkap

Bila deal dengan strategi brief sudah dilakukan berulang kali, kemudian digital manager yang berasal dari digital marketing agency akan mendistribusikan pekerjaan ke divisinya masing-masing. Yang dapat didistribusikan ke bagian IT, Design Grafis, Marketing, media sosial, PPC, sampai ke SEO.

kemudian digital agency akan memperbaiki web milik klien, membuat design produk yang paling baru, sampai memperbaharui beberapa konten milik marketing klien. Semua itu akan didistribusikan kembali ke seluruh media klien, sehingga campaign digital pun berjalan dengan baik.

Secara garis besar dunia digital marketing ini tak dapat diprediksi. Karena sifatnya memang dinamis dan cenderung berubah-ubah.

Itulah pembahasan mengenai pengertian digital marketing era modern ini. Semoga dapat memberi manfaat.

Baca Juga :