Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli dan Secara Umum

5 (100%) 1 vote

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

ini adalah ulasan terbaru yang kami rangkum di artikel terbaru ini. Pendidikan sangat penting untuk kehidupan, di mana pendidikan dapat memenuhi kehidupan yang cerah di masa depan, baik untuk diri sendiri, sosial, lingkungan, agama, tanah air, dan bangsa. Tanpa pendidikan, kualitas diri juga akan sangat rendah, yang juga akan berdampak pada kualitas bangsa dan negara.

Pengertian dan Definisi Pendidikan  Secara Umum

Dalam bahasa Inggris, pendidikan berasal dari kata education. Dalam bahasa Latin, pendidikan berasal dari kata educatum, di mana kata-kata ini dimasukkan ke dalam 2 kata, E dan Duco, E berarti itu berkembang dari keluar ke dalam, dan berkembang dari sedikit menuju banyak, sementara Duco berarti berkembang. Dari sini, pendidikan juga bisa disebut sebagai upaya mengembangkan kemampuan diri.

Secara umum, pendidikan didefinisikan sebagai upaya sadar, nyata, dan layak dalam proses belajar dan mengajar untuk mewujudkan kualitas diri yang dapat digunakan untuk mengembangkan potensi batin sehingga mereka memiliki landasan yang kuat dalam agama, kepribadian yang baik , cerdas, pengendalian diri, memiliki pemikiran kritis, bertanggung jawab, dan memiliki keterampilan yang diperlukan, baik untuk diri sendiri maupun masyarakat.

Sementara itu, pendidikan adalah proses mengubah sikap dan perilaku seseorang atau kelompok dalam upaya untuk matang manusia melalui pelatihan dan pelatihan.

Baca Juga :  Pengertian Penyimpangan Sosial dan Dampaknya

Definisi dan Ukuran Pendidikan Menurut Pakar Pendidikan

Pendidikan umum di atas, ahli pendidikan juga mengedepankan beberapa gagasan dan pendapat yang menjelaskan pendidikan itu sendiri. Di antara para ahli yang memberikan informasi berbeda adalah sebagai berikut:

Ki Hajar Dewantoro

Ki Hajar Dewantoro atau yang lebih akrab dipanggil Bapak Pendidikan Indonesia, berpendapat bahwa pengertian pendidikan adalah bimbingan tumbuh dan berkembangnya anak. Artinya, pendidikan adalah upaya untuk memandu kekuatan untuk membuat mereka mampu tumbuh dan berkembang sebagai manusia sebagai anggota masyarakat yang dapat mencapai dan hidup dalam kehidupan mereka.

Ahmad D. Marimba

Pendidikan adalah bimbingan yang dilakukan secara bebas oleh pendidik bagi siswa dengan tujuan unik dan spiritual.

Berdasarkan UU No. 20 tahun 2003

Pendidikan adalah upaya sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran sehingga peserta mampu mengembangkan potensi batin mereka untuk memiliki kekuatan spiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan yang membutuhkan diri mereka sendiri, masyarakat, bangsa, dan negara.

Martinus Jan Langeveld

Pendidikan adalah tugas membantu siswa sehingga mereka dapat menyelesaikan tugas secara mandiri dan bertanggung jawab secara verbal dan etis. Dalam hal ini, pendidikan juga didefinisikan sebagai upaya membangun anak agar lebih dewasa.

Cartman. V.Good

Pendidikan adalah upaya untuk mengembangkan keterampilan individu, baik sikap maupun perilaku dalam masyarakat. Dengan kata lain, pendidikan adalah proses sosial di mana lingkungan yang terorganisasi seperti sekolah dan rumah mampu mengembangkan visi dan perilaku dalam diri mereka sendiri dan dalam masyarakat.

H.Horne

Pendidikan adalah alat di mana masyarakat sosial mampu mengembangkan diri dan mempertahankan idealisme.

Stella Van Petten Henderson

Pendidikan adalah kombinasi pertumbuhan dan pengembangan diri dan warisan sosial.

Baca Juga :  Pengertian Teknologi : Manfaat dan Jenis-Jenis Teknologi Lengkap

Gunning dan Kohnstamm

Pendidikan adalah proses membentuk dan membangun hati nurani, di mana seseorang mampu melakukan dan menentukan sendiri berdasarkan hati nurani.

Semoga ulasan di atas bisa membantu Anda mengenai pentingnya pendidikan ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca artikel ini.