Media Sosial : Pengertian, Ciri-Ciri dan Fungsinya Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli serta Ciri-Ciri dan Fungsi Media Sosial

Apa itu media sosial? Pengertian Media Sosial adalah media online yang berfungsi sebagai sarana interaksi sosial online di internet. Di media sosial, pengguna dapat berkomunikasi, berinteraksi, berbagi, jaringan, dan berbagai aktivitas lainnya.

Media Sosial
Media Sosial

Media sosial menggunakan teknologi berbasis situs atau aplikasi yang dapat mengubah komunikasi antara dialog interaktif. Beberapa contoh media sosial yaitu YouTube, Facebook, Blog, Twitter, dan lainnya.

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa arti media sosial, kita dapat melakukan kebalikan dari para ahli. Berikut ini adalah pemahaman media sosial menurut para ahli:

Kamus McGraw Hill

Media sosial adalah alat yang digunakan oleh orang untuk menggunakan satu sama lain dengan membuat, berbagi, dan bertukar informasi dan referensi dalam jaringan virtual dan komunitas.

Baca Juga :   AFTA : Pengertian, Anggota dan Tujuannya Lengkap

Taprial Varinder dan Priya Kanwar (2012)

Media sosial adalah media yang digunakan untuk sosial, atau menjadi sosial dengan berbagi konten, berita, foto, dan lain-lain dengan orang lain.

B.K. Lewis (2010)

Media sosial adalah label untuk teknologi digital yang memungkinkan orang untuk terhubung, berinteraksi, menghasilkan, dan mengembangkan konten pesan

Mark Hopkins (2008)

Media sosial adalah istilah yang tidak hanya mencakup berbagai platform Media Baru tetapi juga menyiratkan sistem yang terintegrasi seperti FriendFeed, Facebook, dan lainnya yang umumnya disosialisasikan. Idenya adalah bahwa berbagai platform media memiliki komponen sosial dan sebagai media komunikasi publik.

P.N. Howard and M.R Parks (2012)

Media sosial adalah media yang terdiri dari tiga bagian, yaitu: Infrastruktur informasi dan alat yang digunakan untuk mengembangkan dan media, konten Media dapat mencakup pesan pribadi, berita, novel, dan produk digital dari bentuk budaya, kemudian yang menghasilkan dan menggali media di digital bentuknya adalah individu, organisasi, dan industri.

Russo, J. Watkins, L. Kelly, dan S. Chan (2008)

Media sosial adalah alat yang memfasilitasi komunikasi, jaringan dan / atau kolaborasi dengan cara yang berani.

Chris Brogan (2010)

Media sosial adalah seperangkat alat komunikasi dan kolaborasi yang memungkinkan berbagai jenis yang berbeda tidak tersedia untuk orang biasa.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2016)

Media sosial adalah media yang digunakan oleh konsumen untuk berbagi teks, gambar, suara dan informasi video dengan orang lain dan perusahaan dan sebaliknya.

Michael Cross (2013)

Media sosial adalah istilah yang digunakan untuk menggabungkan, bertukar informasi, dan menggunakan pesan berbasis web. Karena internet selalu berkembang, berbagai teknologi dan fitur yang tersedia bagi pengguna selalu berubah. Ini membuat media sosial lebih hypernymiting referensi khusus untuk berbagai penggunaan atau desain.

Baca Juga :   Pemilu : Pengertian, Sistem, Cara dan Fungsinya Menurut Para Ahli Terlengkap

Caleb T. Carr dan Rebecca A. Hayes (2015)

Media sosial adalah media berbasis internet yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan menampilkan diri, baik secara langsung maupun tertunda, dengan jangkauan yang luas dan luas yang tidak dapat diubah dari konten yang dibuat pengguna dan persepsi interaksi dengan orang lain.

M.L. Kent (2013)

Media sosial adalah semua bentuk media komunikasi interaktif yang memungkinkan interaksi dua arah dan umpan balik.

Dave Kerpen (2011)

Media sosial adalah teks, gambar, video, dan teka-teki yang dibagikan oleh orang dan organisasi.

Lon Safko (2012)

Media sosial adalah media yang kami gunakan untuk menjadi sosial.

Joyce Kasman Valenza (2014)

Media sosial adalah platform internet yang memungkinkan individu untuk berbagi dan terus konsisten dengan komunitas mereka.

M. Terry (2009)

Media sosial hanya didefinisikan sebagai pengguna yang menggunakan teknologi penyiaran internet yang berbeda dari media cetak dan media penyiaran tradisional.

Tracy L. Tuten dan Michael R. Solomon

Media sosial adalah sarana komunikasi, kolaborasi, dan pengembangan antara orang, komunitas dan organisasi yang saling berhubungan dan saling membantu.

J. Mike Jacka dan Peter R Scott (2011)

Media sosial adalah seperangkat teknologi penyiaran berbasis web yang memungkinkan untuk mengonversi konten yang ada menjadi fitur untuk menampilkan konten dari konsumen ke penerbit.

R. Shari Veil, Tara Buehner, dan Michael J. Palenchar (2011)

Media sosial pada dasarnya adalah komunikasi antara manusia yang memiliki karakteristik keterlibatan, keterbukaan, percakapan, komunitas, dan keterhubungan.

Andreas M. Kaplan dan Michael Haenlein (2010)

Media sosial adalah kelompok aplikasi berbasis Internet yang dibangun di atas landasan ideologis Web 2.0 (yang merupakan platform koleksi media sosial) yang dapat digunakan oleh pengguna Konten Generated.

The ABC (2011)

Media sosial merangkum perangkat digital yang memungkinkan komunikasi dan berbagi jaringan. Media sosial digunakan oleh semua bidang masyarakat, bisnis, politik, media, iklan, polisi, dan layanan darurat. Media sosial telah menjadi masalah untuk penerbitan, dialog, dan tindakan seputar masalah sosial.

Baca Juga :   Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Ciri-Ciri Media Sosial

Kita bisa mendiskusikan media sosial melalui cirri-cirinya. Ini adalah beberapa warna media sosial:

1. Partisipasi Pengguna

Semua pengguna media sosial untuk mengakses dan memberikan umpan balik untuk pesan atau konten di media sosial. Pesan yang dikirim dapat dibaca atau dibaca oleh banyak orang.

2. Adanya Keterbukaan

Sebagian besar media sosial memberikan kesempatan bagi pengguna untuk berkomentar, memberi suara, berbagi, dan lainnya. Pengiriman pesan dapat dilakukan dengan bebas tanpa harus melalui Gatekeeper.

3. Ada percakapan

Minimal, media sosial mendorong interaksi konten, baik dalam bentuk reaksi dan percakapan di antara pengguna. Dan penerima pesan gratis ketika berinteraksi dengan pesan.

4. Koneksi atau Keterhubungan

Melalui media sosial, pengguna dapat terhubung dengan pengguna lain. Proses pengiriman pesan ke media sosial lebih cepat daripada media lain yang membuat banyak informasi di satu media sosial.

Fungsi Media Sosial

Setelah memahami pengertian media sosial dan cirri-ciri media sosial, tentunya kita juga perlu tahu apa fungsi dari media sosial. Berikut ini adalah beberapa fungsi media sosial secara umum:

  • Memperluas interaksi sosial menggunakan internet dan situs web.
  • Menciptakan komunikasi diologis di antara banyak audiensi (many to many).
  • Melakuakan transformasi manusia yang dulunya pengguna konten isi pesan menjadi pesan itu sendiri.
  • Bangun personal branding untuk wirausahawan atau tokoh masyarakat.
  • Sebagai media komunikasi antara pengusaha dan tokoh masyarakat dengan pengguna media sosial lainnya.

Demikian ulasan tentang Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli Lengkap serta Ciri-Ciri dan Fungsi dari Media Sosial ini yang bisa untuk Anda pelajari. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan terima kasih sudah membaca ulasan ini.