√ Indeks Buku : Pengertian, Bagian-bagian dan Contohnya Lengkap

5 (100%) 1 vote

Pengertian Indeks Buku, Bagian dan Contoh Indeks Buku

Memahami Indeks buku adalah bagian terpenting yang harus ada di setiap buku. Dapat dikatakan bahwa indeks buku juga disebut sebagai bahan bahasa Indonesia. Agar pembaca dapat lebih memahami apa yang dimaksud dengan Memahami Indeks, maka dalam artikel ini akan dibagikan juga hal-hal yang berkaitan dengan hal-hal dan juga data, yang digambarkan secara umum.

Di dalam suatu indeks buku memiliki banyak sekali berbagai istilah yang terdapat di buku tersebut dimana yang sudah tersusun berdasarkan abjad di semua istilah yang ada tersebut. Jadi, ketika si pembaca ingin mencari sebuah istilah yang ada di dalam sebuah buku, maka cukup melakukan dengan membuka bagian indeks buku dari buku tersebut.

Umumnya Indeks buku diletakan di bagian halaman paling belakang dari sebuah buku setelah Halaman daftar pustaka. Walaupun Indeks ini memiliki banyak manfaat/kegunaan dimana memudahkan pembaca dalam menemukan istilah pada sebuah buku, akan tetapi masih jarang sekali orang yang membuka Indeks buku tersebut.

Pengertian Indeks Buku

Indeks dapat diartikan sebagai kata atau istilah yang cukup penting di mana ia disusun dengan rapi berdasarkan abjad berdasarkan berbagai informasi dari tempat tersebut. Tentu saja Indeks sangat berguna dalam menemukan berbagai pilihan dalam buku, karena akan segera ditemukan. Pergerakan Indeks dari buku ada di halaman terakhir sebuah buku.

Bagian-Bagian Indeks Buku

Indeks buku dibangun atas beberapa bagian di antaranya adalah ndeks nama, indeks topik, perincian indeks topik, dan juga nomor halaman yang mana nama atu rincian topic tersebut ada. Hal itu semua adalah beberapa bagian yang membangun dari sebuah Indeks Buku. Agar lebih jelasnya silahkan anda lihat dibawah ini.

Baca Juga :  15 Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli Lengkap

Indeks nama (pengarang)

Adalah suatu susunan atau kumpulan dari berbagai nama orang disebuah indeks. Baca Juga, Aturan penulisan dan indeks pengarang.

Indeks topik (subjek/istilah)

yakni sebuah kumpulan berupa objek atau istilah yang tersusun berdasarka urutan abjad dimana istilah tersebut terdapat di dalam buku atau terkait dengan isi buku tersebut. Misalnya saja di sebuah buku geografi, indeks topic yang ada umumnya merupakan berbagai istilah yang masih ada kaitannya dengan Ilmu geografi.

Rincian Indeks Topik

adalah berbagai istilah atu subjek yang masih ada hubungannya dengan Subjek yang ada di sebuah indeks topik.

Nomor halaman

Masih termasuk dalam bagian indeks buku yang mana bertuliskan nomor-nomor halaman dimana terdapat berbagai isitilah tersebut berada.

Contoh-Contoh Indeks Buku

A

Akustia, Klara, 214

Aku sertaan, 78

Aku tak sertaan, 78

Ali, Muhammad, 43, 44

Alisjahbana, Sutan Takdir, 24, 41, 50, 53, 65, 76, 82

B

Bachri, Sutarji Colzoum, 31, 41, 54, 77, 87

Bachtiar, Toto Sudarto 22, 43, 44, 95, 99

Badudu, J.S., 40

Balada, 45-46, 48, 62-64

Dan begitupun selanjutnya C-Z. Agar anda bisa lebih memahamu dari indeks buku bisa melihat contoh gambar dibawah ini.

Demikian ulasan yang bisa Anda simak di pembhasan kali ini tentang Pengertian Indeks Buku Serta Bagian dan Contoh-Contoh Indeks Buku ini. Semoga denganadanya ulasan ini bisa membantu dan menambah wawasan Anda. Terima kasih sudah membaca ulasan ini.