Ilmu Ekonomi : Pengertian, Kelangkaan dan Penyebabnya Secara Lengkap

5 (100%) 1 vote

Pengertian, Kelangkaan, dan Penyebab Ilmu Ekonomi

Kelangkaan – Apa yang dimaksud dengan ilmu ekonomi? Secara etimologis kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani. Yaitu Oikos yang artinya rumah tangga, dengan nomos yang artinya peraturan. Ilmu ekonomi adalah sebuah ilmu yang mempelajari cara manusia, dalam memenuhi kebutuhannya dengan sumber daya yang telah tersedia.

Secara naluriah kita sebagai manusia pasti memiliki keinginan yang tak ada batasnya. Namun sayangnya sumber daya yang ada sifatnya terbatas. Misalnya anda memiliki daftar keinginan yang belum tercapai. Jumlah keinginan anda dengan uang yang anda miliki tentunya tidak sebanding. Sifat itulah yang disebut dengan kelangkaan.

Kelangkaan akan terjadi ketika jumlah kebutuhan lebih besar dari alat pemuas kebutuhan atau sumber daya.

Lima Penyebab Kelangkaan Di Hidup Manusia

Berikut ini ada beberapa penyebab kelangkaan yang ada di hidup manusia. Diantaranya yaitu :

1. Perbedaan letak geografi

Mengapa letak geografis disebut sebagai kelangkaan? Hal itu tentu dikarenakan oleh sumber daya alam yang ada di bumi kita ini, tersebar dengan cara yang tidak merata. Ada beberapa tempat yang memiliki tanah yang subur, tetapi ada juga tempat yang tidak memiliki tanah yang subur. Ada tempat-tempat yang memiliki sumber mata air yang berlimpah, namun sayangnya ada juga yang tidak.

2. Pertumbuhan penduduk

Seorang ahli ekonomi yang berasal dari Inggris yaitu Thomas Robert Maltus, menyatakan bahwa pertumbuhan penduduk yang alurnya lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan produksi, juga akan menyebabkan munculnya kelangkaan. Banyaknya jumlah penduduk di suatu tempat, artinya ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Sehingga bila pertumbuhan produksinya sedikit, maka hal itu tidak akan mencukupi kebutuhan tersebut.

Baca Juga :  Pengertian Ekonomi : Definisi, Prinsip, Motif Dan Kegiatan Ekonomi Lengkap

3. Kemampuan produksi

Beberapa faktor produksi seperti misalnya tenaga kerja, sumber daya alam, modal, kewirausahaan yang kita miliki tentu masing-masing tidak akan sama kemampuannya. Alhasil tidak semua kebutuhan kita dapat tercukupi dengan baik.

4. Perkembangan teknologi

Di negara-negara maju perkembangan teknologi disebut lebih cepat dibandingkan dengan negara-negara berkembang. Hal ini sangat berpengaruh pada terpenuhinya kebutuhan masyarakat. Dengan teknologi yang rendah pastinya hanya akan mampu memenuhi kebutuhan, yang jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan teknologi yang tinggi.

5. Bencana Alam

Bencana alam juga bisa memengaruhi jumlah sumber daya alam yang ada, hal itu juga bisa menyebabkan kelangkaan dan menganggu pemenuhan kebutuhan manusia.

Untuk menanggulangi masalah kelangkaan ini, maka kita sebagai manusia harus memiliki skala prioritas. Dengan menentukan mana kebutuhan yang lebih penting, dan harus dipenuhi terlebih dahulu. Dalam menentukan suatu hal, kita juga harus memenuhi kebutuhan yang lebih penting dan lebih mendesak terlebih dahulu. Kemudian kebutuhan yang penting tapi kurang mendesak, kemudian kebutuhan yang kurang penting tapi mendesak. Setelah semua terpenuhi barulah anda bisa menentukan kebutuhan yang tidak penting dan tidak mendesak.

Demikianlah uraian mengenai kelangkaan dan hubungannya dengan ilmu ekonomi. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda.

Baca Juga :