Pengertian Globe dan Manfaatnya Secara Umum Lengkap

5 (100%) 1 vote

Pengertian Globe dan Manfaatnya 

Pengertian Globe – Globe adalah model tiruan bola bumi yang memberikan gambaran tentang bentuk bumi sehingga mendekati bentuk yang sebenarnya. Benarkah bumi itu bulat ? Bentuk bumi yang bulat menyerupai bola, dapat dibuktikan dengan hasil pemotretan bola bumi dan ruang angkasa.

Pengertian Globe dan Manfaatnya 

Bumi mempunyai beberapa dimensi sebagai berikut :

  • Luas permukaan bumi : ± 510.066.000 km2
  • Luas daratan : 148.326.000 km2
  • Luas lautan : 361.740.000 km2
  • Keliling equator : 40.075 km
  • Keliling meridian : 40.007 km
  • Jari-jari kutub : 6.357 km
  • Jari-jari equator : 6.378 km

Dari berbagai ukuran tersebut diketahui bahwa ukuran bumi cukup besar, meskipun jika dibandingkan dengan matahari, bumi dikatakan kecil.

Untuk memudahkan dalam pembahasan mengenai bumi maka dibuatlah miniatur bumi yang disebut dengan globe Dalam globe, skala dan arah digambarkan secara benar sehingga dapat dipakai untuk bergai keperluan berikut.

  • Merencanakan perjalanan jauh, baik lewat udara mauun laut.
  • Sebagai media pembelajaran, baik dan tingkat SD, SMP,SMA, maupun Perguruan Tinggi.
  • Mentukan perbedaan waktu dan musim.
  • Sebagai informasi yang berkaitan dengan arus laut.

Kedudukan globe tidak lurus (tegak), tetapi condong dengan membentuk sudut 66½0 terhadap garis horizontal.

Kedudukan ini disesuaikan dengan kemiringan sumbu bumi. Globe memiliki dua jenis garis yang saling berpotongan. Garis yang menghubungkan kutub utara dengan kutub selatan disebut dengan garis meridian atau garis bujur. Garis yang pararel dan melintang horizontal disebut garis lintang atau garis pararel.

Garis bujur atau meridian dibagi menjadi garis bujur barat dan garis bujur timur. Garis bujur timur membentang dan 0°-180° ke arah timur (belahan bumi timur), sedangkan garis bujur barat membentang dan 0°-180° ke arah barat (belahan bumi barat). Letak garis bujur 0° disepakati di Kota Greenwich dekat Kota London, Inggris.

Baca Juga :  Bentuk - Bentuk Pasar : Pengertian, Ciri dan Contohnya Lengkap

Pembagian garis bujur ini mempengaruhi pembagian waktu di bumi. Garis lintang dibagi menjadi lintang utara dan 0°90° dan lintang selatan juga dan 0°90°. Pada lintang 0° merupakan garis equator (khatulistiwa), sedangkan pada 90° merupakan wilayah kutub.

Rotasi bumi pada porosnya mempunyai kecepatan yang berbeda antara daerah equator dengan kutub. Semakin ke arah kutub, kecepatan edar bumi semakin lambat.

Bumi berputar (360°) dalam waktu 24 jam. Kecepatan peredaran bumi adalah 15° dalam 1 jam. Di equator, 1° berkisar 111 km. Jadi, kecepatan edar bumi di equator dalam waktu satu jam adalah 1.665 km. Bagaimanakah kecepatan edar bumi di wilayah lintang tengah dengan kutub?

Baca Juga :