Global Warming : Pengertian, Penyebab dan Cara Mencegahnya

Posted on
5 (100%) 1 vote

Pengertian Global Warming, Penyebab dan Cara Mencegahnya

Global warming atau yang kita kenal sebagai pemanasan global adalah peningkatan suhu suhu rata-rata di atmosfer, laut, dan daratan di permukaan bumi. Sekarang, berdasarkan hasil penelitian, itu menunjukkan bahwa 1 abad terakhir suhu bumi telah meningkat secara dramatis dengan suhu 0,6 derajat Celcius.

Kita kini akan Belajar Bersama tentang Pengertian Global Warming yang mana sebagian besar peningkatan ini disebabkan oleh penggunaan bahan bakar fosil yang menghasilkan banyak karbon dioksida dan gas rumah kaca ke atmosfer Bumi. Penyumbang terbesar global warming adalah rata-rata negara maju.

Misalnya, seperti Amerika Serikat, Inggris, Rusia, Kanada, Jepang, Cina, dan lainnya di belahan bumi utara. Global warming dapat terjadi karena pola konsumsi dan gaya hidup negara-negara maju yang lebih tinggi dari populasi di negara maju.

Meskipun kontribusi negara-negara berkembang terhadap global warming tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan negara-negara maju atau negara-negara industri, negara-negara berkembang juga berkontribusi untuk menghasilkan karbon dioksida dengan meningkatkan industri dan perusahaan pertambangan dengan bahan baku untuk minyak dan gas, batubara, dan terutama yang dibuat dari bahan bakar fosil.

Baca Juga :   Peta : Pengertian, Unsur, Jenis dan Fungsinya Lengkap

Penyebab dari Global Warming

Efek rumah kaca

Efek rumah kaca adalah proses atmosfer yang menghangatkan planet. Efek rumah kaca terjadi karena panas dipantulkan ke permukaan bumi yang terperangkap oleh gas di atmosfer. Sehingga tidak dapat dilewatkan ke angkasa, tetapi dipantulkan kembali ke permukaan Bumi. Efek rumah kaca memiliki manfaat untuk makhluk hidup di Bumi, tetapi jika itu adalah kehidupan yang sangat berbahaya di Bumi karena dapat mempengaruhi dan mengganggu iklim.

Gas Rumah Kaca Meningkat

Gas memiliki sifat yang menjebak panas, sehingga panas yang dipantulkan dari permukaan bumi tidak dapat ditransmisikan ke cahaya karena gas, gas-gas ini adalah gas rumah kaca. Gas yang paling penting adalah karbon dioksida (CO2). penyebab peningkatan karbon dioksida adalah pembakaran bahan bakar batu bara, pembakaran minyak, pembakaran gas alam.

Penggunaan CFC yang tidak terkontrol

CFC atau Cloro Flour Carbon adalah bahan kimia yang dikombinasikan menjadi bahan untuk menghasilkan peralatan, terutama dalam peralatan rumah tangga. CFC ditemukan di lemari pendingin dan AC.

Polusi kendaraan bermotor

Kendaraan memberikan penyebab terbesar dalam global warming. Polusi yang dihasilkan oleh kendaraan berbahan bakar bensin seperti sepeda motor, mobil dan kendaraan lain di mana hasil pembuangan mereka menghasilkan gas karbon dioksida yang berlebihan. Gas karbon dioksida adalah penyebab utama global warming karena karbon dioksida adalah gas yang memerangkap panas sehingga tidak bisa keluar ke angkasa.

Pencemaran Metana oleh Pertanian, Perkebunan dan Peternakan

Metana menempati peringkat kedua sebagai penyebab utama global warming. Gas metana dapat berasal dari bahan organik yang kekurangan oksigen dari gangguan bakteri seperti sawah, sementara di peternakan, seperti usus ternak, peningkatan produksi ternak, gas metana juga dilepas ke permukaan bumi.

Baca Juga :   Pengertian Perpustakaan : Jenis Dan Tujuannya Lengkap

Penggundulan hutan

Fungsi hutan dalam menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen, jika hutan rusak oleh penebangan dan pembakaran, maka yang terjadi adalah jumlah karbon dioksida yang diserap oleh hutan sedikit, dan lebih banyak karbon terakumulasi di atmosfer yang menyebabkan global warming. . .

Pemboroson Energi Listrik

Sebagian besar energi listrik yang kita gunakan adalah hasil pembakaran dari pembakaran minyak bumi dan batu bara, di mana hasil pembakaran menghasilkan karbon dioksida.

Meningkatnya Populasi Kendaraan

Meningkatnya jumlah kendaraan sehingga karbon dioksida yang dihasilkan dari kendaraan ini akan meningkat dan tentu saja menyebabkan global warming.

Pembakaran Sampah Berlebihan

Pembakaran limbah berlebihan yang dilakukan secara massal akan menyebabkan global warming karena hasil pembakaran limbah adalah gas metana, yang dapat menjebak panas.

Mencegah Global Warming

Berikut beberapa cara untuk mencegah atau bagaimana menghadapi global warming, seperti ini:

Jangan menebangi hutan sembarangan

Kita sudah tahu bahwa hutan adalah penghasil oksigen terbesar atau paru-paru dunia dan mendaur ulang karbon dioksida. Jika banyak hutan dibersihkan secara sewenang-wenang, lalu siapa lagi yang akan mendaur ulang karbon dioksida dan yang menghasilkan kita oksigen?

Jika oksigen tidak atau tidak akan terjadi dengan CO2, jenis gas ini akan meningkatkan suhu bumi. Makhluk hidup juga bernafas membutuhkan oksigen tanpa oksigen, yang akan mati. Jadi jagalah hutan dan jangan memotong pohon sembarangan.

Kurangi penggunaan kendaraan bermotor

Gas CO2 akan menghasilkan banyak energi panas bumi, sedangkan kendaraan akan menghasilkan pembakaran dalam bentuk gas CO2. Jika semakin sedikit kendaraan bermotor yang terhubung, lebih sedikit CO2 yang akan diproduksi. Hubungan sangat buruk dengan orang lain.

Kurangi atau hindari lampu di siang hari

Tanpa kita sadari lampu akan membuat suhu panas, jika Anda tidak percaya pada lampu dalam beberapa hari dan melihat telur ayam akan menetas. Jadi tidak berlaku untuk hari jika tidak diperlukan.

Baca Juga :   Hukum Boyle : Pengertian, Rumus dan Contohnya Lengkap

Coba gunakan Transportasi Umum

Sebagian besar emisi CO2 berasal dari pembakaran bahan bakar minyak. Ini berlaku di semua bagian dunia, di mana kendaraan terhubung dengan orang lain. Dengan membangun sistem dan pengguna yang lebih baik, dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, dapat mengurangi emisi gas, dan dapat menggantikan global warming.

Penghijauan atau menanam pohon

Penanaman pohon adalah cara terbaik untuk mengurangi emisi karbon dioksida dan untuk mencegah atau mengatasi global warming. Pohon akan menyerap karbon dioksida dari atmosfer dan menghasilkan lingkungan yang kaya oksigen dan akan memperbaiki lingkungan.

Makanan vegetarian juga akan membantu mengurangi global warming. Jadi menanam pohon adalah langkah yang sangat baik untuk mencegah dan mengatasi global warming. Masih banyak cara untuk mencegah dan mengatasi global dan Kristen.

Seperti itulah peninjauan pemahaman tentang pengertian global warming, penyebab dan cara mengatasinya. Dan kami telah menjawab, semoga Anda dapat membantu dengan tugas sekolah Anda. Terima kasih sudah membaca ulasan di atas dan lebih senang lagi apabila Anda bisa membagikan ulasan ini. Terima kasih