Pengertian Fungsi Dan Cara Kerja Server Autentifikasi Lengkap

3.7 (73.33%) 3 votes

Pengertian Fungsi Dan Cara Kerja Server Autentifikasi Lengkap

Pengertian Fungsi Dan Cara Kerja Server Autentifikasi – Server autentifikasi adalah suatu jenis server yang melakukan proses validasi user, ketika memasuki sistem. Yang dimana nama dan password user yang akan masuk, akan dicek ke di database user system. Jika user dan password sudah sesuai dengan database, maka user pun diperbolehkan untuk mengakses sistem tersebut. sebaliknya bila tidak sesuai maka user pun akan ditolak untuk masuk ke sistem.

Fungsi dari server autentifikasi diantaranya yaitu :

  1. Memverifikasi atau memvalidasi identitas user yang akan masuk ke dalam sistem.
  2. Melindungi data dari user, yang tidak berhak untuk mengakses.
  3. Menjadi salah satu kesempatan bagi pengguna, dan pemberi layanan di dalam proses pengaksesan resource. Yang dimana pihak pengguna harus mampu memberikan informasi yang dibutuhkan, para pemberi layanan untuk berhak mendapat resourcenya. Sedangkan untuk pihak pemberi layanan harus mampu menjamin, bahwa pihak yang tidak memiliki hak maka tidak akan bisa mengakses resource tersebut.

Cara kerja server autentifikasi yaitu sebagai berikut :

Ketika komputer klien menghubungkan diri dengan jaringan, maka server autentifikasi akan meminta identitas dari user berupa username dan password. Yang kemudian akan dicocokan dengan data yang sudah ada pada database server autentifikasi, lalu kemudian akan ditentukan apakah user diijinkan untuk menggunakan layanan yang ada di dalam jaringan komputer.

Bila proses otentifikasi dan otorisasi berhasil dilakukan, maka proses pelaporan pun akan dilakukan dengan cara mencatat setiap aktivitas koneksi user. Dengan menghitung durasi waktu dan juga jumlah transfer data, yang dilakukan oleh user.

Contoh dari server autentifikasi diantaranya yaitu :

  1. Radius Server
  2. Proxy Server dengan NCSA Users
  3. Samba server dengan autentifikasi
Baca Juga :  Jaringan Komputer : Pengertian, Sejarah Singkat, Manfaat Dan Jenisnya Lengkap

Hubungan diantara fungsi dan juga cara kerja server auttentifikasi adalah sangat berhubungan dan juga saling menunjang. Yang dimana cara kerja server autentifikasi yang melakukan verifikasi atau validasi user, dapat mendukung terwujudnya keamanan dan dan juga jaringan.

Demikian pembahasan mengenai Pengertian Fungsi Dan Cara Kerja Server Autentifikasi yang lebih lengkap. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :