Pengertian Energi Dan Macam-Macam Bentuknya

Posted on
5 (100%) 1 vote

Pengertian Energi Dan Macam-Macam Bentuknya

Pengertian energi – Apa yang dimaksud dengan energi? Dan berasal dari mana energi tersebut? ada banyak pertanyaan di kepala kita mengenai energi. Padahal kita sering sekali mendengar kata energi tersebut. orang yang memiliki tenaga yang besar dan kuat, disebut sebagai orang dengan jumlah energi yang banyak.

Energi Adalah

Jika dilihat dari ilmu fisika, maka yang dimaksud dengan energi adalah kemampuan dalam melakukan suatu usaha. Kemampuan itu biasanya diukur dalam variabel waktu, dan seberapa besar usaha tersebut dilakukan. Tak ada pengertian atau definisi energi lainnya, selain gambaran mengenai pengertian energi itu sendiri.

Energi memiliki satuan Joule. Untuk jenis satuan lainnya yang terdapat pada energi diantaranya yaitu KWh, Erg, dan kalori yang digunakan dalam bidang tertentu untuk memudahkan. Pada konversi satuan energi dapat dilakukan melalui ketetapan seperti berikut : 1 kalori = 4,2 joule dan 1 joule = 1 waa sekon.

Bentuk-Bentuk Energi

Di dalam energi terdapat hukum kekekalan energi, hukum tersebut artinya jenis energi yang bisa hilang bahkan sampai musnah. Tetapi bentuknya dapat berubah. Berikut ini beberapa macam energi :

Energi kimia

Energi kimia merupakan jenis energi yang dibutuhkan oleh makhluk hidup. Yang penyebabnya adalah bentuk kimiawi, dan jenis energi ini dapat disimpan dalam waktu yang lama. Energi kimia ini biasanya ditemukan di dalam bahan-bahan makanan. Pada suatu metabolisme sel terdapat ATP yang merupakan salah satu bentuk dari energi kimia, yang penting dan berguna untuk manusia.

Baca Juga :   Tekanan Udara : Pengertian, Rumus dan Contoh Soalnya Lengkap

Energi kimia juga biasa terdapat pada bahan bakar yang sering kali kita gunakan, misalnya pada bensin dan minyak tanah. Energi tersebut berasal dari proses pemecahan ikatan kimia yang pada setiap susunannya kemudian menghasilkan energi.

Energi panas

Energi panas adalah bentuk atau rupa eneri yang telah berubah menjadi kalori. Penyebab munculnya energi panas ini biasanya karena adanya perubahan dari bentuk energi, contohnya reaksi energi kimia matahari yang kemudian muncul panas dan api, yang cara berpindahnya yaitu melalui radiasi.

Energi bunyi

Salah satu bentu energi lainnya yaitu energi bunyi. Bunyi ini dapat dihasilkan dari suatu tabrakan, tumbukan, dan peristiwa lainnya yang dapat menghasilkan bunyi. Selama terdapat penghantar dari udara atau benda-benda lainnya. Satuan bunyi tersebut adalah desibell.

Energi listrik

Energi listrik adalah salah satu jenis energi yang paling banyak digunakan dan sangat penting bagi kehidupan manusia. Penyebab munculnya energi listrik adalah adanya perbedaan muatan diantara 2 buah titik penghantar. Energi listrik ini dihasilkan oleh beberapa jenis pembangkit tenaga listrik.

Energi listrik diperoleh dari perubahan berbagai sumber energi misalnya saja air, panas, angin, cahaya, dan bahan bakar fosil atau kimiawi. Energi tersebut kemudian dikonversi menjadi bentuk pada energi listrik, yang didapatkan dari perputaran turbin yang merupakan dinamo. Lalu menghasilkan sebuah medan listrik.

Sedangkan pada cahaya energi listrik ini berasal dari reaksi fotovoltaik di bagian permukaannya. Hal itu mengakibatkan perbedaan muatan, yang kemudian menghasilkan suatu energi listrik.

Energi gerak

Energi gerak merupakan jenis bentuk dasar dari energi, sesuai dengan namanya energi gerak ini timbul dari suatu benda atau zat yang bergerak. Saat suatu benda atau zat bergerak, maka gerakan tersebut disebut dengan energi. Sama halnya dengan perubahan energi air yang dapat memutar baling-baling turbin, untuk menghasilkan energi listrik.

Baca Juga :   Berat Jenis : Pengertian dan Rumusnya Lengkap

Energi nuklir

Energi nuklir adalah jenis energi yang terdapat pada setiap materi atau zat, yang tersusun atas beberapa atom dan material penyusun atom seperti misalnya elekton, neutron dan proton. Energi nuklir juga merupakan energi listrik yang sifatnya lebih spesifik, dan membutuhkan usaha yang lebih besar saat menggunakannya.

Energi nuklir dapat diperoleh dari proses yang lebih rumit. Di masa sekarang energi nuklir hanya dapat diambil dari materi yang sifatnya seperti radioaktif, serta tidak stabil dengan inti yang berat seperti uranium dan plutonium. Sedangkan untuk jenis atom lainnya biasanya terbilang lebih sulit.

Energi nuklir yang ada sesuai dengan rumus E = mc2. Energi yang lebih besar dapat dihasilkan dari jumlah massa yang lebih sedikit. Contoh dari reaksi nuklir misalnya matahari yang terus bersinar, kemudian pembangkit tenaga nuklir atau reaktor nuklir dan juga bom atom.

Itulah ulasan mengenai pengertian energi dan penjelasan lainnya yang lebih lengkap, yang semoga dapat menambah wawasan kita semua.

Baca Juga :