Pengertian Ekstensifikasi, Diversifikasi dan Intensifikasi Serta Cara Meningkatkan Hasil Produksi

Rate this post

Pengertian Ekstensifikasi, Diversifikasi dan Intensifikasi Beserta Cara Meningkatkan Hasil Produksi

Peningkatan jumlah dan mutu hasil produksi –¬†Kebutuhan manusia semakin hari semakin bertambah, baik jumlah maupun mutunya. Di Indonesia misalnya, jumlah penduduk tiap tahun bertambah sekitar 1,5% atau rata-rata bertambah tiga juta penduduk flap tahunnya. Seiring dengan pertambahan penduduk dan semakm majunya kebudayaan, mengakibatkan kebutuhan penduduk juga semakin meningkat.

Peningkatan jumlah dan mutu hasil produksi

Masyarakat modern lebih beragam kebutuhaimya bila dibanding dengan masyarakat yang masth rendah tingkat kebudayaannya. Namun, dewasa ini masyarakat di pelosok-pelosok desatelah menikmati dan merasakan pemenuhan kebutuhan-kebutuhannya, seperti sepeda motor, listrik, televisi, dan radio.

Untuk memenuhi kebutuhan yang semakin bertambah dengan semakin majunya kebudayaan, maka perlu peningkatan jumlah dan mutu hasil produksi. Peningkatan jumlah dan mutu hasil produksi bertujuan sebagai berikut.

  • Agar kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi.
  • Hasil yang bermutu dapat bersaing di pasar dalam negeri dan luar negeri sehingga pendapatan para penghasil lebih meningkat.
  • Membuka lapangan kerja baru sehingga mampu mengurangi pengangguran.
  • Pemasaran hasil produksi lebih luas.

Sasaran yang ingin dicapai pemerintah Indonesia adalah peningkatan hasil produksi melalui diversifikasi usaha hasil pertanian dan peningkatan intensifikasi serta ekstensifikasi. Dengan sasaran mi, dapat diketahui bahwa peningkatan jumlah dan mutu hasil produksi dapat dilaksanakan dengan dua cara, yaitu dengan menambah sumber daya (faktor produksi), dan tanpa menambah sumber daya.

  • Peningkatan jumlah dan mutu hasil produksi dengan menambah sumber daya dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan ekstensifikasi dan diversifikasi.

Ekstensifikasi

Adalah usaha peningkatan hasil produksi dengan menambah faktor produksi. Misalnya, petani ingin meningkatkan hasil produksinya dengan menambah luas tanahnya atau menambah pekerjanya, dan perusahaan industri ingin menambah hasil produksinya dengan menambah mesin atau pabriknya.

Baca Juga :  Pengertian Desa Menurut UU No 16 Tahun 2014

Diversifikasi

Adalah usaha peningkatan hasil produksi dengan penganekaragaman faktor produksi. Misalnya, petani menanam jagung, di sela-sela tanaman jagung ditanami lagi kacang tanah (ini biasa disebut tanaman tumpang sari).

  • Peningkatan jumlah dan mutu hasil produksi tanpa menambah sumber daya ekonomi (faktor produksi) dilakukan dengan cara intensifikasi.

Intensifikasi

Adalah peningkatan hasil produksi tanpa menambah faktor-faktor produksi. Misalnya, petani ingin meningkatkan hasil padi dan palawijanya dengan melaksanakan panca usaha tani, yaitu mengolah tanah dengan baik, memilih bibit unggul, mengairi dengan teratur, memberi pupuk yang teratur, dan memberantas hama tanaman.

Baca Juga :