Pengertian Ekonomi : Definisi, Prinsip, Motif Dan Kegiatan Ekonomi Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote

Pengertian Ekonomi : Definisi, Prinsip, Motif Dan Kegiatan Ekonomi Lengkap 

Pengertian ekonomi – Di dalam kehidupan manusia, pasti kita tidak akan lepas dari hal-hal yang berhubungan dengan ekonomi. Atau berhubungan dengan keuangan dan pendapatan. Ekonomi dalam kehidupan sehari-hari mencakup banyak hal. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai definisi ekonomi, prinsip ekonomi, motif ekonomi, dan berbagai macam kegiatan ekonomi secara lengkap.

Pengertian Ekonomi Yaitu

Apakah yang dimaksud dengan ekonomi? Ekonomi adalah suatu ilmu sosial yang di dalamnya terdapat kegiatan manusia, yang juga berhubungan dengan segala aktivitas dalam bidang produksi, distribusi, serta konsumsi terhadap segala jenis barang dan jasa.

Definisi dari ekonomi adalah segala hal yang berkaitan dengan upaya dan juga daya pada manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan tujuan untuk mencapai tingkat kemakmuran dalam hidupnya.

Istilah atau kata dari ekonomi ini berasal dari bahasa Yunani, yaitu Oikos. Yang dimana artinya adalah keluarga atau rumah tangga. Dan juga berasal dari kata Nomos yang artinya suatu peraturan atau hukum. Jika dilihat dari asal katanya maka pengertian ekonomi secara umum adalah, manajemen di dalam rumah tangga atau suatu aturan yang terdapat di dalam kehidupan rumah tangga.

Bagaimana dengan motif ekonomi, apa saja yang termasuk ke dalam motif ekonomi? Pengertian dari motif ekonomi adalah alasan seseorang dalam melakukan suatu kegiatan yang berhubungan dengan ekonomi. Motif ekonomi dibagi menjadi beberapa macam, diantaranya yaitu :

  1. Motif dalam hal memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pada umumnya motif ini dilakukan oleh konsumen, contohnya ketika seseorang membeli kebutuhan pokok dalam hidupnya misalnya membeli beras, lauk pauk, dan lain sebagainya.
  2. Motif dalam mencari suatu keuntungan. Untuk motif yang satu ini biasanya akan dilakukan oleh seorang penjual. Misalnya menjual segala jenis kebutuhan pokok manusia, untuk mendapatkan keuntungan.
  3. Motif penghargaan terhadap sesuatu.
  4. Motif dalam mendapatkan kekuasaan.
  5. Motif dalam hal sosial atau tolong menolong antar sesama manusia.
Baca Juga :   Sistem Ekonomi Sosialis : Pengertian dan Contohnya Lengkap

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami definisi dari ekonomi, simak penjelasan berikut mengenai pengertian ekonomi yang merujuk pada beberapa pendapat dari para ahli. Berikut penjelasannya :

1. Robbins

Pengertian ekonomi menurut Robbins adalah, sebuah studi mengenai tingkah laku manusia. Dengan tujuan yang dihadapkan pada ketersediaan sumber daya, dalam mencapai tujuan.

2. Alfred Marshall

Definisi ekonomi menurut Alfred Marshall adalah, sebuah studi tentang manusia dalam menjalani kehidupan, seperti bergerak, berpikir, dan lain sebagainya dalam konteks kehidupan sehari-hari manusia tersebut.

3. John Adam Smith

Pengertian ekonomi menurut John Adam Smith adalah, sebuah penyelidikan mengenai suatu keadaan dan penyebab dari kekayaan suatu negara.

4.John Stuart Mill

Pengertian ekonomi menurut John Stuart Mill adalah, ilmu yang mengurusi penciptaan nilai tukar suatu barang atau jasa. Yang tentu dapat meningkatkan jumlah kekayaan dan juga kemakmuran di dalam suatu negara.

5. Hermawan Kertajaya

Pengertian ekonomi menurut Herman Kertajaya adalah, suatu wadah yang terdapat pada sektor industri.

Prinsip Ekonomi

Di dalam ekonomi juga terdapat beberapa prinsip yang mendasari ekonomi. Prinsip ekonomi terdiri dari beberapa hal seperti berikut ini :

1. Prinsip produksi

Prinsip produksi adalah perekonomian yang memiliki peran dalam hal pengadaan produk. Baik produk pada barang maupun jasa. Di dalam proses produksi ini biasanya membutuhkan biaya dan juga usaha dalam pelaksanaannya. Suatu aktivitas produksi akan membuka lapangan pekerjaan untuk menghasilkan suatu produk tertentu.

2.Prinsip distribusi

Prinsip distribusi dalam bidang ekonomi adalah, suatu kegiatan dalam menyalurkan atau mendistribusikan suatu produk, kepada para konsumen. Kegiatan distribusi ini biasanya akan dilakukan dengan memperhitungkan waktu, agar produk yang disalurkan dapat tiba di tujuan dengan tepat waktu.

Contohnya dalam hal pengiriman buah-buahan dan juga sayuran dari petani ke penjual yang ada di pasar. Proses pendistribusian ini biasanya akan dilakukan pada dini hari, hal itu dilakukan agar kualitas dari sayur dan buah-buahan tersebut tetap dalam keadaan baik ketika dibeli oleh konsumen.

Baca Juga :   10 Mata Pencaharian Penduduk Indonesia Terlengkap

3. Prinsip konsumsi

Prinsip konsumsi pada ekonomi adalah, segala kegiatan dalam penggunaan suatu produk. Yang dilakukan oleh setiap manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Contohnya ada seorang pemilik rumah yang mengganti genteng rumahnya yang telah rusak. Hal itu ia lakukan agar ia merasa nyaman, karena atap rumahnya tidak lagi bocor saat hujan turun.

Motif Ekonomi

Yang dimaksud dengan motif ekonomi adalah segala hal yang menjadi dorongan dan atau adanya suatu alasan, yang kemudian membuat seseorang bertindak sesuatu. Yaitu tindakan dalam hal ekonomi, baik yang berasal dari dirinya sendiri maupun dari luar dirinya. Pada umumnya motif ekonomi ini dibagi menjadi 2 macam, yaitu :

1. Berdasarkan asalnya dibagi kembali menjadi :

a. Motif intrinsik

Yaitu adanya suatu dorongan yang berasal dari dalam diri manusia dalam melakukan suatu kegiatan ekonomi. Contohnya adalah seorang manusia akan mencari makanan ketika dirinya merasa lapar.

2. Motif ekstrinsik

Yaitu adanya dorongan atau pengaruh yang asalnya dari luar diri manusia, agar manusia tersebut melakukan suatu kegiatan ekonomi. Contohnya ketika seseorang membeli rumah karena melihat orang yang lain membeli rumah.

2. Berdasarkan pertimbangan ekonomi dibagi kembali menjadi beberapa macam yaitu :

a. Motif untuk selalu bertahan hidup

Munculnya dorongan dari dalam diri manusia untuk mempertahankan hidupnya, sehingga manusia tersebut akan melakukan segala cara untuk mempertahankan hidupnya. Contohnya yaitu seseorang akan bekerja agar ia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya seperti makanan.

b. Motif untuk mendapat keuntungan

Merupakan keinginan manusia dalam mendapat keuntungan dari suatu kegiatan ekonomi. Motif ini biasanya dimiliki oleh seorang pedagang atau produsen suatu produk. Contohnya ketika seseorang menjual barang atau jasa pada orang lain, dan dia akan mendapat keuntungan dari penjualan itu.

c. Motif untuk mendapat suatu penghargaan

Adanya dorongan yang berasal dari dalam diri manusia untuk melakukan kegiatan ekonomi, karena orang tersebut ingin mendapat penghargaan. Penghargaan karena prestasi yang diraih ataupun karena jasa yang dilakukan orang tersebut.

Kegiatan Ekonomi 

Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh setiap manusia, tentu meliputi berbagai macam hal. Misalnya dalam hal aktivitas produksi, distribusi, dan juga konsumsi. Berikut ini penjelasan mengenai macam-macam kegiatan ekonomi yang sering kali dilakukan oleh manusia. Diantaranya yaitu :

Baca Juga :   Kebutuhan Pada Manusia : Pengertian, Jenis-Jenis dan Contohnya Lengkap

1. Kegiatan produksi

Kegiatan produksi biasanya memiliki tujuan yaitu menghasilkan suatu jenis produk, baik dalam bentuk barang maupun jasa. Pelaku dalam kegiatan produksi ini adalah, pengusaha yang ada dalam berbagai bidang industri misalnya seorang pengusaha agribisnis, pengusaha furnitur, konsultan dan lain sebagainya.

Barang ataupun jasa yang dihasilkan oleh suatu kegiatan produksi nantinya akan disalurkan pada setiap konsumen untuk memenuhi kebutuhan mereka. Kegiatan produksi ini dilakukan oleh produsen, dalam memenuhi kebutuhan para konsumen.

2. Kegiatan distribusi

Kegiatan distribusi adalah suatu jenis kegiatan dalam menyalurkan produk baik barang maupun jasa, dari suatu lokasi ke lokasi yang paling dekat dengan konsumen. Proses distribusi ini akan sangat krusial di dalam kegiatan ekonomi. Karena hal itu akan dapat mewujudkan keselarasan diantara kebutuhan dan juga ketersediaan produk, yang memang dibutuhkan oleh para konsumen.

Proses distribusi biasanya bukan merupakan suatu aktivitas tunggal, tapi merupakan perpaduan dari berbagai macam aktivitas. Kegiatan dalam distribusi ini biasanya terdiri dari aktivitas pengangkutan barang, proses pengemasan, penyimpanan, standarisasi kualitas barang dan lain sebagainya.

Kegiatan di dalam distribusi ini meliputi banyak hal yang saling berhubungan. Dengan tujuan akhir yaitu menyalurkan barang yang dibutuhkan oleh konsumen, dan dapat tiba di tempat konsumen tepat waktu dan dengan kondisi barang yang masih baik.

3. Kegiatan konsumsi

Kegiatan konsumsi adalah aktivitas dalam memakai atau menggunakan suatu jenis barang atau jasa, yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Contohnya yaitu :

  • Membeli bahan makanan untuk kemudian diolah menjadi makanan yang kita makan
  • Membeli baju atau celana untuk dikenakan oleh kita setiap hari
  • Menggunakan daya listrik untuk menyalakan berbagai macam alat elektronik

Demikian penjelasan lengkap mengenai pengertian ekonomi, prinsip, motif, dan kegiatan ekonomi secara keseluruhan. Semoga isi dari artikel ini memberi manfaat bagi setiap pembaca.

Baca Juga :