27 Pengertian Disiplin dan Manfaatnya Menurut Ahli Paling Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote

Pengertian dan Manfaat Disiplin Menurut Ahli

ini adalah ulasan terbaru yang kami rangkum dalam artikel baru ini. Disiplin adalah rasa kepatuhan terhadap nilai tepercaya yang menjadi tanggung jawabnya. Disiplin adalah taat pada aturan atau kendali pengawasan dan kontrol.

Di artikel ini kita akan mempelajari kata disiplin berasal dari kata Latin Discere yang artinya belajar. Berdasarkan kata tersebut, muncul kata Disciplina muncul yang berarti pekerja atau pelatihan. Dalam Bahasa Inggris displin yang berarti pengikut atau murid. Untuk lebih jelasnya, silakan simak ulasan tentang pemahaman disiplin menurut para ahli di bawah ini dengan seksama.

Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli

Sanjaya (2005: 9)

Pengertian disiplin yang terintegrasi menurut Sanjaya adalah suatu keharusan bagi setiap siswa, dengan disiplin belajar, tujuan pendidikan akan lebih mudah dicapai.

Zainal (2009: 2)

Pengertian disiplin menurut Zainal adalah aspek kehidupan yang harus termanifestasi dalam masyarakat. Oleh karena itu, saya ingin mendapatkan perhatian dari semua pihak yang sama di sekolah atau di luar sekolah.

Baca Juga :   Hujan : Pengertian dan Jenisnya Lengkap

Rachman

Pengertian disiplin menurut Rachman adalah upaya untuk mendidik diri sendiri dan sikap mental individu atau masyarakat dalam mengembangkan dan mematuhi aturan dan aturan berdasarkan dorongan dan kesadaran yang muncul dari dalam leher.

Hasibuan (2002)

Pengertian kedisiplinan menurut Hasibuan adalah sikap orang-orang dan aturan yang berlaku, baik secara tertulis dan tidak serta tanggung jawab untuk menerima tanggung jawab tugas dan wewenang yang diberikan nyata.

Fathoni (2006)

Pemahaman disiplin menurut Fathoni jika di mana karyawan selalu datang dan pulang pada waktu yang tepat ditentukan oleh kepala manajer, pimpinan masing-masing instansi.

Departemen Pendidikan Nasional (2001)

Pengertian disiplin menurut Kementerian Pendidikan Nasional adalah sikap yang konsisten dalam melakukan berbagai hal. Menurutnya, disiplin adalah sistem dalam melakukan sesuatu. Menurut pandangan ini disiplin adalah sikap yang berkaitan dengan sesuatu yang merupakan aturan atau sudah menjadi ketentuan.

Atmosudirjo di Atmodiwirjo (2000)

Pengertian Disiplin menurut Atmosudirjo adalah bentuk ketaatan dan pengendalian diri dari rasionalisme, sadar, tidak emosional. Disiplin yang diberikan adalah bentuk-bentuk aturan rasional.

Flippo di Atmodiwirjo (2000)

Pengertian disiplin menurut Flippo adalah bisnis apa pun yang mengoordinasikan sesuatu yang akan datang dengan penggunaan hukum dan penghargaan.

Siswanto (2001)

pengertian disiplin menurut Siswanto adalah sikap menghormati, menghormati, patuh, dan patuh terhadap peraturan yang berlaku, yang keduanya juga tidak bisa dilakukan dan tidak menghindar untuk menerima tekanan-wastafel yang digunakan untuk tugas dan wewenang yang diberikan.

James Drever (Sisi Psikologis)

Pemahaman disiplin berdasarkan James Drever adalah kemampuan mengendalikan perilaku yang berasal dari dalam diri seseorang sesuai dengan hal-hal yang telah ditentukan dari luar atau norma yang ada. Dengan kata lain, disiplin dalam hal psikologi adalah perilaku yang muncul dan mampu menyesuaikan dengan aturan yang telah ditetapkan.

John Macquarrie (aspek etika)

Pengertian disiplin menurut John Macquarrie adalah sifat kehendak dan perbuatan seseorang dalam kerangka hukum yang telah dikaitkan dengan tujuan tertentu.

Baca Juga :   Perpustakaan : Pengertian, Jenis, Tujuan dan Contohnya Lengkap

Pratt Fairshilf (Sisi Sosiologi)

Pengertian Disiplin menurut Pratt Fairshilt adalah disiplin yang terdiri dari dua bagian, yaitu disiplin dari dalam dan juga disiplin sosial. Seseorang yang memiliki sikap disiplin adalah orang-orang yang dapat mengarahkan perilaku dan tindakan mereka berdasarkan standar atau batasan perilaku yang mungkin ada dalam kelompok atau lingkup sosial masing-masing.

Wikipedia

Pengertian disiplin menurut Wikipedia adalah perasaan ketaatan dan kepatuhan terhadap nilai-nilai tepercaya sebagai tanggung jawabnya.

Merriam

Definisi disiplin berdasarkan Merriam adalah urutan pola perilaku dan perlindungan diri dari aturan atau sistem aturan yang berlaku.

Blaine

Pengertian disiplin menurut Blaine adalah pengendalian diri atas keinginan dan dasar yang lebih banyak. Disiplin sangat penting dalam kehidupan sehari-hari yang disebut kehidupan seseorang akan menjadi lebih tertib dan teratur sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku di masyarakat.

Hougton

Pengertian disiplin menurut Hougton adalah pola perilaku yang diharapkan menghasilkan karakter tertentu, meningkatkan moral dan mentalitas secara lebih teratur. Disiplin adalah kontrol dengan perintah atau perintah. Disiplin militer adalah metode sistematis untuk menjual ketaatan.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian disiplin menurut KBBI adalah urutan (di sekolah, militer, dll.); ketaatan (kepatuhan) terhadap peraturan (aturan dan sebagainya); bidang studi yang memiliki objek, sistem dan metode tertentu.

Rivai (2010: 825)

Pengertian disiplin kerja menurut Rivai adalah fungsi yang digunakan oleh manajer untuk berkomunikasi dengan tenaga kerja sehingga mereka bersedia untuk mengembangkan perilaku dan juga sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kesediaan seseorang yang mematuhi semua peraturan.

Mangkunegara (2013: 129)

Pengertian Disiplin menurut Mangkunegara adalah aktivitas manajemen untuk memperkuat literatur organisasi.

Manfaat disiplin

Manfaat dari sikap misi adalah sebagai berikut:

Kepekaan bertumbuh

Anak-anak yang tumbuh menjadi peka / lembut dan percaya pada orang lain. Sikap ini bisa membuatnya lebih mudah mengekspresikan perasaannya kepada orang lain, termasuk orang tuanya. Anak-anak akan mudah mengeksplorasi perasaan orang lain juga.

Baca Juga :   Budi Utomo : Tokoh Pendiri, Sejarah Lengkap, Perkembangan dan Hasil Kongres Budi Utomo

Tumbuhnya Kepedulian

Dengan mengajarkan anak-anak untuk memiliki integritas, selain mampu memikul tanggung jawab, dapat menyelesaikan masalah dengan baik, cepat, dan mudah.

Mengerjakan Keteraturan

Seorang anak akan dapat memiliki gaya hidup yang teratur dan dapat mengelola waktu yang dibayar dengan baik.

Menumbuhkan Ketenangan

Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa bayi yang pendiam / jarang menangis dapat mempengaruhi lingkungan sekitarnya dengan baik. Dia juga lebih banyak berinteraksi dengan orang lain di tahap berikutnya.

Menumbuhkan Keyakinan

Sikap ini berkembang menjadi anak-anak yang diberikan kepada orang-orang yang dapat bekerja sendiri.

Pertumbuhan Kemandirian

Belajar mandiri dapat memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Anak-anak juga dapat menjelajahi lingkungan dengan baik. Disiplin adalah panduan yang tepat bagi anak-anak untuk dapat atau mampu mempertahankan pilihan yang bijaksana.

Tumbuhnya Keakraban

Dengan kemampuan beradaptasi yang terus diasah, anak-anak akan menjadi lebih akrab dan ramah kepada orang lain.

Membantu Pengembangan Otak

Ketika seorang anak berusia 3 tahun, pertumbuhan otak sangat cepat, ini adalah bagaimana dia menjadi peniru perilaku terampil. Ia dapat meniru secara sempurna perilaku orang tua yang disiplin, dengan sendirinya akan membentuk kebiasaan dan sikap positif.

Bantuan Anak-Anak yang “Sulit”

Terkadang untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus kita melupakan mereka dan memerlukan perlakuan khusus, dengan disiplin untuk menggambarkan keteraturan anak-anak dengan kebutuhan khusus yang dapat hidup lebih baik.

Menumbuhkan Sikap Patuh

Dengan disiplin anak akan mengacu pada aturan yang ditetapkan oleh orang tua atas kemauan mereka sendiri.

Demikian penjelasan dari artikel yang berjudul  Manfaat dan Pengertian Disiplin Menurut Ahli Paling Lengkap. Semoga ini bisa bermanfaat dan terima kasih sudah membaca artikel ini.

Anda juga bisa mempelajari Candi di Indonesia yang Kaya Akan Sejarah