Aplikasi : Pengertian, Sejarah dan Fungsinya Lengkap

4.2 (84.44%) 18 votes

Pengertian Aplikasi dan Sejarah Perkembangan Aplikasi

ini adalah informasi terbaru yang bisa Anda simak di artikel kali ini. Aplikasi apa yang telah Anda instal di laptop atau ponsel cerdas Anda? Di era modern ini, aplikasi adalah komponen terpenting dalam perangkat. Peran aplikasi sering ditemukan di berbagai bidang kehidupan, seperti pendidikan, hiburan, bisnis dan lain-lain. Selain itu, metode yang digunakan untuk mendapatkan aplikasi ini sangat mudah, membutuhkan biaya yang kecil dan ada pula yang gratis.

Aplikasi dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman, seperti C, C ++, Java, PHP, Python dan banyak lagi. Pada dasarnya, aplikasi dibangun untuk memproses instruksi dari pengguna sebagai input dan output hasil yang diinginkan sebagai output.

Misalnya, dalam aplikasi browser web Anda mengetik “Buku Digital” sebagai masukan dan dibutuhkan beberapa detik untuk informasi tentang buku digital yang akan dihasilkan. Dari contoh ini dapat dibuktikan bahwa aplikasi ini memudahkan banyak orang. Saat ini, banyak programmer menampilkan aplikasi buatannya ke publik.

Dalam artikel ini, saya akan membahas dan menjelaskan secara lengkap definisi aplikasi, fungsi dan contoh aplikasi. Dengan memahami seluk beluk aplikasi ini, kami berharap Anda dapat menggunakan fungsi aplikasi dengan benar. Bukan hanya menggunakannya, yuk langsung saja kita Belajar Bersama tentang penjelasan aplikasi di bawah ini.

Pengertian Aplikasi

Hari ini, banyak orang telah menggunakan aplikasi ini. Namun, beberapa orang mengerti definisi aplikasi. Jadi, apa definisi dari aplikasi tersebut? Kata aplikasi diadopsi dari bahasa Inggris “aplikasi” yang berarti penggunaan, aplikasi. Pemahaman aplikasi yang komprehensif adalah aplikasi perangkat lunak yang dikembangkan untuk melakukan tugas-tugas tertentu.

Baca Juga :  7 Ciri dan Contoh Orang Yang Kreatif Dalam Wirausaha

Dalam perkembangannya, aplikasi dibagi menjadi aplikasi desktop, aplikasi web dan aplikasi mobile. Aplikasi yang hanya dapat dijalankan di perangkat PC / PC disebut aplikasi desktop. Aplikasi dijalankan jika ada koneksi internet. Sedangkan aplikasi seluler adalah aplikasi yang dapat berjalan di perangkat seluler. Aplikasi dapat dijalankan di berbagai perangkat yang dioperasikan oleh OS (Operating System) yang terdapat dalam perangkat.

Beberapa fitur yang menunjukkan kualitas aplikasi, yaitu aplikasi dapat memenuhi kebutuhan pengguna, merespon instruksi dengan cepat, dapat berjalan di berbagai platform, dan membutuhkan sumber daya yang rendah (prosesor, memori, media penyimpanan).

Sejarah Perkembangan Aplikasi

Sebelum aplikasi pertama di dunia ditemukan, ada sejarah yang sangat panjang dalam proses mencari aplikasi. Jauh sebelum aplikasi di komputer dapat berjalan secanggih ini, semua perangkat lunak (perangkat lunak) selalu bergantung pada aljabar Boolean. Aljabar ini menggunakan kode digit biner (bit) yang terdiri dari dua angka, yaitu 1 (true / on) dan 0 (salah / off). Kompleksitas (terlalu lama) menggunakan kode digit biner ini membuat orang pada saat itu mulai membuat kelompok-kelompok bit yang terdiri dari nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 byte), dan doubel word (32 bit)

Kehadiran kelompok-kelompok kecil ini cukup membantu dalam berbagai kegiatan yang dilakukan dalam perangkat lunak komputer. Dengan berbagai kelompok bit yang ada pada saat itu, orang mulai menyusun kode ke berbagai struktur instruksional seperti transfer, operasi logika, dan penyimpanan, sampai akhirnya kode baru terbentuk yang kita kenal sebagai nama assembler. Kode assembler ini nantinya akan menjadi pelopor berbagai macam aplikasi yang sekarang dapat memfasilitasi berbagai aktivitas manusia.

Fungsi Aplikasi

Aplikasi ini memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi banyak orang. Untuk itu, Anda harus mengetahui fungsi aplikasi dalam berbagai bidang kehidupan sebagai berikut:

  1. Pendidikan

Aplikasi dapat digunakan sebagai bahan. Misalnya, membuat materi presentasi untuk animasi agar lebih menarik dengan menggunakan Microsoft Powerpoint. Dengan demikian, atmosfer akan memberikan kenyamanan dan mencapai hasil yang maksimal.

  1. Kedokteran

Sangka apakah ada aplikasi yang dikembangkan khusus untuk bidang medis. Misalnya, ada aplikasi untuk mendiagnosis penyakit, perawatan rutin, bahkan mencampur obat-obatan. Dengan demikian, Anda dapat memeriksa sendiri melalui aplikasi.

  1. Bisnis

Dalam bisnis, dana harus diperoleh. Jika laba dihitung secara manual, itu akan memakan waktu lama. oleh karena itu diperlukan untuk aplikasi besar.

  1. Sains

Dengan aplikasi ini akan membantu Anda untuk mendapatkan informasi yang berhubungan dengan pengetahuan. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk Anda. Ini membantu Anda memperluas pengetahuan Anda.

  1. Militer

Saat ini, banyak aplikasi dikembangkan di bidang pertahanan. Misalnya, untuk mengendalikan pesawat tidak lagi dilakukan secara manual tetapi menggunakan aplikasi. Dengan demikian, hasil yang diperoleh menjadi lebih maksimal.

Pelajari lebih tentang : Pengertian Disiplin Menurut Ahli Paling Lengkap