Pengertian Adab Dan Definisinya Lengkap

Rate this post

Pengertian Adab Dan Definisinya Lengkap

Adab Adalah – Adab merupakan norma atau aturan tentang sopan santun yang berdasarkan pada aturan agama, khususnya di dalam agama islam. Norma mengenai adab digunakan di dalam pergaulan antar manusia, antar tetanggan sampai antar kaum. Misalnya dengan sapaan assalamualaikum, yang diucapkan oleh seseorang yang beragama islam ketika akan masuk ke dalam sebuah rumah. Hal itu juga merupakan adab. Adapun aturan tentang ucapan tersebut, salam adalah keharusan bagi seorang anak yang bertemu dengan orang tua, murid yang bertemu dengan gurunya, bagi orang yang berdiri pada orang yang sedang duduk, dan bagi kelompok kecil pada kelompok yang lebih besar, dan lain sebagainya.

Contoh lain dalam adab adalah makan dengan tangan kanan adalah keharusan bagi orang yang beragama islam, bukan dengan tangan kiri. Mengangkat gelas ketika sedang minum pun harus dengan tangan kanan. Menurut hadist riwayat muslim, yang makan dan minum dengan tangan kiri adalah setan.

Sama halnya dengan seseorang yang akan bertamu ke dalam rumah orang, artinya orang itu harus tahu tentang adab sopan santun yang sudah ditetapkan di dalam aturan agama islam. Namun dalam perkembangannya, kata beradab dan tidak beradab dihubungkan dengan sopan santun secara umum. Dan juga tidak secara khusus dikaitkan dengan agama islam.

Definisi Adab

Adab adalah salah satu istilah di dalam bahasa Arab yang artinya adalah adat kebiasaan. Kata ini menunjuk kepada suatu jenis kebiasaan, etiket, dan pola tingkah laku yang dianggap sebagai model. Selama dua abad pertama dalam kemunculan agama islam, istilah adab ini membawa implikasi makna etika dan juga sosial. Kata dasar Ad pada kata adab artinya adalah sesuatu yang menakjubkan, atau persiapan untuk pesta. Di dalam pengertian ini sama halnya dengan kata urbanitas, kesopanan, keramahan, dan kehalusan budi pekerti pada masyarakat kota.

Baca Juga :  Nabi dan Rasul : Pengertian, Perbedaan serta Tugasnya Lengkap

Sehingga adab sesuatu artinya sikap yang baik dari sesuatu itu sendiri. Bentuk jamaknya adalah adab al-islam, dengan begitu pola perilaku yang baik ditetapkan oleh islam berdasarkan pada ajarannya.

Sumber Adab

Adat kebiasaan di dalam kebudayaan lainnya selain dalam kebudayaan islam sangat ditentukan oleh kondisi lokal, oleh karena itu tunduk pada beberapa perubahan yang terjadi pada setiap kondisi tersebut. menurut W.G Summer berbagai macam kebutuhan yang muncul berulang kali di suatu waktu tertentu, akan muncul beberapa kebiasaan individual dan juga adat kebiasaan dalam suatu kelompok. Namun kebiasaan yang muncul tersebut adalah konsekuensi yang secara tidak disadari muncul, dan tidak diperkirakan atau direncanakan terlebih dahulu.

Akhlak di dalam agama islam tidak bersifat tidak sadar, adab dan kebiasaan dalam islam berasal dari dua sumber utama di dalam islam. Yaitu dari al-quran dan sunnah, perbuatan dan kata-kata nabi serta perintahnya secara tidak langsung. Maka akhlak islam itu jelas wahyunya berasal dari Allah SWT.

Itulah pengertian dan definisi adabsecara lengkap. Semoga dapat bermanfaat.

Baca Juga :