PDF : Pengertian, Fungsi, Kegunaan Dan Kelebihannya Lengkap

5 (100%) 1 vote

Pengertian PDF, Fungsi, Kegunaan dan Kelebihannya Lengkap

PDF Adalah – PDF atau (Portable Document Format) adalah jenis format dan dokumen, atau berkas yang digunakan untuk keperluan pertukaran dokumen digital yang dibuat oleh Adobe System di tahun 1993. Pada awalnya format ini digunakan untuk kepentingan pertukaran dokumen digital, tetapi sekarang format PDF ini banyak juga digunakan untuk presentasi dokumen dua dimensi yang terdiri dari huruf, teks, grafik vector dan citra.

Bukan hanya itu Adobe System Inc juga telah mengembangkan program acrobat-3D yang berupa kemampuan PDF, dalam membaca dokumen tiga dimensi. Namun kini PDF sudah menjadi standar ISO dengan kode 32000-1:2008 sejak Juli 2008. Sesuai dengan pengertian PDF ini maka format PDF kini sudah sering digunakan, khususnya dalam pekerjaan kantoran. Karena banyak fitur yang memudahkan di dalamnya, tak heran bila kini banyak orang yang menggunakan PDF.

Fungsi PDF Secara Umum

Fungsi dari PDF itu sendiri adalah membuat dan menyimpan sebuah dokumen, yang isinya adalah gambar, teks, dan link yang memiliki format yang khusus yang hanya bisa dibuka pada komputer yang memiliki program khusus.

Portable format document berarti suatu dokumen dengan format yang khusus dan fleksibel, yang bisa digunakan di komputer apapun. Format PDF ini beda dengan format doc pada microsoft office, yang dimana dokumen dengan format PDF itu lebih fleksibel dan bisa dikunci sehingga cenderung lebih aman.

Dokumen atau berkas dengan format PDF adalah pilihan yang paling baik, jika anda ingin mengirim sebuah dokumen fix dengan tampilan yang lebih menarik. Sama dengan proses pertukaran dokumen dengan format PDF via email, yang bisa dilakukan dengan mudah karena ukurannya kecil.

Baca Juga :  √ 13 Pengertian Program Menurut Para Ahli dan Secara Umum "Paling Lengkap"

Penggunaan format PDF dalam berbagai dokumen ini sudah banyak digunakan, baik untuk kepentingan yang umum maupun yang khusus.

Kelebihan PDF Dibanding Dokumen Lainnya

PDF banyak digunakan  karena memiliki kelebihan dibanding dokumen lainnya. Berikut kelebihan dari format PDF tersebut :

1. Lebih fleksibel saat digunakan

Portabel mengacu pada digital yang fleksibel, yang memungkinkan format ini dapat dibuka pada perangkat apapun. Seperti misalnya komputer atau pada smartphone. Walaupun format ini dibuka dengan perangkat yang versinya berbeda, tapi hal itu tak akan mengubah isi dari file. Isi dari file ini berekstensi dengan PDF yang sifatnya tetap, dan tak akan berubah tanpa bantuan dari software lainnya dalam mengubah isi teks tersebut.

Inilah kelebihan PDF dibanding microsoft word yang cenderung mengalami perubahan susunan, jika dibuka dengan microsoft yang versinya berbeda.

2. Memiliki fitur lock

Adobe system telah mengembangkan fitur kunci atau lock pada format PDF. Sehingga jika anda ingin merahasiakan suatu dokumen, anda bisa membuat salinannya tanpa harus dilihat oleh orang lain. Dengan menggunakan fitur lock dan menggunakan password pada dokumen PDF itu.

3. Dapat diedit

Jika anda khawatir dokumen sudah terlanjur dikonversi menjadi PDF, dan takut susunannya kacau maka anda tak usah khawatir. Karena anda masih bisa mengeditnya lagi dengan bantuan software PDF reader.

4. Dapat menyimpan gambar

Bukan hanya file yang berupa teks saja, pada format PDF ini anda masih bisa menyimpan gambar, foto dan grafik. Dengan mengkonversi file pada format PDF maka hal itu bisa mengurangi ukuran dari file itu sendiri.

Kompatibel dengan beragam komputer

Beda halnya dengan format lainnya yang hanya bisa dibuka pada komputer yang terinstal microsoft office, format PDF ini kompatibel dengan beragam sistem operasi komputer misalnya windows, linux, Mac-OS dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Hardware : Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Contohnya Lengkap

Karena kini PDF sudah diterima dan digunakan oleh masyarakat sehingga anda bisa mudah mendapatkannya. Adobe system ini memiliki komitmen untuk terus mengembangkan fitur-fitur terbaiknya. Bahkan kedepannya PDF akan mampu mendukung forms, javascript, hyperlink dan kemampuan-kemampuan lainnya.

Sekilas ulasan mengenai PDFlengkap dengan fungsi, kegunaan, dan kelebihannya. Semoga dapat dipahami dan bisa bermanfaat.

Baca Juga :