Patriotisme : Pengertian, Ciri-Ciri Dan Contohnya Lengkap

5 (100%) 1 vote

Pengertian Patriotisme, Ciri – Ciri Dan Contohnya

Arti Patriotisme – Patriotisme adalah salah satu sikap dalam bela negara dan sikap nasionalis. Rasa patriotik yang berhubungan dengan cinta pada negara. Di zaman dahulu rakyat Indonesia melawan penjajah dengan cara mengangkat senjata. Dalam mewujudkan Indonesia yang merdeka.

Bagi mereka yang tidak bisa bertempur secara fisik, maka mereka bisa menyumbangkan tenaga untuk hal lainnya atau harta benda mereka. Semua itu tercipta karena adanya sikap patriotik, dengan dasar rasa cinta terhadap bangsa Indonesia. Dan sikap nasionalisme sebagai warga negara Indonesia yang baik.

Pengertian Patriotisme

Patriotisme adalah sebuah sikap berani, yang pantang menyerah dan sikap rela berkorban demi bangsa dan juga negara. Patriotisme itu sendiri berasal dari kata patriot dan kata isme, yang artinya adalah sifat kepahlawanan atau jiwa seorang pahlawan. Pengorbanan tersebut dapat berupa apa saja, baik harta benda ataupun jiwa raga.

Ciri-Ciri Patriotisme

  1. Memiliki rasa simpati terhadap bangsa dan negara. Sebuah sikap patriotisme akan membuat seseorang mampu mencintai bangsa dan negaranya sendiri. Dengan tidak menjadikan negaranya sebagai tujuan, yang hanya menguntungkan dirinya sendiri. Sikap patriotisme juga akan menciptakan sebuah solidaritas untuk mencapai kesejahteraan suatu bangsa.
  2. Sikap patriotisme mampu melihat kekuatan dan kelemahan bangsanya sendiri.
  3. Dengan memiliki modal akan nilai dan budaya bangsa, dan berjuang di masa sekarang untuk mencapai cita-cita bangsa dan negara.
  4. Terdapat rasa memiliki identitas diri. Patriotisme merupakan sikap mau melihat, menerima dan mengembangkan watak dan juga kepribadian suatu bangsa.
  5. Memiliki sifat yang terbuka. Artinya dapat melihat bangsanya pada konteks hidup manusia. Dengan bersedia terlibat di dalamnya, serta mau belajar dari bangsa lain demi kemajuan bangsa.
Baca Juga :  7 Contoh Pelanggaran Sila Ke-2 Di Sekolah Yang Sering Terjadi Lengkap

Ciri-ciri seorang patriot :

  1. Cinta tanah air
  2. Tak pantang menyerah
  3. Memiliki jiwa pembaru
  4. Menempatkan persatuan dan kesatuan bangsa di atas kepentingan diri sendiri.

Contoh Patriotisme

Contoh sikap patriotisme diantaranya yaitu :

  1. Mengikuti upacara besar hari keagamaan.
  2. Mengikuti kegiatan bakti sosial.
  3. Mengikuti kegiatan tertentu misalnya pramuka, PMR, dan lain sebagainya.
  4. Mengikuti apresiasi seni dan budaya.
  5. Menghormati Orang tua, guru, dan orang-orang yang lebih tua di sekitarmu.
  6. Belajar dengan rajin.
  7. Membawa sikap pancasila di kehidupan sehari-hari.
  8. Mencintai dan juga menggunakan hasil produk dalam negeri.
  9. Tidak merusak lingkungan hidup.
  10. Ikut serta dalam memelihara segala macam fasilitas umum.
  11. Ikut serta dalam segala kegiatan dalam pembangunan bangsa.
  12. Menaati setiap peraturan.
  13. Melestarikan budaya bangsa Indonesia.

Di zaman yang sudah merdeka seperti sekarang ini rakyat tak perlu mengangkat senjata, atau melawan penjajah dengan melakukan suatu perlawanan fisik. Karena dalam mewujudkan sikap patriotik yang didasari oleh rasa nasionalisme, bisa dilakukan dengan hal lainnya. Seperti misalnya menegakkan kebenaran dan hukum, meningkatkan sumber daya manusia, memberantas kemiskinan dan lain sebagainya. Hal itu bisa dilakukan oleh kita sendiri ataupun bersama-sama.

Kita juga harus selalu mengisi dan mempertahankan kemerdekaan, dengan kemampuan dan profesi yang dimiliki masing-masing.

Itulah pembahasan mengenai arti patriotisme, yang lengkap dengan ciri-ciri dan contohnya. Semoga memberi manfaat.

Baca Juga :