Teknologi Informasi : Pengertian, Komponen, Jenis dan Manfaatnya Lengkap

5 (100%) 1 vote

Mengenal Lebih Dalam Tentang Teknologi Informasi Secara Lengkap

Teknologi Informasi – Infrastruktur teknologi adalah sebuah kerangka yang mendukung sebuah sistem, di dalam komputasi dan infrastruktur. Teknologi informasi ini terdiri dari sumber daya fisik, dan juga virtual yang akan mendukung segala macam arus penyimpanan, pengolahan dan juga analisis data.

Insfrastruktrur teknologi itu sendiri bisa dipusatkan pada sebuah data center, yang bisa dikendalikan lebih dari seorang. Contohnya fasilitas colocation atau sebuah penyedia cloud.

Komponen Infrastruktur Teknologi Informasi

Infrastruktur perangkat keras yang ada pada data center, biasanya akan melibatkan beberapa hal seperti :

  • Server
  • Subsistem penyimpanan
  • Perangkat jaringan contohnya switch, router dan kabel fisik
  • Peralatan jaringan khusus, seperti firewall

Infrastruktur data center akan memerlukan pertimbangan infrastruktur keamanan pada teknologi informasi, dengan hati-hati. Hal ini bisa termasuk pada keamanan fisik untuk bangunan, misalnya entri kunci elektronik, video konstan, dan pengawasan manusia pada suatu tempat. Akses yang dikendalikan dengan cara hati-hati kepada personil yang berwenang, yang bisa mengakses sebuah infrastruktur hardware pada data center, dan akan mengurangi munculnya potensi bahaya di suatu perusahaan atau peristiwa pencurian data.

Sedangkan untuk di luar data center adalah infrastruktur internet, yang meliputi media transmisi seperti :

  • Kabel serat optik
  • Satelit
  • Router
  • Agregator

Sebuah infrastruktur internet dirancang, dibangun dan dijalankan oleh sebuah penyedia layanan internet atau ISP. Ketika sebuah bisnis melibatkan ISP untuk akses internet, maka akan terhubung dengan sebuah infrastruktur data center yang ada di ruangan bangunan.

Baca Juga :  Jaringan Komputer : Pengertian, Sejarah Singkat, Manfaat Dan Jenisnya Lengkap

Jenis Infrastruktur Teknologi Informasi

Seiring dengan sebuah perusahaan dengan keutuhan bisnis, dan juga kemajuan teknologi yang ada maka organisasi bisa menggunakan berbagai tipe infrastruktur data center yang akan lebih beragam untuk memenuhi sebuah kebutuhan bisnis. Sementara untuk jenis infrastruktur ini tidak selalu harus saling eksklusif, tetapi jarang dibahas.

Infrastruktur teknologi informasi yang tidak mengalami perubahan adalah pendekatan dalam mengolah sebuah pelayanan perangkat lunak, yang ada pada sumber daya IT yang dimana komponennya bisa diganti tetapi bukan diubah. Aplikasi atau layanan yang secara efektif pindah tangan setiap terjadinya perubahan, contohnya yaitu patch atau hotfix.

Infrastruktur teknologi informasi yang bisa digabung adalah kerangka kerja yang membutuhkan sebuah daya pada komputasi fisik, penyimpanan, dan pada sebuah jaringan sebagai layanan sumber daya yang bisa dikumpulkan dengan logis. Sehingga admin pun tak perlu mengkonfirmasi perangkat keras secara fisik, hanya untuk mendukung suatu perangkat lunak tertentu.

Transformasi Digital Dan Infrastruktur Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi informasi dewasa ini telah membawa kita ke suatu zaman di era perubahan pada transformasi teknologi informasi. Di suatu proses, transformasi digital membutuhkan transformasi infrastruktur IT di tahap awal. Infrastruktur teknologi informasi harus sesuai dengan tujuan dalam bisnis, misalnya dalam hal menjalankan sebuah bisnis pada transformasi digital.

Transformasi IT ini meliputi penggunaan pada layanan hybrid cloud, pencadangan, dan pada sebuah rangkaian subset yang lainnya. Yang dimana hal itu bisa ditunjukkan untuk memberi sifat yang fleksibel, efisien, dan kehandalannya.

Pemanfaatan Teknologi Informasi

Saat ini kebutuhan akan teknologi informasi tidak bisa lagi dipisahkan dari kehidupan masyarakat yang sekarang. Khususnya untuk masyarakat yang tinggal di perkotaan tak terkecuali di Indonesia. Saat ini perkembangan teknologi informasi yang ada di Indonesia, sedang berkembang untuk menjadi masyarakat yang berorientasi dalam konsep digital. Serta untuk meningkatkan pembangunan yang ada di dalam Infrastruktur jaringan untuk mendorong masyarakat, yang bisa dengan mudah mencoba sebuah aplikasi konten digital yang baru tersedia.

Baca Juga :  DBMS : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Komponen, Cara Kerja Dan Contohnya Lengkap

Bukan hanya perkembangan teknologi dalam komunikasi saja, tetapi pergerseran masyarakat juga menjadi lebih mengerti mengenai perkembangan teknologi. Tujuan dari hadirnya aplikasi tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan pada gaya hidup masyarakat di perkotaan. Perubahan kebiasaan masyarakat juga bisa terlihat dalam hal mendapatkan informasi sehari-hari, dengan adanya perkembangan teknologi yang terstruktur juga terlihat dengan adanya transformasi digital di kehidupan masyarakat.

Manfaat Teknologi Informasi

  1. Terbukanya peluang bisnis yang baru dan alami.
  2. Terciptanya lapangan kerja yang baru.
  3. Terciptanya peningkatan pada layanan informasi dari jarak yang jauh, misalnya dalam bidang kesehatan.

Berbagai manfaat lainnya yang berasal dari teknologi informasi, dan semakin majunya perkembangan teknologi informasi. Maka hal itu akan menjadi tuntutan untuk masyarakat baik yang tinggal di daerah perkotaan, maupun yang tinggal di daerah pedesaan. Untuk mengikuti sebuah perubahan dari perkembangan teknologi, yang semakin lama semakin maju. Dan dengan tujuan untuk membuahkan hasil yang bisa menciptakan sebuah hasil dari kinerja yang baru.

Demikian pembahasan lengkap mengani teknologi informasi, yang berhubungan erat dengan kemajuan teknologi. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :