Komunikasi Bisnis : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Unsur Dan Bentuknya Lengkap

5 (100%) 1 vote

Pengertian Komunikasi Bisnis, Tujuan, Fungsi, Unsur dan Bentuknya

Komunikasi Bisnis – Apa itu komunikasi bisnis? Komunikasi bisnis adalah sebuah aktivitas pertukaran mengenai informasi, gagasan, pendapat, dan instruksi, yang disampaikan dengan cara lebih personal atau impersional. Dengan melalui beberapa simbol atau suatu sinyal tertentu, sehingga akan diperoleh pemahaman yang sama dengan pihak yang berkomunikasi tersebut.

Pada sebuah aktivitas komunikasi bisnis, terjadi pertukaran informasi yang terjadi secara terus menerus. Komunikasi tersebut dilakukan dengan cara verbal ataupun non verbal, yang dimana tujuannya adalah untuk membantu proses dalam mengambil keputusan di dalam bisnis.

Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

  1. Pengertian komunikasi bisnis menurut Philip Kolter adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia, dengan tujuan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui sebuah proses pertukaran.
  2. Pengertian komunikasi bisnis menurut William Albig adalah sebuah pertukaran informasi, gagasan, pendapat, dan intruksi yang memiliki target tertentu yang dihidangkan dengan cara personal maupun impersional melalui lambang atau sinyal tertentu.
  3. Pengertian komunikasi bisnis menurut Djoko Purwanto adalah komunikasi yang digunakan di dunia bisnis, yang termasuk ke dalam beragam bentuk komunikasi, baik dengan cara verbal maupun non verbal dalam mencapai suatu tujuan tertentu.
  4. Pengertian komunikasi bisnis menurut Rosenbalt adalah tindakan pertukaran mengenai informasi, ide/ opini, intruksi, dan sejenisnya. Yang disampaikan dengan cara personal atau non personal melalui lambang dan juga sinyal, untuk mencapai target yang dimiliki suatu perusahaan.
  5. Pengertian komunikasi bisnis menurut Katz adalah aktivitas dalam hal pertukaran ide, pesan, dan juga konsep yang berkaitan dengan pencapaian sejumlah target yang bersifat komersil.
Baca Juga :  Politik Pintu Terbuka : Pengertian, Isi Pokok dan Tujuannya Lengkap

Unsur Komunikasi Bisnis

  1. Ada tujuan. Artinya komunikasi tersebut mempunyai tujuannya sendiri, yang sudah ditentukan dan sudah sejalan dengan tujuan organisasi.
  2. Ada pertukaran. Artinya komunikasi tersebut melibatkan 2 orang ataupun lebih yaitu sebagai komunikator dan komunikan.
  3. Berisi informasi, gagasan, opini, dan instruksi. Yang di dalamnya terdapat pesan di dalam komunikasi, yang bentuknya pun beragam. Tergantung pada situasi, kondisi dan tujuannya.
  4. Memanfaatkan saluran yang personal dan impersional. Yaitu komunikasi itu bisa dilakukan dengan cara bertatap muka, memanfaatkan suatu media yang khusus atau media masa. Bila ingin menjangkau banyak orang.
  5. Menggunakan simbol atau sinyal. Yaitu dengan metode atau alat yang digunakan untuk melakukan komunikasi yang bisa dipahami oleh si penerima pesan.
  6. Mencapai target dan tujuan dari organisasi. Yang dimana tujuan itu sudah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.

Tujuan Komunikasi Bisnis

Ada tiga tujuan utama di dalam komunikasi bisnis, yaitu Memberi Informasi (Informing), Persuasi (Persuading), dan Melakukan Kolaborasi (Collaborating) dengan konsumen atau pelanggan. Berikut penjelasannya :

1. Memberi informasi

Maksudnya adalah segala hal yang berhubungan dengan bisnis pada berbagai pihak. Contohnya saat seorang manajer marketing ingin meningkatkan suatu penjualan produk yang baru, maka ia akan memasang iklannya di berbagai media.

Setiap media memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing, baik dari segi biaya maupun dari segi impact yang diterima. Cara menyampaikan informasi di setiap media, dapat menjadi pemicu dan menjadi faktor penentu keberhasilan dari iklan tersebut.

2. Melakukan persuasi

Persuasi merupakan cara berkomunikasi yang digunakan untuk memengaruhi dan meyakinkan orang lain. Persuasi ini sering kali digunakan di dalam aktivitas pemasaran, agar orang lain terpengaruh untuk membeli suatu jenis produk. Di dalam penegasan konfirmasi mengenai pesanan konsumen agar tidak ada kesalahpahaman yang terjadi.

Baca Juga :  Puisi Kontemporer : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contohnya Lengkap

3. Melakukan kolaborasi

Kolaborasi adalah suatu bentuk kerja sama, interaksi dan juga kompromi pada beberapa pihak yang terlibat secara langsung atau tidak langsung. Yang akan menerima akibat dan manfaatnya. Dengan adanya komunikasi yang baik, maka kerjasama di dalam bisnis bisa dilakukan dengan lebih mudah. Komunikasi bisnis ini bisa dilakukan di berbagai macam media. Misalnya saja melalui telepon/ Smartphone, Chatting, Email, dan lain sebagainya.

Fungsi Komunikasi Bisnis

1. Fungsi Informative

Fungsi ini biasanya digunakan oleh manajer dan karyawan dalam melaksanakan tugas mereka secara efisien. Informasi tersebut berkaitan dengan beberapa hal seperti berikut ini :

  • Segala hal yang berkaitan dengan pekerjaan misalnya tujuan perusahaan, prosedur, peraturan, dan lain sebagainya.
  • Standar kerja dan laba perusahaan.
  • Sosio emotional suatu perusahaan pada umumnya.

2. Fungsi Regulatory

Fungsi dari komunikasi adalah sebagai alat untuk mengendalikan dan mengatur jalannya sebuah organisasi. Bentuk dari komunikasi ini bisa berupa perintah atau berupa laporan.

3. Fungsi Integrative

Integrasi yang terjadi di dalam suatu perusahaan akan membuat perusahaan tersebut bisa beroperasi secara lebih terpadu dan utuh. Hal itu hanya dapat dilakukan jika komunikasi dan koordinasi di suatu perusahaan sudah berjalan dengan baik.

Bentuk Komunikasi Bisnis

1. Komunikasi verbal

Yaitu bentuk komunikasi yang dilakukan dengan cara lisan atau tulisan. Bentuk komunikasi ini dibagi kembali menjadi 2 yaitu pasif dan aktif. Contoh komunikasi pasif yaitu mendengarkan dan menulis. Sedangkan contoh komunikasi aktif adalah berbicara dan menulis.

2. Komunikasi non verbal

Komunikasi non verbal juga terdapat di dalam komunikasi bisnis, yaitu jenis komunikasi yang disampaikan tanpa menggunakan kata-kata. Contohnya :

  • Simbol-simbol
  • Sandi
  • Warna
  • Ekspresi wajah
  • Gerakan tubuh
Baca Juga :  Budi Utomo : Tokoh Pendiri, Sejarah Lengkap, Perkembangan dan Hasil Kongres Budi Utomo

Itulah penjelasan mengenai pengertian, tujuan, fungsi, unsur dan bentuknya dari komunikasi bisnis secara lebih lengkap. Semoga pembahasan ini menambah wawasan dan manfaat.

Baca Juga :