5 Kedudukan Badan Usaha dan Perusahaan

5 (100%) 1 vote

Kedudukan Badan Usaha dan Perusahaan

Menentukan kedudukan badan usaha dan perusahaan sangat berhubungan dengan masalah lokasi. Lokasi badan usaha adalah tempat dilaksanakannya kegiatan-kegiatan organisasi dan administrasi badan usaha. Lokasi ini biasa disebut tempat kedudukan pimpinan perusahaan. Lokasi perusahaan adalah tempat kegiatan teknis yang dilakukan perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa.

Kedudukan Badan Usaha dan Perusahaan

Lokasi badan usaha dan lokasi perusahaan bisa terletak pada satu tempat, dan bisa pula terpisah tempatnya. Berikut adalah faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih lokasi (tempat) kedudukan badan usaha dan perusahaan.

Tempat yang terikat pada alam

Lokasi ini  tak dipengaruhi manusia dan harus terdapat di tempat lahan dasar itu dthasilkan. Tempat ini sesuai badan usaha ekstraktif dan agraris. Misalnya, tambang minyak bumi.

Tempat yang berdasarkan sejarah

Jika badan usaha bergerak di bidang yang sifat usahanya turun-temurun, maka harus dicari daerah yang sudah menjadi trademark bagi masyarakat. Dan tempat ini sesuai dengan perusahaan yang menghasilkan barang-barang yang memiliki kekhasan. Misalnya, produksi batik di Yogyakarta, payung di Tasikmalaya.

Tempat berdasarkan peraturan pemerintah

Letak perusahaan untuk usaha-usaha tertentu, ditentukan oleh pemerintah. Hal ini dilakukan pemerintah demi keamanan masyarakat. Misalnya, perusahaan senjata, peternakan, dan perusahaan yang banyak menghasilkan polusi seharusnya jauh dan pemukiman penduduk.

Tempat berdasarkan pertimbangan ekonomi

Agar barang yang dihasilkan harganya murah dan terjangkau masyarakat, maka letak badan usaha diusahakan dekat dengan pasar, dekat dengan tenaga kerja, dan dekat dengan bahan baku sehingga biaya produksi rendah. Misalnya, tempat perusahaan dagang sebaiknya terdapat di tempat konsumen dan tempat perusahaan industri harus dekat bahan baku, pasar, dan dekat tenaga air dan listrik.

Baca Juga :  Manajer : Pengertian, Tugas, Fungsi Dan Tanggung Jawabnya Lengkap

Tempat menurut lapangan usaha yang dilakukan

Peternakan sapi perah, perusahaannya terletak di daerah dingin dimana sesuai dengan usaha yang dilakukan yang membutuhkan daerah yang dingin atau daerah pegunungan. Misalnya, peternakan sapi perah di Nongkojajar, Pasuruan.

Baca Juga :