Jumlah Penduduk Indonesia Dari Tahun 2016-2019 Lengkap

Rate this post

Jumlah Penduduk Indonesia Dari Tahun 2016-2019 Lengkap

Jumlah Penduduk Indonesia – Indonesia ada di posisi 5 besar sebagai negara yang jumlah penduduknya banyak di dunia. Hal tersebut diambil dari hasil sensus terbaru yang menunjukkan jumlah penduduk Indonesia mencapai 258.704.900 jiwa. Jumlah tersebut diperoleh dari survey yang dilakukan di tahun 2017. Di tahun 2018 penduduk Indonesia mengalami perubahan, bisa bertambah dan bisa juga berkurang.

Pertumbuhan Jumlah Penduduk Indonesia Dari Tahun Ke Tahun

Pada umumnya diketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki predikat sebagai negara, yang jumlah penduduknya terbanyak di dunia. Dari hasil survey yang dilakukan di tahun 2016 saja, Indonesia menempati peringkat ke 4 sebagai negara yang jumlah penduduknya paling banyak setelah negara Cina, India dan Amerika Serikat. Luas wilayah Indonesia mencapai 5.455.675 km2, yang bisa menjadi indikasi jumlah penduduk yang mendiami suatu wilayah tertentu.

Tetapi nyatanya luas wilayah tidak menjadi satu-satunya indikasi dalam menentukan jumlah penduduk yang ada di dalamnya. Beda halnya dengan jumlah penduduk Indonesia yang sebanding dengan luas wilayahnya, tidak demikian dengan Ibu Kota DKI Jakarta. Yang dimana jumlah penduduknya lebih banyak dibandingkan luas wilayahnya. Sehingga populasi penduduk di Jakarta lebih padat dibanding provinsi lainnya yang ada di Indonesia.

Data Jumlah Penduduk Indonesia

Jumlah Penduduk Indonesia Tahun 2016

Dilihat dari data lembaga statistik pusat di Indonesia jumlah penduduk Indonesia di tahun 2016 mencapai 258 juta jiwa. Jumlah ini terbagi menjadi 129,98 juta  penduduk laki-laki dan 128,71 juta penduduk perempuan. Dari data tersebut juga diketahui bahwa di tahun 2016 populasi Indonesia didominasi oleh penduduk kelompok yang umurnya produktif yaitu sekitar usia 15-34 tahun.

Baca Juga :  Pendidikan Karakter : Pengertian dan Nilai - nilai Karakter Serta Penjelasannya Lengkap

Jumlah Penduduk Indonesia Tahun 2017

Mengacu pada jumlah penduduk Indonesia di tahun 2016, tahun 2017 jumlah penduduk Indonesia mengalami peningkatan. Dari data yang telah dihimpun oleh kementrian yang terkait, jumlah penduduk Indonesia di tahun 2017 mencapai 262 juta jiwa. Jumlah ini juga diambil dari informasi laju pertumbuhan masyarakat Indonesia di tahun 2017, yang meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Jumlah Penduduk Indonesia Tahun 2018

Badan perencanaan pembangunan nasional mendapatkan data jumlah penduduk Indonesia di tahun 2018, berdasarkan sensus yang dilakukan sudah mencapai 265 juta jiwa yang terbagi atas 133,17 juta jiwa penduduk laki-laki dan 131,88 juta jiwa penduduk perempuan. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibanding dengan jumlah penduduk Indonesia di tahun 2016 dan 2017. Angka ketergantungannya menunjukkan rasio penurunan, dibanding dengan tahun sebelumnya.

Jumlah penduduk Indonesia Tahun 2019

Data jumlah penduduk Indonesia di tahun 2019 belum diperoleh data yang valid. Bila Badan Perencanaan Pembangunan Nasional sudah mengumumkan angkanya maka hasilnya dapat dibandingkan kembali dengan tahun sebelumnya.

Dilihat dari beberapa data tersebut, disimpulkan bahwa jumlah penduduk Indonesia selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Bahkan peningkatannya cukup signifikan yaitu sekitar 3-4 juta jiwa setiap tahunnya. Walaupun peningkatan tersebut diikuti dengan rasio penurunan ketergantungan yang dimana angka ketergantungan usia non produktif pada penduduk yang usianya produktif.

Hal itu juga menyimpulkan bahwa usia produktif di Indonesia juga ikut meningkat sejalan dengan peningkatan jumlah penduduknya. Hal itu juga mungkin saja berlaku pada setiap jumlah penduduk Indonesia di tahun 2019, jika melihat pola pertumbuhan penduduk yang meningkat setiap tahunnya.

Demikian penjelasan tentang jumlah penduduk Indonesia, yang dilihat dari tahun 2016-2019 secara lengkap. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Pendidikan : Pengertian Secara Umum dan Menurut Para Ahli Terlengkap

Baca Juga :