Kebutuhan Pada Manusia : Pengertian, Jenis-Jenis dan Contohnya Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote

Pengertian, Jenis-Jenis dan Contoh Kebutuhan Pada Manusia

Jenis-Jenis Kebutuhan – Kebutuhan merupakan sesuatu hal yang sifatnya alamiah dan naluriah, yang dialami oleh setiap manusia untuk mempertahankan kehidupannya di dunia. Pengertian lainnya dari kebutuhan adalah, keinginan dari manusia pada suatu barang atau jasa yang akan memenuhi kebutuhannya. Dengan timbul rasa puas pada diri manusia tersebut, baik secara jasmani maupun rohani.

Jenis Kebutuhan Pada Manusia

Jenis kebutuhan ini dibedakan lagi menjadi beberapa bagian, baik menurut intensitas, sifat, waktu maupun objek bagi mereka yang membutuhkannya.

Kebutuhan Manusia Menurut Intensitas Dan Kegunaannya

Jika dilihat dari intensitasnya maka kebutuhan ini dibagi lagi menjadi 3 bagian, diantaranya yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Ketiga kebutuhan itu dilihat berdasarkan peran dari kebutuhan tersebut pada kelangsungan hidup manusia. Artinya semakin erat hubungan dengan kelangsungan hidup seseorang, maka kebutuhan tersebut termasuk pada kebutuhan primer. Sebaliknya jika semakin rendah keterkaitan kebutuhan dengan kelangsungan hidup manusia, maka kebutuhan itu termasuk pada jenis kebutuhan sekunder dan tersier.

  • Kebutuhan primer

Adalah kebutuhan yang paling benar-benar dibutuhkan oleh setiap manusia, dan sifatnya wajib dipenuhi. Karena jika tidak dipenuhi maka hasilnya akan berakibat buruk, pada kelangsungan hidupnya. Seperti misalnya makan, minum, pakaian dan lain-lain.

  • Kebutuhan sekunder

Kebutuhan ini biasanya akan muncul jika kebutuhan primer sudah terpenuhi, tetapi kebutuhan sekunder pada setiap orang berbeda-beda. Karena hal itu bergantung pada kondisi ekonomi masing-masing orang. Misalnya bagi seseorang yang memiliki penghasilan tinggi, maka membeli sebuah mobil yang harganya mahal atau keluaran terbaru adalah suatu kebutuhan sekunder. Tetapi bagi seseorang yang penghasilannya biasa-biasa saja, maka mobil dengan harga murah atau hanya memiliki motor saja sudah menjadi barang mewah yang tidak sanggup dibelinya.

  • Kebutuhan tersier

Adalah jenis kebutuhan tingkat akhir yang muncul setelah kebutuhan primer dan sekunder sudah terpenuhi dengan baik. Pada umumnya kebutuhan ini berupa barang yang mewah dan mahal, yang dapat memperlihatkan kemapanan seseorang dan status sosial seseorang di mata masyarakat. Misalnya seperti rumah mewah, mobil mewah, perhiasan yang mahal, jet pribadi, apartemen mewah di mana-mana, dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Pengertian Pasar Monopolistik, Ciri-Ciri dan Contohnya Terlengkap

Kebutuhan Manusia Menurut Sifatnya

Kebutuhan manusia yang dilihat dari segi sifatnya dibagi lagi menjadi 2 macam, diantaranya yaitu kebutuhan jasmani dan rohani. Cara membedakan kedua jenis kebutuhan tersebut, dilihat dari dampaknya bagi manusia itu sendiri. Kebutuhan jasmani berhubungan dengan fisik seseorang seperti kesehatan atau penampilan. Contohnya manusia harus makan makanan bergizi agar sehat, istirahat yang cukup, rajin berolahraga, dan lain-lain. Sedangkan kebutuhan rohani adalah jenis kebutuhan yang berkaitan dengan jiwa manusia. Contohnya ketenangan, ibadah, sosialisasi dengan manusia lainnya, kebutuhan akan rekreasi atau liburan, dan melakukan atau menikmati segala aktivitas yang berkaitan dengan seni.

Kebutuhan Manusia Menurut Waktu

Kebutuhan manusia berdasarkan waktu dibedakan menjadi 3 macam, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Kebutuhan sekarang atau hari ini

Yaitu suatu kebutuhan yang harus dipenuhi saat ini atau sekarang juga sehingga tidak dapat ditunda. Misalnya saat manusia kelaparan maka ia harus makan, atau ketika seseorang haus maka harus ada minuman, atau bisa juga obat yang harus dimakan atau diminum oleh orang yang sedang sakit.

  • Kebutuhan pada masa yang akan datang

Merupakan suatu kebutuhan yang sifatnya lebih pada persiapan atau persediaan, yang dilakukan untuk mengantisipasi kebutuhan di masa yang akan datang. Misalnya seperti tabungan atau asuransi.

  • Kebutuhan yang waktunya tidak tentu

Merupakan jenis kebutuhan yang diakibatkan oleh sesuatu yang terjadi dengan cara mendadak, atau tiba-tiba dan tidak sengaja. Yang sifatnya insidentil atau kadang-kadang. Misalnya seperti kebutuhan dalam memberikan bantuan pada orang lain yang membutuhkan.

Kebutuhan Manusia Menurut Subjeknya

Kebutuhan manusia berdasarkan subjeknya dibagi lagi menjadi 2 macam, yaitu kebutuhan individu dan kebutuhan kolektif.

  • Kebutuhan individu

Memiliki sifat perorangan yang membuat kebutuhan ini berbeda-beda pada setiap orang. Misalnya seorang pelajar yang memerlukan buku-buku pelajaran, pulpen, pensil, dan lain sebagainya. Atau seorang tukang kayu yang memerlukan gergaji, paku, palu, dan sebagainya. Yang dimana barang-barang tersebut digunakan untuk melakukan aktivitas seseorang yang berkaitan dengan jenis pekerjaannya.

  • Kebutuhan kolektif

Merupakan jenis kebutuhan yang sifatnya bersama atau yang memang dibutuhkan oleh semua orang. Biasanya hal itu dimanfaatkan untuk kepentingan bersama di dalam suatu kelompok atau masyarakat tertentu. Contohnya seperti jalan, jembatan, rumah sakit, tempat wisata, dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Sistem Ekonomi Sosialis : Pengertian dan Contohnya Lengkap

Pemuas Kebutuhan

Barang merupakan suatu benda yang memiliki wujud, yang digunakan oleh banyak orang ataupun oleh individu dalam memenuhi segala kebutuhannya. Juga sebagai pemuas kebutuhan lainnya yang sifatnya lebih kompleks. Contohnya barang yang secara umum digunakan untuk memenuhi kebutuhan setiap manusia, contohnya makanan pokok seperti beras, jagung, sagu dan lain sebagainya, lalu pakaian, kendaraan dan lain-lain.

Contoh barang yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan suatu jenis barang lainnya dalam rangka memenuhi kebutuhannya misalnya seperti mesin, peralatan, pabrik, dan sejenisnya. Barang itu adalah barang yang ada wujudnya. Untuk barang yang tidak ada wujudnya contohnya seperti udara, matahari, dan sebagainya.

Pemuas kebutuhan lainnya adalah jasa atau layanan, namun jasa tidak dapat digolongkan kepada benda atau jasa yang sifatnya tidak berwujud. Namun barang atau jasa bisa memberikan kepuasan pada kebutuhan setiap manusia. Contohnya seperti rumah sakit, bank, bengkel, sekolah, dan lain-lain. Barang atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan dikelompokan berdasaran fungsinya, cara mendapatkannya, dan bagaimana proses memproduksinya.

Itulah penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis kebutuhan yang ada pada manusia. Semoga dapat memberi manfaat dan menambah wawasan.

Baca Juga :