Firewall : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Dan Cara Kerjanya Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote

Firewall : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Dan Cara Kerjanya Lengkap

Firewall Adalah – Firewall merupakan suatu jenis perangkat yang digunakan untuk mengontrol akses apapun dan pada siapapun, yang memiliki akses dengan jaringan privat yang berasal dari pihak luar. Pengertian firewall ini dapat dipahami dengan sebuah istilah generik, yang merujuk pada fungsi firewall itu sendiri sebagai sistem yang mengatur komunikasi, diantara 2 jaringan yang berbeda.

Apalagi saat ini ada banyak perusahaan yang memiliki akses menuju internet, sehingga perlindungan pada sertiap aset digital yang ada sangat dilindungi. Misalnya dari serangan para hacker, para pelaku spionase, atau para pencuri data. Maka fungsi firewall ini akan menjadi sangat essensial.

Pengertian Firewall

Firewall adalah suatu jaringan pada sistem keamanan komputer, yang fungsinya adalah untuk melindungi komputer dari serangan apapun yang berasal dari komputer itu sendiri.

Definisi firewall menurut Wabopedia.com adalah sebuah sistem yang didesain untuk mencegah akses yang sifatnya tidak sah, ke atau pada jaringan pribadi. Firewall juga dapat diimplementasikan pada perangkat keras dan perangkat lunak. Atau pada kombinasi yang ada di keduanya. Firewall juga sering digunakan untuh mencegah para pengguna internet, yang tidak saheng dalam mengakses jaringan internet pribadi. Yang terhubung ke internet terutama intranet. Seluruh pesan yang masuk dan yang keluar dari internet melalui firewall, lalu firewall akan bertindak sebagai pengawas di setiap pesan. Kemudian akan memblok jaringan yang masuk, jika kriterianya tidak memenuhi jenis keamanan tertentu.

Pengertian firewall jika dilihat dari definisi tersebut adalah, sebuah sistem atau perangkat yang akan memberi otorisasi ke suatu lalu lintas jaringan komputer yang dianggapnya aman. Aman untuk dilalui dan dapat dilakukan suatu pencegahan pada setiap jaringan yang dianggapnya tidak aman. Firewall bisa berupa suatu perangkat lunak, misalnya program pada komputer dan aplikasi. Atau bisa juga berupa perangkat keras, yaitu suatu perangkat khusus dalam menjalankan program firewall tersebut.

Baca Juga :   Aplikasi : Pengertian, Sejarah dan Fungsinya Lengkap

yang dimana perangkat itu akan menjaring lalu lintas diantara jaringan dan jaringan. Perlindungan yang dilakukan oleh firewall, dibutuhkan untuk komputasi perangkat misalnya komputer yang diaktifkan dengan menggunakan koneksi internet. Kemudian dapat meningkatkan keamanan pada jaringan komputer dengan memberi informasi rinci, mengenai pola lalu lintas di suatu jaringan. Perangkan ini sangat penting dan sangat dibutuhkan, karena berguna sebagai gerbang keamanan diantara jaringan komputer internal dan jaringan koomputer eksternal.

Fungsi Firewall

Pentingnya jaringan firewall dikarenakan hal seperti berikut :

  • Seluruh jaringan komunikasi yang melewati firewall
  • Hanya lalu lintas yang resmi yang diizinkan oleh firewall
  • Mempunyai kemampuan dalam menahan serangan internet

Fungsi firewall itu sendiri adalah sebagai pengontrol dan pengawas setiap arus paket data yang mengalir di suatu jaringan. Fungsi firewall ini adalah untuk mengatur, memfilter, dan mengontrol lalu lintas data yang diizinkan diakses oleh jaringan privat yang dilindungi. Kriteria yang diizinkan oleh firewall yang diizinkan untuk melewati paket data atau tidak, diantaranya yaitu :

  • Alamat IP yang berasal dari komputer sumber
  • Port TCP/UDP sumber yang berasal dari sumber
  • Alamat IP yang berasal dari komputer tujuan
  • Port TCP/UDP tujuan data yang ada di komputer tujuan
  • Informasi yang berasal dari header yang disimpan di dalam paket data

Fungsi firewall secara spesifik diantaranya adalah untuk melakukan autentifikasi pada setiap akses jaringan. Applikasi proxy Fire-wall biasanya mampu memeriksa lebih dari sekadar header yang ada di dalam paket data. Kemampuan ini pun menuntut firewall untuk mampu mendeteksi protokol aplikasi tertentu yang lebih spesifikasi.

Manfaat Firewall

  1. Untuk menjaga suatu informasi rahasia dan juga berharga, yang bisa menyelinap keluar tanpa diketahui oleh pengguna komputer. Contohnya FTP lalu lintas yang berasal dari jaringan komputer organisasi yang dikendalikan oleh firewall. Tujuannya adalah untuk mencegah pengguna pada jaringan yang mengirim file yang rahasia, baik yang disengaja maupun tidak ke pihak lain.
  2. Firewall juga berfungsi sebagai filter yang digunakan untuk mencegah lalu lintas tertentu, mengalir ke suatu subnet jaringan tertentu. Hal itu juga akan mencegah penggunaan banyak file yang bermain-main di jaringan. Aplikasi ini dapat berguna di sektor korporasi.
  3. Manfaat lainnya adalah untuk memodifikasi setiap paket data yang masuk ke dalam firewall. Proses seperti ini disebut sebagai Network Address Translation atau NAT. terdapat NAT jenis dasar, yang alamat IP pribadinya berasal dari jaringan komputer yang disembunyikan di balik suatu jenis alamat tertentu. Proses tersebut disebut juga dengan IP samaran. Hal tersebut juga akan membantu pengguna di sebuah jaringan, yang terdiri dari sistem tanpa nomor IP publik yang ada alamatnya dalam mengakses internet.
  4. Sebagai akurasi data seperti informasi keuangan, spesifikasi suatu produk, harga produk dan lain sebagainya. Hal ini juga penting dalam perkembangan suatu bisnis. Jika informasi diubah oleh sumber eksternal maka hal itu akan menimbulkan suatu kerugian. Sehingga manfaat dari firewall ini adalah, untuk mencegah terjadinya modifikasi data yang tidak sah dalam suatu website.
Baca Juga :   √ 13 Pengertian Program Menurut Para Ahli dan Secara Umum "Paling Lengkap"

Jika sistem yang tak tersedia oleh pengguna tepat waktu, maka hal itu akan menyebabkan adanya penurunan produktivitas pada setiap karyawan, kehilangan kepercayaan dari konsumen dan munculnya publisitas yang buruk. Tugas firewall lah yang akan memastikan ketersediaan dalam sebuah sistem.

Cara Kerja Firewall

Lalu bagaimana dengan cara kerja dari firewall tersebut? begini penjelasannya. Komputer memiliki port yang jumlahnya ribuan, yang bisa diakses untuk beragam kebutuhan. Cara kerja dari firewall pada komputer ini adalah untuk menutup port. Kecuali beberapa port yang memang dibiarkan tetap terbuka. Firewall pada komputer akan bertindak sebagai garis pertahanan yang paling depan, yang akan mencegah segala jenis hacking yang ada di dalam suatu jaringan. Karena setiap hacker yang mencoba masuk ke dalam jaringan suatu komputer, tentu akan mencari port yang sedang terbuka agar dapat diakses.

Firewall juga bisa berupa perangkat keras atau perangkat lunak, tetapi cara kerjanya akan lebih maksimal jika kedua perangkat tersebut digabungkan. Karena bukan hanya membatasi akses yang menuju ke jaringan komputer saja, tetapi firewall juga akan memungkinkan akses remote yang menuju ke jaringan private. Yang melalui secure authentication certificates and logins atau sertifikat keamanan otentikasi  dan login. Hardware firewall bisa dibeli sebagai produk yang dapat berdiri sendiri, namun biasanya ditemukan pada router broadband. Seharusnya dilakukan juga setting di perangkat tersebut untuk mengakses pada jaringan komputer. Kebanyakan hardware firewall memiliki 4 port jaringan (minimal) yang akan menghubungkan ke komputer lainnya.

Saat ini teknologi firewall ini terbilang sudah canggih, karena sebelumnya cara kerja pada firewall ini adalah menyaring lalu lintas dengan menggunakan alamat IP, nomor port dan juga protokol. Tetapi firewall juga bisa menyaring data dengan cara mengidentifikasi pesan dari suatu konten. Dengan adanya firewall maka informasi yang sensitif atau informasi yang tidak layak bisa dicegah dengan interface. Namun pastikan kembali sistem keamanan jaringan sudah dilapisi oleh firewall.

Baca Juga :   Pengertian HTML Dan Fungsinya

Itulah penjelasan mengenai firewall secara lengkap, semoga artikel ini memberi manfaat bagi anda dan membuat anda memahami bagaimana cara kerja firewall pada suatu jaringan komputer.

Baca Juga :