Fase Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia Dari Zigot

Posted on
5 (100%) 1 vote

Fase Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia Dari Zigot

Fase Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia Dari Zigot – Semua makhluk hidup di bumi ini tentu memiliki proses yang berkesinambungan, dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Sama halnya dengan kita sebagai manusia. Yang mengalami pertumbuhan dan perkembangannya baik sebelum maupun sesudah lahir.

Tahapan Manusia Sebelum Kelahiran

Masa-masa sebelum kelahiran seorang manusia, atau masa-masa embrio dimulai dengan adanya proses fertilisasi atau pembuahan ovum. Yang mana hal itu dilakukan oleh sperma. Kemudian dari proses tersebut munculah zigot. Perkembangan dari zigot menjadi embrio vertebrata terdiri dari beberapa tahapan dan urutan. Yang dimulai dari zigot, fase morulla, fase blastula, fase grastula, kemudian sampai ke embrio atau janin.

Berikut penjelasannya :

  • Zigot

Yaitu tahap embrionik yang dimulai setelah terjadi peleburan diantara 2 zat yang disebut sperma dan ovum.

  • Morulla

Setelah itu zigot pun membelah dengan cara mitosis dan terjadi secara terus menerus. Di dalam fase ini pembelahan mitosis hanya menambah jumlah sel, tanpa diikuti dengan pertambahan massa pada sel.

  • Blastulla

Setelah fase morulla, pembelahan sel pun berlanjut ke pembentukan rongga sel atau blastocoel yang isinya adalah cairan. Untuk fase ini disebut sebagai blastulla.

  • Gastrulla

Kemudian sel pun akan terus membelah dan perlahan akan membentuk 2 kutub pembelahan, yaitu kutub animal dan kutub vegetal. Sel pada kutub animal biasanya akan lebih aktif dalam pembelahan, daripada kutub vegetal. Sehingga terjadilah lipatan yang mengarah ke dalam atau invaginasi, yang akan membentuk jaringan embrional sebanyak 3 lapisan. Yaitu lapisan luar atau ektoderm, tengah atau mesoderm, dan lapisan dalam atau endoderm.

  • Organogenesis
Baca Juga :   Metabolisme Protein : Pengertian dan Fungsinya di Dalam Tubuh

Pada tahapan berikutnya jaringan embrional akan mengalami perubahan pada bentuknya, dan akan terdeiferensiasi dalam membentuk organ yang berdasarkan pada lapisannya.

  1. Di lapisan luar akan mengalami diferensiasi yang akan membentuk rangka, saraf dan alat indera.
  2. Di lapisan tengah akan mengalami diferensiasi yang membentuk rangka, otot, alat peredaran darah, eksresi, dan juga organ reproduksi.
  3. Untuk lapisan dalamnya akan mengalami hal yang sama dengan dua lapisan lainnya, yang akan membentuk alat pencernaan, dan alat pernapasan.

Masa embrio atau masa lamanya di dalam kandungan pada manusia kurang lebih sekitar 40 minggu. Berikut urutan lengkapnya :

  1. Janin yang berumur 4 minggu : sudah terbentuk organ yang penting seperti jantung, dan mulai tampak bentuk telinga dan mata.
  2. Janin yang berumur 8 minggu : bentuknya sudah mirip bayi tapi dengan ukuran kepala yang relatif lebih besar, kemudian bentuk hidung, mata, telinga, tangan, dan kaki yang hampir jelas bentuknya.
  3. Janin yang berumur 10 minggu biasanya memiliki panjang 6 cm dan sudah terlihat seperti bayi : ukuran kepalanya jauh lebih besar dibanding ukuran badannya, perkembangan pada mata, telinga, jari tangan dan kaki pun sudah lebih sempurna.
  4. Umur 7 perkembangan embrio sudah semakin sempurna, bayi yang lahir di usia 7 bulan disebut sebagai bayi prematur.
  5. Umur 32 minggu janin sudah memiliki panjang tubuh yang mencapai 40 cm.
  6. Umur 40 minggu janin pun sudah siap untuk dilahirkan, yaitu sekitar usia 9 bulan lebih 10 hari.

Tahap Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia Setelah Kelahiran

Perkembangan manusia terjadi dengan cara bertahap, yang diikuti dengan ciri sebagai berikut :

1. Masa Balita (bawah 5 tahun 0-5 tahun)

Masa-masa balita adalah awal dari pertumbuhan dan perkembangan seorang manusia setelah ia dilahirkan. Cirinya yaitu sebagai berikut :

  • Perkembangan fisik yang sangat pesat.
  • Perkembangan motorik misalnya tengkurap, merangkak, berjalan, dan berlari.
  • Perkembangan komunikasi seperti tertawa, berteriak, mengucap satu kata lalu berbicara.
  • Perkembangan kemundian seperti tepuk tangan, meminta sesuatu, minum dari gelas, dan memakai baju sendiri.
Baca Juga :   Reaksi Kimia Fotosintesis : Pengertian dan Jenis Reaksi Kimia Lengkap

2. Anak-Anak Usia 6 Tahun Ke Atas (6-10 tahun)

Ciri masa anak tersebut yaitu :

  • Mulai berpikir untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan di sekitarnya.
  • Memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar.
  • Keinginan akan sesuatu yang sangat besar.
  • Mengenal sesuatu baik dan buruk.
  • Emosi yang masih berubah-ubah.

3. Masa Remaja (11-18 tahun)

Di masa-masa puber akan muncul perubahan fisik yang cukup besar. Biasanya anak perempuan mengalami masa puber lebih cepat dari anak laki-laki.

Perubahan Fisik

Perubahan fisik yang terjadi pada perkembangan dan pertumbuhan seorang manusia, akan dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Perubahan ini termasuk pada ciri kelamin baik primer maupun sekunder.

  • Laki-laki

Masa puber yang terjadi pada seorang laki-laki dimulai ketika organ reproduksi laki-laki telah berfungsi dengan baik. Perubahan ini ditandai dengan mimpi basah, yaitu keluarnya sperma dari tubuh yang dihasilkan oleh testis. Ciri kelamin sekunder pada laki-laki yaitu dada menjadi bidang dan lebih lebar, suara yang mulai membesar dan berat, tumbuh rambut yang muncul di sekitar ketiak dan di sekitar kemaluan, jakun yang membesar.

  • Perempuan

Masa puber yang terjadi pada perempuan dimulai juga ketika organ reproduksinya telah berfungsi. Masa puber ini ditandai dengan menstruasi, yaitu keluarnya darah dari vagina yang diakibatkan oleh ovum yang meluruh. Bersamaan dengan lapisan yang terdapat pada dinding rahim. Peristiwa pelepasan ovum dari ovarium disebut dengan ovulasi.

Lamanya siklus menstuasi pada perempuan berbeda-beda, lamanya siklus ini biasanya dipengaruhi oleh faktor makanan, gangguan emosional, stress, atau kondisi kesehatan wanita itu sendiri. Tetapi rata-rata siklus normal menstruasi pada wanita adalah 28 hari. Ciri kelamin sekunder yang terjadi pada wanita adalah bentuk payudara dan pinggul yang mulai membesar, kulit menjadi lebih halus, suara menjadi kecil dan lebih lembut, tumbuhnya rambut di ketiak atau di sekitar kemaluan.

Baca Juga :   Narkotika : Pengertian, Definisi, Jenis dan Contohnya Lengkap

4. Manula (Manusia Lanjut Usia 50 tahun ke atas)

Ciri-ciri seorang manula adalah sebagai berikut :

  1. Menurunnya fungsi pada organ tubuh misalnya mulai berkurangnya pendengaran.
  2. Gerak tubuh menjadi lebih lamban yang dikarenakan oleh persendian yang kaku dan tulang yang keropos.
  3. Tubuh yang menjadi cepat letih dan daya tahan tubuh yang lebih cepat menurun.
  4. Wanita yang mengalami menopouse memiliki tahapan pertumbuhan dan perkembangan manusia, dengan berhentinya haid karena organ reproduksi yang tidak mampu menghasilkan ovum yang matang.

 

Itulah uraian singkat mengenai Fase Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia Dari Zigot yang bisa anda pelajari lebih lanjut. Semoga memberi manfaat dan pengetahuan.

Baca Juga :