Seni Rupa Murni dan Terapan : Pengertian, Fungsi dan Contohnya Lengkap

5 (100%) 2 votes

Perbedaan Seni Rupa Murni dan Terapan – Jenis, Fungsi, Bentuk dan Contohnya

Seni murni adalah seni yang hanya memfokuskan karyanya pada nilai-nilai estetika saja, seperti lukisan, patung, atau benda-benda pajangan. Sedangkan seni terapan adalah seni lain yang memfokuskan karyanya pada nilai-nilai estetika dan juga nilai-nilai pembelajaran dalam hal karya seni dalam kehidupan sehari-hari.

Perbedaan Seni Rupa Murni dan Terapan

Dan dalam artikel kali ini, saya akan Mempelajari tentang Pengertian Seni Rupa Murnidan Terapan seperti yang serta perbedaan dan fungsinya. Terus simak ulasan di bawah ini untuk mempelajarinya.

Ada perbedaan mendasar antara karya seni murni dan terapan

Pengertian Seni Rupa Murni

Karya seni murni adalah sebuah karya yang benar-benar murni sebagai kepedulian dan meningkatkan perasaan senang. Penggunaannya hanya sebatas menampilkan sebagai iming-iming minat manusia. Beberapa contoh seni terapan murni termasuk lukisan, patung, relief, dan kaligrafi.

a. Lukisan

Gambar dari berbagai aliran alami yang memiliki fungsi yang sama. Mereka dibuat asyik sebagai tampilan untuk memperindah kesucian ruangan. Dari itu, karya seni itu tidak bisa digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat. Ini adalah salah satu contoh seni modern yang paling sering kita temukan.

b. Patung

Seperti lukisan, patung hanya bisa digunakan untuk nilai estetika. Kadang-kadang sangat berguna sebagai karakteristik suatu daerah atau tempat. Namun, penggunaannya tidak membuatnya disebut seni rupa karena nilai estetikanya lebih besar daripada nilai praktisnya.

Baca Juga :  Psikotropika : Pengertian, Golongan dan Bahayanya Lengkap

c. Relief

Di kuil atau bangunan tua, kita sering menemukan ukiran dengan pola tertentu. Patung-patung ini diberi nama lega. Relief adalah contoh seni murni 2 dimensi. Penggunaannya hanyalah hiasan semata.

d. Kaligrafi

Kaligrafi adalah seni warisan Islam di Indonesia. Kita bisa membuat karya seni di tempat-tempat ibadah, kitab suci, atau lukisan Islam. Sama seperti contoh-contoh seni lainnya, kaligrafi hanya dapat digunakan untuk nilai-nilai estetika.

Seni Rupa Terapan

Lain halnya dengan seni murni, seni rupa yang diterapkan selain berfokus pada nilai keindahan (estetika) juga sangat memperhatikan nilai praktis atau kegunaan suatu karya dalam hal kebutuhan hidup manusia. Seni ini berkembang dan terintegrasi dalam hal-hal yang dibutuhkan manusia dalam kehidupan sehari-hari mereka. Setengah dari contoh seni terapan termasuk rumah, dekorasi, pakaian, dan seni kerajinan.

a. Rumah atau Bangunan

Seni arsitektur telah berhasil memadukan kebutuhan manusia akan tempat berlindung yang aman dan tahan lama dengan nilai seni dan keindahan. Kita dapat melihat bagaimana sebuah rumah dirancang sangat kuat dan nyaman untuk ditinggali. Sekali lagi, ini adalah contoh dari salah satu bentuk seni terapan yang paling mudah yang kita temui.

b. Dekorasi

Dalam suatu acara, menampilkan bagian-bagian yang berguna dalam kelangsungan suatu acara. Dekorasinya dirancang dengan ketaatan pada nilai-nilai estetika dan mendukung bagaimana program bekerja sehingga dapat berjalan dengan baik.

c. Busana

Kain batik dan tenun adalah karya seni yang bisa kita temui setiap hari. Pakaian yang kami kenakan selain dibuat senyaman mungkin juga dibuat seindah mungkin sehingga penampilan cetak kami lebih menyenangkan.

d. Seni Kriya

Contoh seni rupa terapan ini dapat ditemukan dalam kerajinan tangan atau kerajinan tangan. Anyaman bambu, peralatan masak logam, tembikar, dan batu, atau sepatu yang terbuat dari kulit adalah bukti bahwa seni telah menjadi satu dengan kehidupan sehari-hari kita.

Baca Juga :  Kisah Perjalanan Hidup Nabi Muhammad dari Lahir Hingga Wafat "Lengkap"

Fungsi Seni Rupa Murni

Bila dilihat dari definisi seni murni di atas, seni murni sebenarnya memiliki fungsi yang cukup kompleks di dalamnya dan erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari manusia di dunia. Seni rupa juga memiliki peran sebagai sarana untuk tumbuh dan meningkatkan kebahagiaan seseorang dengan menggunakan unsur keindahan atau estetika dalam bentuk seni.

Karena memiliki nilai estetika yang tinggi, tidak hanya membuat orang yang melihatnya bahagia dan bahagia. Tetapi juga dapat digunakan sebagai alat untuk mempercantik dan mempercantik ruangan dengan menggunakannya sebagai hiasan agar ruangan atau rumah terlihat lebih nyaman dan indah. .

Selain itu, seni murni juga berguna sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pecinta seni dan juga bisa menjadi media untuk memberikan pendidikan yang baik untuk kepribadian manusia.

Fungsi seni murni dalam istilah sosial adalah ketika seseorang melihat karya seni yang menarik dan bagus, mereka akan cenderung mencari siapa yang membuat karya itu. Maka dia akan menghargai bahkan dapat menghadiahi seseorang karena karya seninya.

Semoga dengan adanya ulasan ini bisa membantu Anda untuk memperlajari pengertian seni rupa murnidan terapan serta dengan  perbedaan dan fungsi dari seni rupa ini. Terima kasih sudah membaca ulasan ini semoga bermanfaat dan Anda bisa membagikan ulasan ini.