Desain Produk : Pengertian, Fungsi, Konsep, Tujuan, Manfaat, Dan Contohnya Lengkap

5 (100%) 1 vote

Desain Produk : Pengertian, Fungsi, Konsep, Tujuan, Manfaat, Dan Contohnya Lengkap

Pengertian Desain Produk – Kata desain sering kali dihubungkan dengan sebuah rancangan, rencana, dan gagasan. Pengertian desain dapat dilihat dari sudut pandang dan konteksnya. Desain juga bisa diartikan sebagai kreasi dalam memenuhi kebutuhan dengan cara tertentu, atau pemecahan suatu masalah dengan target yang jelas.

Desain tidak semata-mata dirancang di atas sehelai kertas, tetapi juga proses secara keseluruhan sampai pada rancangan, rencana atau gagasan yang terwujud dan mempunyai nilai. Desain adalah suatu hasil apresiasi dan kreasi, yang berasal dari gagasan atau ide manusia dalam upaya untuk memberdayakan diri melalui hasil ciptaannya untuk menjalani kehidupan yang lebih baik dan juga sejahtera.

Pengertian desain produk adalah proses kreasi dari suatu produk yang menggabungkan unsur fungsi dan estetika sehingga bermanfaat, dan memiliki nilai tambah bagi masyarakat. Pengertian lain dari desain produk ini adalah sebuah konseptualisasi ide mengenai produk dan transformasi ide yang menjadi kenyataan. Dalam mengubah ide menjadi kenyataan, maka spesifikasi dari produk itu sendiri harus disiapkan. persiapan spesifikasi tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan beragam kendala, seperti misalnya proses produksi, harapan konsumen dan lain sebagainya. Pada tahap desain produk sampai keputusan akhir dalam produk tersebut, setiap aspek produknya harus dianalis. Keputusan tersebut bisa berupa aspek apa saja yang berhubungan dengan suatu produk. Misalnya dalam hal dimensi dan toleransi, jenis bahan untuk setiap komponennya, dan lain sebagainya.

Urgensi Desain Produk Pada Perusahaan

Desain produk adalah salah satu faktor yang paling penting, dan juga sensitif bagi suatu perusahaan. Keberhasilan atau kegagalan produk akan menentukan bisnis, pangsa pasar, dan juga reputasi perusahaan. Selama tahap desain produk tersebut, ada beragam faktor yang terkait dengan produk harus ditangani.

Desain produk juga merupakan sebuah proses dalam hal pembentukan dan pengembangan ide, yang efisien dan efektif dalam rangka menciptakan sebuah produk yang baru. Desain produk ini meliputi seluruh pekerjaan desain teknik dan industri, yang digunakan untuk mengembangkan suatu produk, mulai dari konsep awal sampai produksi. Akhirnya dapat mengubahnya menjadi penemuan nyata dari suatu produk.

Produk desainer memiliki peran dalam menggabungkan seni, ilmu pengetahuan, dan juga teknologi di dalam menciptakan beberapa produk baru yang lebih baik lagi dan memiliki manfaat untuk masyarakat. Desain produk yang baik akan dibuat berdasarkan pada sebuah riset pasar. Dasar pemikiran dari sebuah produk yang dibuat tujuannya adalah untuk memberi solusi dan manfaat, bagi kebutuhan manusia. Inovasi dan juga pengembangan produk pada desain produk, akan menghasilkan sesuatu yang baru yang menjadi keunggulan kompetitif bagi sebuah perusahaan. Sehingga perusahaan itu menjadi pelopor dan dapat memenangkan sebuah persaingan di pasar.

Baca Juga :  27 Pengertian Disiplin dan Manfaatnya Menurut Ahli Paling Lengkap

Pengertian Desain Produk Menurut Para Ahli

  1. Pengertian desain produk menurut Yus R Hadjadinata (1995)adalah suatu desain yang berkaitan dengan bentuk dan juga fungsinya. Desain tentang bentuknya yang berhubungan dengan perencanaan, dan penampilan produk itu sendiri. Desain tentang fungsinya berhubungan dengan bagaimana produk itu bisa digunakan.
  2. Pengertian desain produk menurut Suyadi Prawirosentono (1996)sebuah rancang bangun dari suatu jenis produk yang akan diproduksi.
  3. Pengertian desain produk menurut Bagas Prastyowibowo (1999)adalah salah satu unsur dalam memajukan industri, agar suatu produk dari hasil industri itu bisa diterima oleh masyarakat. Karena produk itu mempunyai kualitas yang baik, harga yang terjangkau, desain yang menarik, dan mendapat jaminan dan lain-lain.
  4. Pengertian desain produk menurut Franklin G Moore dan Thomas E Hendrick (1999)adalah hal yang sangat penting dari suatu produk, karena bisa menaikkan 2-3 kali omset dari suatu organisasi di satu waktu.
  5. Pengertian desain produk menurut Imam Djati Widodo (2005)adalah suatu pendekatan yang sistematis, dalam mengintegrasikan perencanaan produk dan proses yang memiliki pengaruh. Termasuk pada manufaktur dan pendukungnya.
  6. Pengertian desain produk menurut Brutou & Margaret,(2006)adalah pengembangan dari suatu barang atau produk, yang dirancang untuk memenuhi kepuasan konsumen.
  7. Pengertian desain produk menurut Kotler dan Armstrong (2008)adalah sebuah konsep yang lebih besar dari hanya sekadar gaya. Gaya memang dapat menarik perhatian atau bisa juga membosankan, dan gaya hanya dapat mendeskripsikan suatu penampilan produk. Gaya yang sensasional selain dapat menarik perhatian, juga dapat menghasilkan sebuah estetika yang indah. Namun gaya tersebut belum tentu bisa membuat suatu kinerja produk menjadi lebih baik. Desain produk juga bukan hanya penampilan luarnya saja, tetapi merupakan jantung dari sebuah produk.
  8. Pengertian desain produk menurut Kotler dan Keller (2009)sebuah totalitas fitur yang memengaruhi penampilan, rasa, dan fungsi dari suatu produk, yang berdasarkan pada kebutuhan pelanggan.

Konsep Desain Produk

Setiap perusahaan akan menghasilkan produk dan hampir selalu dihadapkan pada persaingan dengan perusahaan lainnya. Supaya bisa bersaing dengan jangka panjang, maka kualitas produk menjadi konsep yang penting yang harus dipahami di dalam manajemen perusahaan ketika menjalankan aktivitasnya. Keputusan dalam membuat desain produk artinya adalah keputusan yang akan menentukan kulitas produknya seperti apa, yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.

Berikut konsep dasar dari sebuah desain produk :

1. Penelitian dan pengembangan

Penelitian merupakan dasar dalam mencari pengetahuan yang baru. Walaupun tidak berpengaruh secara langsung, tetapi berdasar pada penelitian dan produk baru yang dikembangkan di masa depan. Penelitian ini bisa diterapkan dalam mengembangkan produk secara komersial,

2. Rekayasa terbalik

Merupakan suatu proses pembongkaran dalam sebuah produk, memahami desainnya dan dalam mengembangkan produk yang lebih baik dari yang sudah ada.

3. Penggunaan sistem perangkat lunak

Dalam mengembangkan model yang sudah terkomputerisasi dari sebuah produk yang baru, dan dalam menganalisis parameter desainnya.

Baca Juga :  Puisi Baru dan Lama : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis Serta Unsurnya Lengkap

4. Memerlukan pendekatan dengan cara sistematik dalam mengintegrasikan seluruh proses desain produk, dan berbagai proses pendukungnya

Seorang desainer harus memerhatikan dan mempertimbangkan seluruh aspek siklus hidup suatu produk, termasuk di dalamnya aspek kualitas, biaya, jadwal dan juga kebutuhan konsumen. Untuk itu dibutuhkan adanya pengembangan dalam konsep pasar, desain produk, pengembangan proses pembuatan, pemilihan dan pengaturan bahan untuk desain baru yang dilakukan oleh tim yang berbeda di saat yang bersamaan. Sehingga dapat menghemat waktu dalam mengembangkan produk yang baru. Di dalam praktiknya, ada berbagai konsep yang digabungkan dan diterapkan bersama dalam merancang sebuah produk yang baru.

Jenis Desain Produk

  1. Membuat produk yang benar-benar baru, dengan sebuah rancangan dan prototype yang baru yang belum pernah ada sebelumnya. Berdasar pada penelitian dilakukan suatu inovasi dalam menghasilkan sebuah desain produk baru yang kreatif.
  2. Memodifikasi atau mengembangkan sebuah desain produk yang sudah ada.

Desain yang baru berfungsi sebagai penyelesaian masalah pada setiap desain yang ada. Hal ini terjadi baik melalui produk yang baru, maupun variasi dari produk yang telah ada.

Tujuan Dari Sebuah Desain Produk

Desain produk yang baik memiliki tujuan untuk membuat setiap pengguna produk tersebut merasa aman, nyaman, da mendapat manfaat ketika mereka menggunakan produk tersebut. sehingga berkaitan dengan aspek, bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan produk itu. Apakah ia merasa aman, nyaman, mudah digunakan, memberi solusi dan manfaat atas masalah si pengguna, sampai bisa memberi dampak yang positif secara emosional.

Pada umumnya tujuan dari desain produk ini adalah :

  1. Untuk menghasilkan suatu produk yang berkualitas yang memiliki nilai jual yang tinggi.
  2. Untuk menghasilkan suatu produk yang trend pada masanya yang sesuai dengan kebutuhan para konsumen.
  3. Membuat sebuah produk menjadi ekonomis tanpa harus mengurangi nilai jualnya, kualitas dan juga manfaat dari produk tersebut.
  4. Untuk meningkatkan pangsa pasar dengan menargetkan segmen pasar yang baru.

Fungsi Desain Produk

  • Sebagai identitas produk
  • Menjadi pelindung produk
  • Menambah nilai jual produk

Manfaat Desain Produk

Konsumen sering bersedia membayar mahal suatu produk/jasa yang terlihat lebih baik, dan menawarkan kegunaan yang lebih besar, dengan fungsionalitas yang lebih baik, dan juga berkelanjutan. Ada banyak konsumen yang membuat keputusan dalam membeli berdasar pada desain produknya, karena sebuah desain produk yang baik akan mengindikasikan kualitas, penampilan dan juga kinerja, kemudahan setiap penggunanya dan keandalannya. Desain produk juga memungkinkan sebuah fungsi produk yang jelas pada setiap konsumen.

Desain produk/jasa menjadi sebuah faktor yang menentukan kesuksesan dari suatu produk atau jasa. Dalam menciptakan sebuah desain produk/jasa yang baik, bisa membawa banyak manfaat di dalam bisnis. Manfaat dari desain produk ini antara lain dapat meningkatkan kinerja, efisiensi, dan nilai produk/jasa. Dan juga bisa mengurangi resiko dan biaya bagi bisnis anda.

Dengan sebuah produk/jasa yang kreatif dan inovatif, tentu akan membuatnya menjadi lebih menarik dan juga unik bagi setiap konsumen. Serta mampu meningkatkan jangkauan produk/jasa di pasar, sehingga hal itu akan meningkatkan penjualan dan mempercepat pengembalian investasi yang anda lakukan. Desain produk dan jasa yang cermat, juga akan membantu anda dalam mengurangi biaya produksi, mampu mengoptimalkan penggunaan bahan dan meminimalkan pemborosan.

Baca Juga :  Evolusi : Pengertian, Jenis Dan Perkembangannya Lengkap

Dalam merancang sebuah produk yang berupa jasa, tentu menjadi tantangan tersendiri karena pada umumnya jasa memiliki karakteristik yang unik. Desain produk yang berupa jasa menjadi cara suatu perusahaan dalam memberi pelayanan terbaik pada konsumen. Caranya dengan meminimalkan tingkat komplain sebagai antisipasi oleh perusahaan dengan maksimal.

Desain Produk Kemasan

Di dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, perusahaan juga tidak dapat bersaing dengan hanya mengandalkan kualitas produknya saja. Namun perusahaan harus bisa membuat identitas produknya memiliki ciri khas yang ada, yang pada akhirnya dapat dikenal luas dan menarik minat konsumen dalam membeli produk tersebut.

Sebagus apapun kualitas dan desain produknya, tetapi tidak didukung oleh desain kemasan maka hal itu akan sia-sia saja. Karena desain kemasan produk juga harus menarik, unik dan tetap berkualitas. Karena hal itu akan memengaruhi konsumen dalam memberikan respon yang positif, pada produk yang dipasarkan. Daya tarik dari suatu produk tidak akan terlepas dari kemasannya, karena kemasan yang langsung akan berhadapan dengan konsumen. Kemasan juga dapat menjadi identitas dari suatu bisnis tertentu. Desain kemasan produk yang menarik, unik dan berkualitas akan menjadi pembeda dari setiap kompetitornya.

Melalui desain produk, suatu perusahaan juga bisa menyampaikan informasi yang terkait dengan merk, logo, kualitas dan lain sebagainya. Hal itu juga akan menarik perhatian konsumen dalam jatuh cinta pada suatu jenis produk tertentu.

Desain produk suatu kemasan merupakan rancangan pada kemasan, di suatu produk sebagai upaya yang mendukung pemasaran. Selain berfungsi sebagai pembungkus, desain kemasan produk juga umumnya juga berfungsi sebagai pemasaran. Misalnya dalam hal  memberi proteksi, sarana komunikasi visual (kesan elegan, ekslusif, dan berkualitas ), simbol estetika dilihat dari elemen desain (warna, tipografi, dan komposisi), penegasan identitas, aspek ergonomi (terkait kenyamanan dan kemudahan dalam pemakaian), penyampaian informasi dan sebagai wadah pendistribusian.

Desain Produk Industri

Desain produk industri adalah bidang ilmu dalam merencanakan atau merancang suatu jenis produk, dalam memecahkan masalah yang berhubungan dengan kebutuhan manusia, yang berdasar pada pengembangan beberapa prinsip industri yang melingkupinya dalam meningkatkan kualitas hidup manusia. Desain produk industri juga menjadi salah satu bidang yang termasuk dalam industri kreatif.

Industri kreatif sedang berkembang dengan pesat saat ini, baik di belahan dunia manapun maupun di Indonesia. Potensi itu akan memberi ruang atau peluang dalam mengembangkan desain produk industri, sehingga banyak dibutuhkan desainer di bidang desain produk industri.

Demikian pembahasan dan penjelasan lengkap dari pengertian desain produk dan sebagainya. Semoga dapat memberi wawasan dan manfaat.

Baca Juga :