Contoh Teks Tantangan Beserta Strukturnya Lengkap

5 (100%) 1 vote

Contoh Teks Tantangan Beserta Strukturnya

Contoh Teks Tantangan – Teks tantangan adalah jenis teks yang mengandung informasi bantahan pada suatu hal yang sedang menjadi perdebatan di masyarakat, dengan ciri yang memiliki tiga struktur yaitu Pengantar (Isu), Argumen (menentang), dan Simpulan (Saran).

Dalam sebuah teks tantangan harus dilengkapi dengan dan dan argumen, sehingga bisa memperkuat bantahan. Berikut contoh-contoh lengkapnya.

Contoh Teks Tantangan Tentang Sampah

Judul : Sampah Dari Sungai Ciliwung

Pengantar :

Tak pernah bisa disangka sebelumnya bahwa dalam waktu 100 tahun, sungai yang ada di Jakarta telah mengalami penurunan kualitas yang sangat besar. Di abad ke-19 ini air sungai yang ada di Jakarta masih bening bahkan bisa digunakan untuk mencuci baju, mandi dan minum.

Argumen :

Di zaman sekarang karena semakin banyaknya arus urbanisasi ke Jakarta, maka kondisi di salah satu sungai yang ada di Jakarta yaitu sungai ciliwung semakin amburadul. Dengan banyaknya pemukiman yang kumuh di Jakarta, membuat Ciliwung berubah fungsi menjadi tempat pembuangan sampah dan tinja yang paling panjang di dunia.

Kesimpulan :

Sampai saat ini kita masih melihat betapa mirisnya kondisi di Ciliwung karena tingkah laku manusia, yang seenaknya saja dalam membuang sampah sembarangan. Dapatkah kita meningkatkan kesadaran khususnya dalam hal membuang sampah? Seharusnya kita bisa, maka kita tunggu sungai ciliwung kembali bersih seperti zaman dahulu.

Contoh Teks Tantangan Dalam Larangan Membawa HP Ke Sekolah

Judul : Larangan Membawa HP Ke Sekolah

Baca Juga :  Ciri-Ciri Teks Ulasan : Pengertian, Contoh, Tujuan, Struktur Dan Kaidahnya Lengkap

Pengantar :

Saat ini HP telah digunakan di kalangan seluruh masyarakat Indonesia tidak terkecuali bagi anak-anak. Banyak anak yang berani membawa HP-nya ke sekolah, walaupun ada larangannya. Sekolah memberi larangan membawa HP dengan alasan yang disertai oleh bukti-buktinya. Tidak jarang juga guru yang memergoki muridnya sedang bermain HP ketika pelajaran sedang berlangsung.

Argumen :

Menurut beberapa kalangan, munculnya larangan membawa HP ke sekolah ini tidak tepat dengan kurikulum yang sedang digunakan. Karena siswa juga memerlukan media referensi mengenai pelajaran yang sedang dipelajari, melalui internet dari HP. Ada banyak juga orang tua yang menyuruh anaknya membawa HP ke sekolah. Dengan alasan komunikasi, dan berjaga-jaga jika ada sesuatu yang terjadi.

Kesimpulan :

Sebagai solusinya pihak sekolah pun diminta untuk memikirkan kembali tentang kebijakan dalam larangan membawa HP ke sekolah. Pihak sekolah juga harus mempertimbangkan dengan detail, dampak positif dan negatifnya dari larangan itu. Karena pendidikan adalah hal yang utama.

Contoh Teks Tantangan Dalam Pendidikan

Judul : Alokasi Dana Pendidikan

Pengantar :

Ada puluhan siswa dari kelas 1 SD Merdeka sampai kelas 3, yang harus belajar di ruangan kelas bekas rumah dinas yang sudah tidak layak pakai. Yang disebabkan oleh keterbatasan ruangan dan tidak adanya perhatian dari pemerintah setempat. Jika tidak ada anak-anak yang memakai seragam sekolah, bangunan tersebut tampak seperti tempat tinggal biasa.

Namun siapa yang menyangka bahwa ruangan dengan luas 4×6 M itu adalah ruangan kelas, SD Merdeka Bogor. Dengan dinding kayu dan ruangan yang berlubang di mana-mana. Atap sekolah pun hampir roboh dan lapuk. Kondisi ini sudah terjadi selama 5 tahun lamanya. Selama itu pula ada sekitar 60 siswa dari kelas 2 sampai kelas 3, yang harus belajar di ruangan sempit tersebut.

Baca Juga :  Teks Anekdot : Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Tujuan Dan Kaidah Kebahasaan Lengkap

Argumen :

Dahulu tempat itu adalah rumah dinas dari para guru, namun karena jumlah ruang kelas yang terbatas maka pihak sekolah terpaksa menggunakan rumah dinas sebagai ruangan kelas. Seharusnya siswa belajar di tempat yang aman dan layak. Khususnya bagi anak-anak kelas 1 yang baru masuk sekolah.

Kesimpulan :

Padahal alokasi dana untuk pendidikan yang ada di Kota Bogor tidaklah sedikit, bahkan jumlahnya mencapai trilyunan rupiah. Pertanyaannya, kemana dana tersebut? kita lihat sampai kapan anak-anak belajar di tempat yang tidak layak tersebut.

Demikian pembahasan mengenai contoh teks tantangan yang lengkap. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :