Seni Rupa 2 Dan 3 Dimensi : Pengertian dan Contohnya Lengkap

5 (100%) 1 vote

Pengertian dan Contoh Seni Rupa 2 Dan 3 Dimensi

Pengertian seni rupa 2 dimensi– Jika anda pernah mengunjungi sebuah pameran seni rupa, tentu akan banyak sekali karya yang ditunjukkan di sana. Sebuah karya yang mungkin bisa membuat mata terbuka lebar ketika melihatnya, dan membuat kita berkata wah dengan takjub.

Seni rupa 2 dimensi adalah bagian dari seni rupa, yang menjadi contoh dari beberapa ragam dari bentuk kesenian yang ada di dunia ini. Pengertian lainnya dari seni rupa dua dimensi adalah sebuah karya seni rupa, yang mempunyai batas dua sisi, yaitu sisi panjang dan lebar. sehingga seni rupa tersebut tidak memiliki ruang karena tidak memiliki unsur ketebalan di dalamnya.

Contoh Seni Rupa Dua Dimensi

1. Lukisan yang berada di atas kertas atau kanvas

Lukisan merupakan sebuah karya seni yang dimana proses pembuatannya dilakukan dengan memulaskan cat, dengan alat kuas lukis, pisau palet dan lain sebagainya. Lukisan adalah contoh seni rupa 2 dimensi yang tidak memiliki ruang.

2. Fotografi

Fotografi adalah seni atau proses yang dihasilkan dalam gambar dan cahaya pada film. Bisa jadi anda adalah orang yang memiliki hobi dalam mengambil gambar, dengan menggunakan kamera dan kemudian membagikannya ke media sosial.

Baca Juga :  28 Pengertian Ergonomi Beserta Definisnya Lengkap

3. Batik

Batik juga adalah sebuah karya yang termasuk pada seni rupa 2 dimensi, yang dibuat di atas kain dengan menggunakan lilin atau malam. Sebagai pelindung dalam mendapatkan aneka ragam hias di atas kain tersebut. batik sudah menjadi salah satu ciri khas dari negara kita, ada banyak motif khas batik yang berasal dari berbagai daerah. Batik juga menjadi contoh seni rupa 2 dimensi.

4. Lukisan dinding

Lukisan tidak hanya bisa dibuat di atas kain saja, tetapi para seniman kini berkreasi membuat lukisan yang dibuat di dinding. Cara pengerjaannya kurang lebih sama dengan lukisan di atas kertas atau kanvas. Hanya medianya saja yang berbeda.

5. Poster

Anda pasti sering melihat berbagai macam poster yang ditempel di jalanan. Baik yang ditempel di dinding maupun di tembok. Poster juga termasuk ke dalam salah satu contoh seni rupa 2 dimensi.

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi

Seni rupa 3 dimensi adalah karya seni yang bukan hanya berada pada sisi panjang dan lebar, tetapi juga memiliki sebuah ruang atau volume.

Contohnya diantaranya sebagai berikut :

1. Patung atau arca

Patung adalah benda 3 dimensi yang merupakan karya dari manusia, yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni. Saat anda memasuki sebuah daerah misalnya Kota Jakarta, maka anda akan menemukan sebuah patung pancoran di sana.

2. Vas bunga

Benda 3 dimensi yang satu ini sering ditemui di dalam rumah. Yang di dalamnya diisi dengan berbagai macam bunga yang indah.

3. Mebel

Mebel atau furnitur adalah sebuah perlengkapan rumah yang meliputi seluruh barang seperti misalnya kursi, meja, dan kursi. Karena tidak hanya memiliki sisi panjang dan lebarnya saja, tetapi contoh yang satu ini juga memiliki ruang dan volume.

Baca Juga :  17 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli Lengkap

4. Topeng

Adalah sebuah benda yang digunakan di atas wajah. Biasanya topeng akan digunakan untuk mengiringi musik pada kesenian daerah. Apalagi di zaman sekarang topeng sudah menjadi trend fashion terkini.

5. Gantungan kunci

Gantungan kunci juga merupakan contoh seni rupa 3 dimensi.

Itulah penjelasan mengenai pengertian seni rupa 2 dimensi lengkap dengan contoh dan penjelasannya. Semoga membantu.

Baca Juga :