17 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli Lengkap

5 (100%) 1 vote

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli – Semua orang pasti mengenal akuntansi. Khususnya bagi orang-orang yang terjun ke dunia bisnis/usaha pasti mengenal akuntansi. Tetapi tak sedikit dari mereka yang menganggap bahwa akuntansi, hanya sekadar ilmu menghitung uang saja. Walaupun memang pada dasarnya ilmu akuntansi selalu berkaitan dengan uang. Berikut pembahasan mengenai pengertian akuntansi menurut beberapa ahli.

Pengertian Akuntansi Menurut Beberapa Ahli

1. Abu Bakar A. dan Wibowo

Abu Bakar A. dan Wibowo adalah beberapa pakar akuntansi di Indonesia. Menurut kedua orang itu akuntansi adalah suatu prosedur dalam mengakui, mencatat, dan korespondensi bursa keuangan yang berasal dari suatu unsur atau organisasi tertentu. Artinya pengertian dari akuntansi ini adalah sebuah sistem informasi, yang mengakui dan mencatat transaksi keuangan. Yang kemudian disajikan dalam bentuk laporan keuangan. Kemudian laporan itu akan berguna untuk sarana korespondensi, atau laporan bagi beberapa pihak yang berkepentingan di dalam suatu organisasi. Atau di dalam perusahaan dalam bidang bisnis dan keuangan.

2. American Accounting Association (AAA)

American Accounting Association (AAA) adalah sebuah lembaga yang berasal dari Amerika Serikat, yang bergerak di bidang riset dan penelitian, pengembangan dan juga pengajaran akuntansi. Menurut AAA tersebut, akuntansi merupakan sebuah proses identifikasi, pengukuran, dan pelaporan tentang informasi ekonomi. Yang memungkinkan adanya sebuah penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas, bagi para pengguna informasi tersebut. dari pengertian tersebut, maka akuntansi memiliki fungsi yaitu sebagai alat untuk menganalisa data dan transaksi keuangan. Yang kegunaannya adalah untuk proses pengambilan keputusan, bagi pengguna.

3. American Institute of Certified Public Accountants (AICPA)

American Institute of Certified Public Accountants (AICPA) adalah sebuah organisasi yang profesional dan khusus untuk para akuntan, yang berasal dari Amerika Serikat. Berdasarkan definisi dari AICPA, akuntansi adalah sebuah seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran pada suatu cara tertentu. Dalam sebuah pengukuran moneter, transaksi, dan beberapa kejadian yang pada umumnya memiliki sifat keuangan, yang kemudian disajikan dalam sebuah laporan keuangan.

Baca Juga :  Seni Rupa 2 Dan 3 Dimensi : Pengertian dan Contohnya Lengkap

4. Arnold

Arnold adalah seorang pakar akuntansi, menurut Arnold yang dimaksud dengan akuntansi adalah sebuah sistem yang menyediakan informasi untuk siapapun, yang harus membuat keputusan dan pengendalian dalam menerapkan keputusan itu sendiri. Artinya akuntansi merupakan sistem penyedia informasi dalam bidang keuangan, yang berguna untuk siapa saja yang memiliki kepentingan dalam mengambil keputusan. Yang dimana pihak berikutnya memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengendalian, atau pengambilan dan penerapan dari keputusan tersebut.

5. Charles Thomas Horngren dan Walter T. Harrison

Charles Thomas Horngren adalah seorang profesor akuntansi, di Stanford University. Sedangkan Walter T. Harrison, adalah seorang penulis beberapa buku akuntansi yang sudah cukup terkenal. Di dalam buku garapan kedua ahli tersebut, akuntansi didefinisikan sebagai suatu sistem informasi yang gunanya untuk mengukur sebuah aktivitas bisnis. Yang memproses suatu data menjadi sebuah laporan keuangan, lalu mengkomunikasikan hasilnya kepada setiap orang yang mengambil keputusan. Fungsi akuntansi adalah sebagai alat pengukur, bagi kinerja bisnis dan pemroses data yang melalui pengelompokkan serta pengikhtisaran suatu transaksi keuangan. Kemudian data tersebut disajikan ke dalam laporan yang gunanya adalah untuk memudahkan dalam mengambil keputusan setiap pelaku bisnis.

6. Dr. M.Gede

Merupakan salah satu pakar akuntansi yang juga sudah cukup terkenal di Indonesia. Menurut Dr. M. Gede, akuntansi adalah sebuah ilmu pengetahuan terapan dan sebuah seni pencatatan yang dimana pengolahan dan analisa catatannya dilakukan dengan terus menerus. Yang berdasarkan pada aturan dan sistem yang masih berlaku. Lalu tersusunlah laporan keuangan, sebagai bentuk tanggung jawab dari pimpinan perusahaan atas kinerja yang dimilikinya.

Berdasarkan ahli akuntansi tersebut akuntansi adalah ilmu terapan dan seni mencatat, yang dilakukan secara kontinyu atas dasar prinsip akuntansi yang ada. Dari proses itu dilanjutkan dengan tersusunnya sebuah laporan keuangan, yang menjadi pertanggungjawaban kinerja dari pengelola perusahaan.

7. Financial Accounting Standards Board (FASB)

Financial Accounting Standards Board (FASB) merupakan sebuah badan otoritatif, yang dibangun di tahun 1959 oleh American Institute of Certified Public Acoountants (AICPA). Akuntansi menurut FASB adalah sebuah kegiatan jasa yang fungsinya adalah untuk menyediakan informasi yang kuantitatif, yang kemudian digunakan untuk mengambil keputusan dalam bidang ekonomi. Badan ini sudah menerbitkan pernyataan dan beberapa prinsip akuntansi, yang digunakan di seluruh dunia.

Baca Juga :  Psikotropika : Pengertian, Golongan dan Bahayanya Lengkap

8. Keputusan Mentri Keuangan

Definisi akuntansi menurut Keputusan Mentri Keuangan adalah proses pengumpulan, penganalisaan, pengklasifikasian, pencatatan, peringkasan dan pelaporan, pada setiap transaksi keuangan. Dari satuan ekonomi, yang menyediakan sebuah informasi keuangan bagi siapa saja yang memerlukan. Yang kegunaannya adalah untuk pengambilan keputusan.

9. Kohler’s Dictionary

Kohler’s Dictionary for Accountans adalah sebuah kamus yang dibuat khusus untuk para akuntan. Kamus tersebut disusun oleh Eric Louis Kohler, dan dipublikasikan pertama kali di tahun 1952. Di dalam kamus tersebut, akuntansi didefinisikan sebagai suatu seni pencatatan, dari proses dibuatnya transaksi keuangan.

10. Littleton

Litteton adalah seorang ahli akuntansi terkemuka. Beliau menyebutkan bahwa tujuan utama dari akuntansi adalah pelaksanaan perhitungan periodik, diantara biaya dan juga hasil. Biaya dianggap sebagai usaha dan hasil merupakan sebuah prestasi. Sehingga pengertian akuntansi menurut Littleton adalah perhitungan komparasi diantara beberapa biaya yang terjadi, sebagai sebuah usaha yang memiliki pencapaian hasil dari prestasi atau usaha itu sendiri.

11. Mulyadi

Mulyadi adalah seorang penulis buku-buku akuntansi yang sudah cukup terkenal di Indonesia. Sistem akuntansi menurut Mulyadi adalah, organisasi formulir, catatan dan laporan yang dikoordinasikan sedemikian rupa. Untuk menyediakan sebuah informasi keuangan yang diperlukan oleh manajemen untuk memudahkan dalam mengelola perusahaan. Fungsi dari akuntansi ini adalah sebagai alat pencatat, dan penyajian laporan keuangan untuk memudahkan manajemen dalam mengelola perusahaan.

12. Paul Grady

Paul Grady juga merupakan seorang pakar akuntansi. Menurut Paul akuntansi adalah tubuh dari ilmu pengetahuan, dan fungsi organisasi yang secara sistematis, autentik, dan original. Dalam mencatat, mengklasifikasi, memproses, membuat ikhtisar, menganalisa, menginterpretasi semua transaksi yang ada dan kejadian. Serta karakter keuangan yang berada di dalamnya, terjadi di dalam operasional entitas akuntansi. Yang tujuannya adalah untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan, oleh manajemen sebagai laporan dan pertanggungjawaban atas kepercayaan yang diperoleh.

Akuntansi menurut Paul Grady secara sederhananya adalah sistem mencatat, mengklasifikasi, menganalisa dan melakukan interpretasi, setiap transaksi keuangan yang sudah tersaji dalam bentuk laporan sebagai sebuah tanggung jawab. Atas kinerja dalam menjalani sebuah operasional keuangan.

Baca Juga :  Hipertensi : Pengertian, Gejala, Penyebabnya, Makanan Yang Dapat Menurunkan Hipertensi Lengkap

13. Rudianto

Di dalam buku Pengantar Akuntansi karya Rudianto, ia menyatakan bahwa akuntansi adalah sistem informasi yang menghasilkan suatu laporan. Pada beberapa pihak yang memiliki kepentingan, mengenai suatu aktivitas ekonomi dan kondisi dari suatu badan usaha.

14. Sophar Lumbantoruan

Sophar Lumbantoruan adalah seorang mantan pejabat Direktorat Jendral Pajak Indonesia, yang menulis sebuah buku akuntansi pajak. Ia menyatakan bahwa akuntansi adalah suatu alat yang digunakan untuk bahasa bisnis, yang dimana suatu informasi yang disampaikan hanya bisa dipahami apabila mekanisme dari akuntansi dapat dipahami. Sehingga bagi beberapa pihak yang tidak mengerti alur, prosedur, dan mekanisme dari proses akuntansi, tidak akan memahami informasi keuangan hasil dari proses akuntansi tersebut.

15. Suparwoto L

Merupakan seorang dosen akuntansi yang telah mengabdi di Universitas Gajah Mada, yang juga lulusan dari California State University. Ia mendefinisikan bahwa akuntansi adalah sebuah teknik atau sistem yang mengukur dan mengelola transaksi keuangan. Yang penyajian dari hasil pengelolaan itu berbentuk informasi, pada beberapa pihak internal dan eksternal di suatu perusahaan. Pihak eksternal tersebut meliputi investor, kreditur, pemerintah, serikat buruh dan lain sebagainya.

Bila diringkas lagi pengertian akuntansi menurut Suparwoto adalah suatu teknik dalam mengukur dan mengelola transaksi keuangan, yang disajikan dalam bentuk informasi untuk beberapa pihak yang memiliki kepentingan di suatu perusahaan.

16. Waren Dkk

Waren adalah seorang pakar akuntansi yang sudah dikenal. Dengan beberapa kawannya ia menyimpulkan bahwa akuntansi adalah suatu jenis informasi, yang menghasilkan laporan yang diperlukan oleh beberapa pihak yang memiliki kepentingan pada setiap aktivitas ekonomi dan suatu kondisi di dalam perusahaan.

17. West Churman

Merupakan seorang profesor administrasi bisnis di Universitas California. Ia juga dikenal sebagai seorang ahli dalam riset operasi, dan sebuah analisis sistem. Menurut West akuntansi adalah pengalaman secara tertulis yang kegunaannya adalah untuk pengambilan keputusan. Menurut ahli yang satu ini, akuntansi adalah sebuah kejadian di masa lalu yang fungsinya adalah untuk memudahkan proses, dalam mengambil keputusan.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian akuntansi menurut para ahli, di beberapa bidang yang terkait dengan akuntansi. Semoga dapat menambah wawasan dan dapat dipahami dengan mudah.

Baca Juga :