10 Definisi Pengertian Pertanian Menurut Para Ahli Dan Contohnya Lengkap

5 (100%) 1 vote

10 Definisi Pengertian Pertanian Menurut Para Ahli Dan Contohnya Lengkap

10 Definisi Pengertian Pertanian Menurut Para Ahli – Pertanian dalam artu luas berarti kegiatan dalam pengolahan suatu lahan, yang kemudian dikembangkan dalam proses penanaman dan lain sebagainya. Sehingga menghasilkan bahan pokok seperti misalnya makanan, sayuran dan sebagainya.

Dalam arti yang sebenarnya yang telah dijabarkan dari sumber ilmu pertanian, istilah pertanian merupakan kegiatan manusia dalam memanfaatkan sumber daya hayati untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, serta sumber energi yang baru. Beberapa ahli juga menyebutkan pengertian pertanian yang diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Pengertian pertanian menurut David Ray Griffin adalah sebuah masalah yang disalahpahami, rumit, sering terabaikan, dan juga tidak diinginkan.

2. Pengertian pertanian menurut Van Asrsten (1953) adalah kegiatan manusia dalam memperoleh hasil yang asalnya dari tumbuh-tumbuhan, atau dari hewan yang pada awalnya dicapai dengan jalan yang disengaja dalam menyempurnakan kemungkinan, yang sudah diberikan oleh alam untuk mengembangbiakkan tumbuhan atau hewan tersebut.

Dari hal itu dapat disimpulkan bahwa dibutuhkan persyaratan dalam pertanian yaitu :

  • Adanya alam dan isinya yaitu tanah sebagai tempat kegiatan pertanian, dan tumbuhan hewan yang menjadi objek kegiatan.
  • Adanya kegiatan manusia dalam menyempurnakan segala hal yang telah diberikan oleh alam, atau oleh Tuhan untuk kepentingan atau kelangsungan hidup manusia. Yang melalui dua golongan diantaranya yaitu tumbuhan atau tanaman serta hewan ternak dan ikan.
  • Adanya usaha manusia dalam mendapatkan hasil produk yang ekonomis dan yang lebih besar, daripada sebelum adanya kegiatan manusia tersebut.

3. Pengertian pertanian menurut Mosher (1966) adalah suatu bentuk produksi yang khas, yang juga didasarkan atas proses pertumbuan dari tanaman dan hewan. Petani akan mengelola dan merangsang pertumbuhan pada tanaman dan hewan, di dalam usaha tani. Yang dimana kegiatan produksi adalah bisnis, sehingga pengeluaran dan juga pendapatan menjadi sangat penting artinya.

Baca Juga :  18 Cara Membuat Film : Pengertian, Jenis - Jenis dan Tahapannya Lengkap

4. Pengertian pertanian menurut Sri Sulastri adalah jenis usaha yang menekankan pada sebuah pengolahan tanah, dan juga tanaman yang ditanam yang berupa bahan pangan.

5. Pengertian pertanian menurut Y.W Wartaya Winangun adalah suatu hal yang sifatnya subtansial di dalam pembangunan, yaitu sebagai pemenuhan kebutuhan pangan, penyedia bahan-bahan mentah untuk industri, penyedia dalam lapangan kerja, serta penyumbang devisa negara.

6. Pengertian pertanian menurut Karwan A Salikin adalah sebuah bagian dari agroekosistem yang tidak terpisahkan dengan subsistem kesehatan, dan juga lingkungan alam, budaya, dan manusia yang saling berkaitan pada sebuah proses produksi demi kelangsungan hidup bersama.

7. Pengertian pertanian menurut Spedding adalah kegiatan manusia yang juga untuk manusia, yang dilaksanakan untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan. Sehingga meliputi kegiatan ekonomi dan pengelolaan disamping bidang biologi.

8. Pengertian pertanian menurut Indianto Muin adalah kegiatan ekonomi yang utama dari penduduk Indonesia, yang disebabkan oleh lebih dari 80% penduduk yang bekerja di dalam sektor pertanian.

9. Pengertian pertanian menurut Dwi Haryanti adalah suatu usaha yang dilakukan manusia dalam bercocok tanam, yang dimana objeknya merupakan lahan yang kosong.

10. Pengertian pertanian menurut Word Bank adalah pemakai air yang paling banyak, yang memiliki andil di dalam terjadinya kelangkaan air. Pertanian juga menjadi salah satu pelaku utama di dalam pengurasan air dan tanah, polusi agrokimia, keletihan tanah dan juga perubahan dalam iklim global. Dan juga sebagai penyumbang emisi gas dari rumah kaca, sebanyak 30%.

Pengertian pertanian di Indonesia tidak terlalu diperdebatkan oleh banyak orang, karena hidup dengan pertanian dan sebagai petani sudah melekat di penduduk Indonesia. Contoh pertanian yang ada di negara Indonesia juga sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.

Baca Juga :  Bilangan Asli : Pengertian dan Contohnya Lengkap

Contoh suatu pertanian yang baik adalah pertanian yang dapat mensejahterakan, baik untuk petaninya maupun untuk orang-orang di daerah tersebut. misalnya bagi mereka yang tidak memiliki lahan, yang dampaknya ke segala penjuru. Orang-orang yang membeli hasil tani dapat hidup dengan sehat, dan tidak mendapat harga yang mahal.

Walaupun pertanian sudah menjalar ke seluruh negeri kita, tetapi mendapatkan beras yang harganya murah saja terasa sulit. Dengan beras yang mahal seharusnya hal itu bisa membuat hidup petani menjadi makmur, tetapi dalam kenyataannya petani menjual beras dengan harga yang murah. Kemudian dijual kepada masyarakat dengan harga mahal.

Hal itu tentu belum menjadi contoh pertanian yang baik di Indonesia. Kita harus belajar banyak dari pertanian yang modern di luar negeri. Dengan hasil yang maksimal maka contoh pertanian di negara Indonesia, dapat menjadi rujukan untuk kemajuan negeri Indonesia.

Demikianlah 10 definisi pengertian pertanian menurut para ahli dan juga contohnya secara lengkap. Semoga dapat dipahami dan dapat menambah wawasan.

Baca Juga :